Epic x LEGO akan hadirkan metaverse untuk anak-anak (Sumber gambar: Epic Games/LEGO Group)

Kolaborasi Epic Games & LEGO Group Bakal Kembangkan Metaverse untuk Anak-anak

08 April 2022   |   13:16 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Metaverse menjadi hal yang selalu menarik untuk dibicarakan. Dunia virtual masa depan ini telah menyedot perhatian berbagai pihak, tak hanya publik tapi juga perusahaan raksasa multinasional untuk ikut serta membahas dan menyiapkan platform tersebut. 

Terbaru, adalah kolaborasi antara perusahaan video gim Epic Games dengan perusahaan mainan Lego Group. Keduanya menyatakan kemitraan jangka panjang untuk membentuk metaverse yang aman dan menyenangkan bagi anak-anak. 

Dalam situs resmi Epic Games, disebutkan bahwa tujuan kerja sama itu adalah untuk membangun pengalaman digital yang imersif, menginspirasi secara kreatif, dan menarik untuk dinikmati bersama oleh anak-anak dari segala usia. 

CEO LEGO Group, Niels B Christiansen mengatakan, bahwa anak-anak umumnya senang bermain baik di dunia fisik maupun digital. Di situ, ada potensi besar bagi mereka untuk mengembangkan keterampilan seperti kreativitas, kolaborasi, dan komunikasi. 

Untuk itu, katanya, orang dewasa memiliki tanggung jawab untuk menghadirkan keamanan bagi mereka. Sama seperti upaya yang dilakukan untuk melindungi anak-anak dari aktivitas fisik, mereka juga harus berkomitmen di ranah maya atau digital. 
 

“Kami harap dapat bekerja sama dengan Epic Games untuk membentuk masa depan yang menyenangkan bagi anak-anak,” katanya. 


Founder & CEO Epic Games, Tim Sweeney, mengatakan bahwa pihaknya memiliki pengalaman panjang menciptakan alat kreatif dan dunia terbuka yang dapat diakses oleh para pengembang dan pemain di seluruh dunia.  

Mereka juga berkomitmen untuk pengembangan pengalaman daring yang sesuai dengan usia tiap orang. Ini termasuk upaya akuisisi SuperAwesome, yang merupakan pelopor teknologi keterlibatan digital anak yang aman. 
 

“Kami bersemangat untuk bersama-sama [dengan LEGO Group] membangun ruang di metaverse yang menyenangkan, menghibur, yang dibuat untuk anak-anak dan keluarga,” ujarnya. 


Adapun, LEGO Group dan Epic Games menyepakati tiga prinsip penting guna memastikan ruang digital yang dikembangkan akan memberikan peluang bermain yang menarik dan aman bagi kelompok anak. Ketiga prinsip itu adalah: 
 
  1. Melindungi hak anak untuk bermain dengan mengutamakan keselamatan dan kesejahteraan. 
  2. Menjaga privasi anak-anak dengan mengutamakan kepentingan terbaik mereka. 
  3. Memberdayakan anak-anak dan orang dewasa dengan alat yang memberi mereka kendali atas pengalaman digital yang ada. 

Editor : Gita Carla

SEBELUMNYA

Intip 12 Hidangan Signature dalam Menu Ramadhan Nusantara Raffles Hotel

BERIKUTNYA

Peringati HUT Ke-25, Dell Hadirkan Mobile Workstation Precision 5470

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: