Kiri atas ke kanan bawah: NewJeans, Stray Kids, Jin BTS, IVE. (Sumber gambar: ADOR, JYPE, BIGHIT Music, Starship Entertainment)

13 Artis K-Pop yang Masuk Daftar 100 Lagu Terbaik 2022 Versi Rolling Stone, Ada Newjeans hingga PSY

07 December 2022   |   15:46 WIB

6. Girls - aespa


Aliran musik dansa elektronik atau EDM banyak digunakan dalam musik-musik K-pop, termasuk oleh girl group aespa. Namun, Girls yang masuk ke peringkat ke-65 memiliki daya tarik dari segi suara, komposisi EDM yang cukup kuat, hingga video klip berbujet besar serupa film blockbuster dengan menekankan pada kualitas sinematik dan narasi tentang perjalanan keempat perempuan untuk menaklukkan Black Mamba yang jahat.

"[Lagu ini] menangkap suara khas aespa dengan bass yang kuat dan suara synthesizer, dikombinasikan dengan hip-hop, sentuhan hyper-pop, dan EDM," jelas perwakilan Rolling Stones.
 

7. The Astronaut - Jin BTS


Salah satu proyek solo anggota BTS yang menarik pada tahun ini adalah The Astronaut milik Jin BTS yang masuk peringkat ke-68. Lagu yang ditulis oleh Jin bersama Coldplay ini menjadi menarik karena pesan yang disampaikan jelang kewajiban militer Korea Selatan dari idol kelahiran 1992 tersebut. Hal menarik lainnya ada pada pesan untuk tetap mengingat Jin hingga dia kembali dari kewajiban negara tersebut.
 

8. 2 Baddies - NCT 127


NCT 127 yang dikenal melalui konsep dan lagu-lagunya yang variatif kini masuk ke dalam peringkat ke-71 melalui 2 Baddies. Lagu ini memiliki ciri khas pada mobil sebagai hal utama dalam video klip serta simbol yang merepresentasikan unsur masa depan, maskulinitas, dan proses teknologi mesin.

Dengan gaya hip-hop elektronik, lagu ini membawakan irama berdasarkan bass dan perkusi dengan lirik yang karismatik dan penuh determinasi untuk mencapai mimpi mereka selama berkarier di industri musik K-pop.
 

9. Still Life - BIGBANG


Setelah empat tahun, BIGBANG yang telah dinantikan membawakan lagu soft-rock yang pelan dengan Still Life. Berbeda dengan citra BIGBANG sebagai boy group dengan lagu yang meriah dan glamor, lagu ini memiliki keunikan pada ragam suara yang disajikan seperti lirik khas G-Dragon, rap bersuara rendah T.O.P., hingga nyanyian Taeyang dan Daesung yang khas.

Selain sebagai comeback terbaru, lagu yang masuk peringkat ke-73 ini menjadi berkesan karena mencatat refleksi atas karier mereka selama kurang lebih 15 tahun hingga menjadi salah satu grup pendorong Hallyu hingga saat ini.
 

10. ANTIFRAGILE - LE SSERAFIM


Lagu comeback perdana grup dengan lima anggota ini juga turut mencatat capaian terbesarnya dengan urutan ke-75. Berbeda dengan FEARLESS yang terkesan lebih anggun, ANTIFRAGILE justru memiliki kesan yang adiktif dan lebih meriah dengan refrain yang mudah diingat dan didengarkan. Seperti yang disampaikan Yunjin, lagu ini mudah disukai sesaat selesai didengarkan sehingga menjadikannya sebagai faktor plus.
 

11. POP! - Nayeon TWICE


Lagu debut solo Nayeon ini masuk ke peringkat ke-86 tidak hanya menjadikan titik utama dari perjalanan solo untuk anggotanya, lagu ini juga menjadi wujud dari antusiasme karier solo dari sisi penggemar. POP! dianggap mampu melewati ekspektasi publik melalui vokal, rap, kostum, dan koreografi dengan tetap konsisten pada konsep suara bubblegum khas TWICE.
 

12. Nxde - (G)I-DLE


Girl group yang tengah berkembang pesat ini juga mendapatkan capaian ke-88, di mana keunikan ini terletak pada lapisan lagu terbaru dan makna yang dihadirkan. Nxde dianggap memiliki faktor pendukung yang menjadikannya lebih bersinar dibandingkan lagu sebelumnya seperti TOMBOY dan MY BAG.

Dengan lirik yang kuat dan sentuhan aransemen dari Soyeon membuat Nxde (baca: nude) tampak berkesan, sebab lagu ini memiliki makna untuk menampilkan citra diri yang apa adanya dan jujur. Faktor ini diperkuat dengan kombinasi melodi dari lagu opera Carmen (1875) dan referensi pop star Marilyn Monroe dalam konsepnya, lagu ini mengutarakan objektifikasi perempuan dengan pendekatan yang berbeda.
 

13. That That - PSY feat. Suga BTS


Terakhir, That That masuk ke peringkat ke-93 dengan berbagai keunikan dari konsep cowboy yang dipadukan dengan penampilan dan semangat showman ala PSY yang maksimal. Secara aransemen, lagu ini juga memiliki riff pada alat musik horn khas Meksiko dengan lirik yang menggambarkan selebrasi yang tidak habis untuk menyukai hal apa pun yang diinginkan.

Selain itu, ada juga unsur menarik dari sisi Suga BTS dengan lirik rap yang penuh permainan kata dan pesan khusus untuk orang yang membenci pihak lain dengan referensi K-pop era 1990an. Lagu ini dianggap sebagai salah satu lagu hits PSY sepanjang kariernya yang berkesan. 

Baca jugaYuk Kenalan dengan the New K-Pop It Girl, Haerin NewJeans

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 
1
2


SEBELUMNYA

5 Pria Tajir Melintir di Balik Brand Gaya Hidup Dunia

BERIKUTNYA

Bagi Gen Z, Keuangan Pria Lebih Menarik Dibanding Persoalan Wajah

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: