Haerin NewJeans. (Sumber gambar: SBS Inkigayo)

Yuk Kenalan dengan the New K-Pop It Girl, Haerin NewJeans

26 November 2022   |   12:43 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Like
Sejak debut pada 1 Agustus 2022, popularitas super rookie, NewJeans, terus melesat. Mereka hadir di tengah-tengah ramainya deretan grup K-pop muda yang masuk dalam generasi keempat. NewJeans, beranggotakan lima gadis enerjik dan karismatik yakni Minji, Hanni, Danielle, Haerin, and Hyein.

Berbeda dengan grup rookie pada umumnya, NewJeans debut tanpa adanya teaser atau profil perkenalan. Girl grup terbaru ADOR, sub-label HYBE, berhasil mengejutkan semua orang dan memulai debutnya dengan video klip untuk single Attention.

Setelah sukses 'mencuri perhatian' lewat Attention, NewJeans pun merilis video klip untuk semua lagu, termasuk Hype BoyCookie dan Hurt yang mereka rilis pada album debutnya.

Baca juga: HYBE Dorong Girlgroup LE SSERAFIM dan New Jeans Jelang BTS Jalani Wajib Militer, Yuk Kenalan!

Sekarang, hanya tiga bulan setelah mereka debut, NewJeans telah menjadi grup generasi keempat pertama yang melampaui 10 juta pendengar bulanan di Spotify hanya dengan empat lagu. Warna musik yang segar ternyata satu begitu disukai oleh pendengar K-Pop yang saat ini didominasi oleh generasi Z.
 


NewJeans. (Sumber gambar: Twitter/NewJeans_ADOR)


Kali ini, Hypeabis.id ingin memperkenalkan Genhype dengan salah satu anggotanya yakni, Haerin. Bernama lengkap Kang Haerin, vokalis grup ini berhasil memikat hati para pencinta K-Pop di seluruh dunia dengan suaranya yang merdu serta visualnya yang unik dengan mata runcing nan misterius layaknya kucing.

Popularitas Haerin terus meningkat bahkan melampaui beberapa seniornya. Institut Penelitian Bisnis Korea juga mengungkapkan bahwa Haerin sekarang berada di posisi kedua peringkat reputasi brand bulan November untuk anggota girl grup secara individu.

Pemeringkatan ditentukan melalui analisis partisipasi konsumen, liputan media, komunikasi, dan indeks kesadaran masyarakat dari 579 anggota girl group, menggunakan data besar yang dikumpulkan dari 20 Oktober hingga 20 November 2022.

Jennie BLACKPINK mempertahankan posisinya di puncak daftar bulan ini dengan indeks reputasi brand sebesar 2.950.864.

Sementara itu, Haerin NewJeans naik ke posisi kedua untuk bulan November dengan indeks reputasi brand sebesar 2.547.209. Diikuti dengan Hanni NewJeans pada lima besar untuk bulan November dengan indeks reputasi brand 2.462.557.
 

Haerin diketahui memulai kariernya sebagai trainee di bawah naungan ADOR sejak awal 2020 atau saat duduk di kelas dua sekolah menengah pertama. Jika trainee lainnya harus melakukan audisi, Haerin ternyata di-casting di jalanan di depan sekolahnya.

Gadis kelahiran 2006, di Gimcheon, Gyeongsangbuk-do, Korea Selatan itu, dikenal sebagai karakter yang manis dan selalu berperilaku baik di sekolah. Sebelum menjadi idola, Haerin mahir bermain pansori (musik tradisional Korea) dan kerap dijuluki sebagai voice fairy.

Pasca debut dengan NewJeans, Haerin mengisi posisi vokalis dan penari di grup. Di kalangan penggemar, dia terkenal sebagai pemegang killing part pada lagu-lagu NewJeans, berkat warna suaranya yang halus, penuh sensibilitas dan kadang memilukan. Kekuatan vokal ini makin bersinar dan menonjol dalam single NewJeans yang berjudul Hurt.
 


Jika Hani menari dengan gaya groovy dan bertenaga, Haerin cenderung tampil dengan gaya menari yang lebih rapi dan presisi. Dalam budaya fandom K-Pop, kita mengenal istilah jikkaem atau focus fan camera pada member tertentu.

Sejak debutnya, Haerin telah mengumpulkan lebih dari 18 juta views dari video-video fancamnya yang menunjukkan sejumlah killing part dari segi vokal maupun penampilan tariannya di panggung.

Dari segi visual, Haerin memiliki kesan pertama yang misterius berkat matanya yang besar dan tajam. Dia sering kali disebut mirip dengan karakter Tomie dari serial manga horor Jepang ketika berpose tanpa emosi. Namun saat tersenyum, Haerin memberikan kesan imut dengan pipinya yang tembam dan mengingatkan kita pada hamster atau tupai.

Julukan It Girl rasanya memang cocok jika disandingkan untuk Haerin. Kelima anggota NewJeans yang debut dengan gaya retro ala 1990-an tampil dengan model rambut hitam panjang dan lurus yang menjadi tren kala itu.

Di sejumlah mesin pencari Korea Selatan, kata kunci seperti "Gaya Rambut Haerin," dan "Model Poni Haerin NewJeans" sempat menjadi trending topic

Tak hanya itu, pengaruh NewJeans sebagai idola masa kini juga terlihat dari sejumlah kontrak iklan yang mereka dapatkan di awal karier. Di antara semua kontrak iklan tersebut, lima merek besar yang benar-benar menunjukkan jangkauan dan popularitas NewJeans adalah SK Telecom, MEGASTUDY, Musinsa, Pinkfong, dan Shinhan Bank.

NewJeans baru-baru ini tampil dalam iklan iPhone 14 SK Telecom, yang jadi perbincangan di antara penggemar K-Pop karena mendapatkan kesepakatan merek dengan skala ini jarang terjadi pada grup baru seperti mereka. 

Selang beberapa hari sejak debutnya, penampilan publik pertama NewJeans bukan di televisi, melainkan pada pameran N°1 DE CHANEL GARDEN di Seoul. Jadi, tidak heran jika mereka disebut sebagai Super Rookie.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Dari Novel hingga Self-Help, Yuk Kepoin Koleksi Bazar Buku Big Bad Wolf Books

BERIKUTNYA

Skandal Pemerkosaan, Eks Member EXO Kris Wu Divonis 13 Tahun Penjara & Deportasi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: