Tangkapan layar trailer Avatar: The Way of Water (Sumber gambar: Youtube.com/Avatar)

Sutradara James Cameron Sebut Avatar 2 Terinspirasi dari Kehidupan Tepi Laut Indonesia

20 December 2022   |   13:39 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Film Avatar: The Way of Water atau Avatar 2 tidak henti mengundang decak kagum para penonton. Setelah dinantikan lebih dari satu dekade, sekuel film Avatar itu akhirnya berhasil dirilis melalui jerih payah sutradara James Cameron.

Mahakarya sutradara asal Kanada kali ini mengangkat banyak kisah bawah laut yang sesuai dengan judulnya. Bahkan, James Cameron mengungkap jika sebagian besar proses pengambilan gambar film Avatar 2 diambil di bawah air.

Baca juga: Film Avatar: The Way of Water Kantongi Pendapatan Rp6,7 Triliun pada Pekan Pertama

Para aktor dan aktris harus masuk ke dalam tangki air yang berisi ribuan galon air demi menciptakan gambar yang lebih nyata dan terlihat maksimal. Film yang sudah hadir di bioskop sejak 16 Desember 2022 itu memuat banyak keindahan bawah laut yang memukau.

Tentu saja James Cameron memiliki sebuah pemikiran yang memantik inspirasinya tentang keindahan bawah laut untuk dituangkan dalam karyanya. Dalam sebuah wawancara bersama National Geographic berjudul The Science Behind James Camron's Avatar The Way of Water, James Cameron terang-terangan mengungkap sumber inspirasinya menciptakan karya film berharga fantastis itu.

Pria berusia 68 tahun tersebut mengatakan, perlu upaya riset yang khusus dan mendalam untuk menghadirkan kehidupan bawah laut yang indah dalam Pandora. Cameron berusaha menciptakan hubungan yang selaras dan serasi antara budaya pribumi di bumi dengan imajinasinya di dunia Pandora.

Baca juga: Masuk ke Dunia Pandora, Yuk Nikmati 3 Kolaborasi Keren Film Avatar 2 dengan Seniman Lokal di Jakarta

“Kami melakukan banyak penelitian tentang pribumi yang asli, pribumi uang erat dengan kehidupan laut. Kami juga terinspirasi dari cara mereka menghormati dan mendalami keseimbangan alam dan harmoni,” kata James Cameron.

Dia mengambil banyak inspirasi dari bebatuan, terumbu karang, hingga ikan yang hidup di lautan. Cameron mengaku sangat mencintai keindahan biota laut sejak kecil. Berangkat dari pengalamannya, dia kemudian menuangkan gambaran imajinasinya sebaik mungkin dalam kehidupan bawah laut di Avatar 2.

Cameron juga melihat banyak contoh orang-orang memberi tato pada tubuh dan wajahnya. Hal itu juga yang memberi ide besar mengapa bangsa Na’Vi memiliki semacam tato di wajahnya. Hal itu dilihatnya dari banyaknya komunitas masyarakat Pasifik yang menggunakan tato sebagai tanda pangkat atau kehormatan dan garis keturunan leluhur.

Pria yang sukses memenangkan Academy Awards tersebut juga menjelaskan jika kehidupan di tepi lautan Indonesia menjadi salah satu sumber inspirasi pembuatan Avatar 2. “Ada banyak prang-orang yang tinggal di rumah panggung, rakit, dan lainnya di pinggiran laut Indonesia. Kami melihatnya sebagai bentuk desa yang berbeda-beda,” kata James Cameron.

Kehidupan pedalaman yang mengedepankan keseimbangan alam juga mencetuskan ide arsitektur rumah bagi bangsa Na’Vi di Avatar 2. James Cameron berangkat dengan pemikiran budaya bangsa Na’Vi yang sangat memperhatikan hal tersebut. “Na’Vi tidak menebang pohon untuk membangun sesuatu, mereka selalu ingin mengintegrasikan apapun dengan cara yang natural,” katanya.

Baca juga: Kate Winslet Geser Rekor Tom Cruise Tahan Napas 7 Menit di Bawah Air Demi Film Avatar 2
 

 

SEBELUMNYA

Kiprah Perjalanan Timnas Indonesia di Ajang Piala AFF: Juara Tanpa Mahkota

BERIKUTNYA

Andien Sebut Kebaya sebagai Busana Serba Guna, Mudah untuk Mix & Match

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: