Spot wisata Grand Maerakaca di Semarang (Sumber gambar: PRPP Jawa Tengah)

Libur Lebaran Mau Jalan-Jalan? Coba Cek Spot Wisata di Jalur Pantura Ini!

02 May 2022   |   22:00 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Lebaran Idulfitri telah tiba. Hari raya yang suci ini biasanya menjadi momentum bagi masyarakat Muslim Indonesia untuk berkumpul bersama keluarga dan orang-orang terdekat di kampung halaman. Namun, bagi sebagian orang libur panjang ini dimanfaatkan untuk berwisata.

Sebagian besar orang menahan hasrat untuk berlibur selama dua tahun terakhir akibat pandemi Covid-19 yang melanda. Dengan kondisi pandemi yang menunjukkan tren melandai, pemerintah melonggarkan pembatasan masyarakat untuk mudik dan berlibur.

Ternyata mudik dan liburan juga bisa dilakukan secara bersamaan lho, Genhype. Untuk kalian yang melakukan perjalanan darat melalui jalur pantai utara Pulau Jawa, berikut ini adalah beberapa rekomendasi tempat wisata yang bisa kalian kunjungi seperti dilansir oleh Indonesia Travel :


1. Taman Sari Gua Sunyaragi, Cirebon 

Mulai dari wilayah paling barat, ada Taman Sari Sunyaragi yang terletak di Kecamatan Kesambi, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Spot wisata ini menyuguhkan sebuah gua dengan tampilan yang sangat unik. 

Gua Sunyaragi dipercaya sudah ada sejak abad ke-17 dan dibangun dengan arsitektur kombinasi antara Indonesia klasik, Eropa Kuno, China, dan Timur Tengah sehingga menghadirkan wujud lokasi wisata yang mempersona dari peradaban masa lalu. 


2. Wisata Guci, Tegal 

Masuk ke wilayah Jawa Tengah, salah satu destinasi wisata yang bisa dikunjungi adalah wisata Guci yang terletak di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Kawasan ini memiliki sederet tempat wisata dengan berbagai kegiatan yang bisa dilakukan. 

Misalnya saja Pancuran 13 Guci yang menjadi ikon wisata. Ini merupakan tempat pemandian air panas yang ramai dikunjungi wisatawan. Selain itu, ada juga tempat wisata seperti Guciku Hot Waterboom, Curug Jedor Guci, Curug Kembar Guci, termasuk Guci Forest untuk wisata kemping. 


3. Grand Maerakaca, Semarang 

Beralih ke ibu kota Jawa Tengah yakni Semarang, destinasi wisata yang bisa kalian kunjungi adalah Frand Maerakaca atau Puri Maerakaca atau yang dikenal sebagai Taman Mini Semarang. Kawasan ini merupakan taman rekreasi edukatif yang menyuguhkan berbagai replika rumah adat di Indonesia dan bangunan dari berbagai negara. 

Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan di kawasan yang terletak di Jalan Yos Sudarso ini, misalnya wisata perahu, wisata kereta mini, trekking hutan mangrove, dan lain-lain. Grand Maerakaca juga punya banyak tempat foto yang instagramable


4. Candi Tikus, Mojokerto 

Sekarang kita menuju ke daerah Jawa Timur. Destinasi pertama yang bisa kalian datangi bersama keluarga adalah Candi Tikus yang terletak di Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Ini merupakan peninggalan zaman kerajaan Hindu Buddha, yang diperkirakan dibangin abad ke-13 dan ke-14.
 
Nama Candi Tikus diambil, konon, karena pada saat ditemukan pada 1914, kawasan candi ini merupakan sarang tempat tinggal tikus. Candi ini memiliki bentuk yang unik dengan menjorok ke dalam tanah dan memiliki kolam air yang mengelilinginya. 


5. Monumen Kapal Selam, Surabaya 

Kita sampai pada salah satu bagian ujung Pulau Jawa, Surabaya. Kota Pahlawan ini punya banyak tempat wisata populer bagi keluarga, misalnya saja Monumen Kapal Selam atau Monkasel yang terletak di Kecamatan Genteng, Kota Surabaya. 

Saat datang ke kawasan wisata ini, pengunjung akan disambut dengan kapal selam raksasa riil, yang pernah terlibat dalam pertempuran Operasi Trikora 1961-1962. Di dalamnya, pengunjung akan bisa menikmati wisata edukasi tentang kapal selam, dan wisata hiburan lain seperti menonton film dokumenter, musik, dan lain-lain. 

Editor : Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Jangan Buang Gawai Bekas, Coba Daur Ulang dengan Cara Ini

BERIKUTNYA

Doctor Strange Bertransformasi Jadi Superhero Sejati di Sekuel Kedua

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: