Lego merupakan mainan brick atau batu bata plastik populer di kalangan anak-anak hingga dewasa (Sumber gambar: Unsplash/Alphacolor)

Daftar Set Lego Termahal di Dunia, Barang Koleksi dengan Harga Selangit

13 December 2022   |   18:56 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Like
Lego. Siapa yang tidak kenal mainan konstruksi plastik ini? Sejak pertama kali diproduksi dan dipasarkan pada 1949, mainan yang dibuat oleh The Lego Group ini eksis sampai sekarang dan diminati oleh banyak orang di dunia. Tidak hanya anak-anak, orang dewasa pun masih banyak yang tertarik dengan Lego. 

Kepopuleran Lego tak lepas dari kualitasnya yang jempolan dan presisi. Selain itu, inovasi desain yang dihadirkan untuk setiap seri produknya juga selalu dinantikan para penggemar. Ditambah, Lego punya banyak seri tematik seperti perkotaan, luar angkasa, hingga kerja sama dengan waralaba hiburan dunia. 

Kolaborasi Lego dengan franchise hiburan global menghasilkan seri populer seperti Lego Star Wars, Ninjago, Minecraft, Harry Potter, Disney, dan masih banyak yang lainnya. Produksi seri tersebut juga terus berlangsung hingga sekarang, menawarkan portofolio yang sangat bervariasi. 

Baca jugaLego & Hasbro Luncurkan Set Transformers Optimus Prime yang Bisa Berubah Bentuk

 

Lego Termahal di Dunia 

Dari sekian banyaknya produk Lego yang telah dirilis di pasaran, beberapa di antaranya memiliki banderol yang sangat tinggi. Dirangkum Hypeabis.id dari berbagai sumber, berikut ini adalah daftar seri Lego dengan harga fantastis. 

Sebagai catatan, daftar berikut umumnya merupakan barang koleksi yang berasal dari seri langka, yang hanya diproduksi dalam jumlah sedikit atau dianggap punya nilai sejarah penting. Nilai yang ada di bawah merupakan harga pasaran saat ini, bukan harga asli saat perilisan (karena sebagian besar di antaranya merupakan hadiah yang diberikan perusahaan). 
 

1. Ole Kirk’s House (US$10.733) 

 

Ole Kirk’s House. (Sumber gambar: LEGO)

Ole Kirk’s House. (Sumber gambar: LEGO)


Set Lego termahal di dunia, dan salah satu yang paling langka adalah Lego Ole Kirk’s House. Seri ini merupakan set eksklusif yang diberikan perusahaan kepada para peserta Lego Inside Tour 2009. Tiap set dilengkapi dengan nomor, sehingga bisa dibilang masing-masing di antaranya adalah item unik. 

Oleh karenanya, tidak aneh bila di pasaran tiap set Lego tersebut dibanderol dengan harga selangit. Rata-rata set tersebut dijual seharga US$10.733 atau sekitar Rp168 juta. Model ini didasarkan pada rumah pendiri mainan tersebut. Set terdiri dari 910 bagian batu bata. 
 

2. Castle (US$9.286) 

 

Desainer Lego Castle, Daniel August Krentz. (Sumber gambar: LEGO)

Desainer Lego Castle, Daniel August Krentz. (Sumber gambar: LEGO)


Posisi kedua set Lego termahal adalah Lego Castle yang pertama kali dirilis pada 1978. Dengan usianya yang sudah sangat tua, lebih dari empat dekade, tidak aneh bila produk itu masih dalam daftar dengan banderol pasaran US$9.286 atau sekitar Rp145 juta. 

Lego Castle dibuat oleh desainer Lego ternama Daniel August Krentz. Set ini terdiri dari 767 bagian dan hadir dengan 14 figur mini. Salah satu alasan Lego ini cukup diburu adalah rilisan awal yang terbatas hanya di beberapa pasar yakni Eropa, Inggris, Australia, dan Kanada. 
 

3. HC Andersen’s Clumsy Hans (US$7.375) 

 

HC Andersen’s Clumsy Hans. (Sumber gambar: Brickset/LEGO)

HC Andersen’s Clumsy Hans. (Sumber gambar: Brickset/LEGO)


Lego HC Andersen’s Clumsy Hans masuk dalam daftar ini dengan harga pasaran sekitar US$7.375 atau sekitar Rp115 juta. Hal yang membuat set Lego tersebut punya harga fantastis adalah faktor kelangkaannya. 

Set Lego yang dirilis pada 2015 ini tidak pernah dijual di toko. Koleksi tersebut diberikan kepada 80 Duta Lego pada 2015. Dengan begitu, hanya ada 80 Lego HC Andersen’s Clumsy Hans original yang eksis di dunia, dengan masing-masing diberi nomor. Set tersebut terdiri dari 714 bagian. 
 

4. Cars (US$6.766) 

 

Lego Cars. (Sumber gambar: LEGO)

Lego Cars. (Sumber gambar: LEGO)


Lego lain yang punya harga tinggi di pasaran saat ini adalah sebuah set Lego yang tidak memiliki nama resmi, tetapi dikenal dengan sebutan Lego Cars. Set ini juga termasuk yang sangat langka dan eksklusif, hanya ada 33 set yang diproduksi dan diberikan kepada para pengunjung Lego Inside Tour 2010. 

Lego Cars terdiri dari tiga mobil; dua mobil berjenis sport berwarna merah dan kuning serta satu mobil jip berwarna putih. Dua mobil di antaranya terinspirasi dari kreasi mobil awal Kjed Kirk Krinsansen, yang dirancang ulang oleh desainer Lego ternama Steen Sig Andersen. Set ini terdiri dari 407 bagian konstruksi. 
 

5. Moulding Machines (US$6.733) 

 

Moulding Machines. (Sumber gambar: LEGO)

Moulding Machines. (Sumber gambar: LEGO)


Melengkapi lima besar daftar set Lego termahal di dunia adalah Lego Moulding Machines yang pertama kali diproduksi pada 2011. Pada awalnya Lego dengan desain ini hanya diproduksi sebanyak 68 set saja, tetapi pada 2021 dibuat edisi terbatas dengan komponen yang lebih baru. 

Adapun, versi originalnya yang hanya ada puluhan set itu didesain oleh perancang Lego Mel Caddick. Set ini merupakan replika dari salah satu mesin yang dipakai perusahaan saat membuat blok Lego yang ikonik itu. Set ini terdiri dari 795 bagian dengan dominasi warna hijau, kuning, dan abu-abu. 

Baca jugaLego Art Rilis Set Permainan Penyusunan Peta Dunia dengan Total 11.695 Ubin

Jika sebelumnya kita telah mengulas daftar set Lego termahal di dunia, dengan harga yang ditentukan oleh pasar berdasarkan minat, kelangkaan, hingga nilai historisnya. Kali ini, yang akan dibahas adalah set Lego dengan harga baru termahal yang sampai sekarang masih diproduksi dan ditemukan di toko resmi perusahaan dan ritel. 
 
1
2


SEBELUMNYA

Telusur Karya Pelopor Arsitek Indonesia 60-an di Taman Ismail Marzuki

BERIKUTNYA

Ada Konser Mini Bareng Nadin Amizah dan Satine Zaneta di Resso Studio Live

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: