Kawah Ijen (Sumber gambar: Unsplash/ Yulia Agnis)

8 Keunikan Jawa Timur

17 December 2022   |   10:00 WIB
Image
Gita Carla Hypeabis.id

6. Memiliki Sehelai Batik Tanjung Bumi

 

Batik Tanjung Bumi. (Sumber gambar: Direktori Pariwisata)

Batik Tanjung Bumi. (Sumber gambar: Direktori Pariwisata)


Untuk penikmat kain tradisional, Madura terkenal dengan Batik Tulis Tanjung Bumi-nya. Salah satu tempat untuk mencarinya ada di Kabupaten Bangkalan. Tanjung Bumi terkenal dengan coraknya yang lebih unik. Corak batik ini cenderung berwarna merah, kuning, hujau, atau salah satu dari ketiganya. Motif batik tulis Tanjung Bumi didominasi oleh apa yang ada di alam sekitar seperti tumbuhan dan binatang.

Motif batik Tanjung bumi sangat kaya, hampir memiliki 1.000 jenis motif. Berbagai macam motif, seperti motif Rongterong, Ramo, Perkaper, Serat Kayu dan sebagainya. Ada satu jenis batik yang menjadi andalan yakni batik Gentongan, nama batik Gentongan sendiri berasal dari kata gentong atau sejenis tempat besar untuk menampung air.

Batik Gentongan ini memiliki corak dan warna yang lebih tajam, karakter yang kuat, dan terkesan berwibawa. Oleh karena itu, harga batik ini berskisar di atas Rp2 juta, itu pun merupakan harga jika kalian membelinya langsung ke pengrajin. Sedang batik lainnya, dijajakan mulai dari Rp60.000 hingga Rp1 juta. Harga yang cukup nyaman di kantong untuk pencinta tradisi.


7. Uniknya Rasa Kaldu Kokot

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by S S H (@sumenepsuperhits)


Makanan tradisional satu ini termasuk unik. Kuliner ini lebih mirip dengan bubur kacang ijo yang dicampur dengan kikil sapi. Kaldu kokot cukup mudah ditemukan di Madura. Salah satunya warung Pak Adnan. Terletak di tengah-tengah kota Sumenep Madura, Jawa Timur, warung ini telah buka sejak tahun 1962. Bumbu-bumbu kaldu kokot ini pun terjangkau, seperti kaldu kokot, yang lengkap dengan kaki sapi ini, dihargai Rp35.000. Jika memilih kaldu biasa, atau kaldu jeroan, dihargai Rp15.000 per porsinya.


8. Oleh-oleh dari Sumenep

Berlibur di suatu daerah tidak lengkap jika tidak membawa pulang buah tangan khas daerah yang didatangi, ada dua tempat belanja oleh-oleh lengkap yang sering dikunjungi wisatawan. Yaitu Pasar Kapedi, yang terletak di Desa Kapedi, Kecamatan Bluto, Sumenep, dan Pasar Prenduan, Kecamatan Pragaan.

Keduanya berada di lokasi strategis tepat di rute menuju kota Sumenep. Di kedua pasar ini, banyak los penjual sehingga kalian dapat melakukan tawar-menawar dan mencari barang terbaik. Kalian akan menemukan segala jenis camilan dan beragam oleh-oleh khas Sumenep lainnya seperti Petis Madura.

Baca juga6 Rekomendasi Oleh-Oleh Unik khas Pantura

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 
1
2


SEBELUMNYA

Berikan Alternatif Pilihan Pesan Makanan, Platform Ayomakan! Meluncur

BERIKUTNYA

Sambut Natal & Tahun Baru, BNI Bagikan 34.000 Paket Pangan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: