Kiri atas ke kanan bawah: NewJeans, Stray Kids, Jin BTS, IVE. (Sumber gambar: ADOR, JYPE, BIGHIT Music, Starship Entertainment)

13 Artis K-Pop yang Masuk Daftar 100 Lagu Terbaik 2022 Versi Rolling Stone, Ada Newjeans hingga PSY

07 December 2022   |   15:46 WIB

Setiap akhir tahun, capaian lagu terbaik akan selalu dirilis dari setiap kritikus hingga platform streaming. Jika sebelumnya Spotify telah mengumumkan lagu-lagu yang paling banyak diputar di aplikasinya, kini majalah Rolling Stone meluncurkan daftar The 100 Best Songs of 2022.

Hampir mirip dengan daftar The 100 Best Albums of 2022 yang menghadirkan beberapa album dari sejumlah musisi K-pop, daftar lagu terbaik versi Rolling Stone membuka lebih banyak artis yang mendapatkan capaian lagu terbaik. Mulai dari grup rookie NewJeans hingga musisi senior PSY, ini 13 artis yang masuk ke dalam The 100 Best Songs of 2022 Rolling Stone. 

Baca jugaBTS Borong Piala, Cek Daftar Lengkap Pemenangan MAMA Awards 2022
 

1. Hype Boy - NewJeans


Setelah album debutnya New Jeans masuk ke dalam salah satu album terbaik 2022 dari majalah yang sama, kini NewJeans memiliki satu lagu terbaik pada tahun ini melalui Hype Boy. Trek kedua dari album mini (Extended Play/EP) ini mendapatkan peringkat ke-24 dari 100.

Alasan masuknya lagu ini ke dalam daftar tersebut karena Hype Boy memiliki koreografi yang adiktif dan korus yang menarik, terutama pada potongan lirik 'Cause I know what you like, boy/You’re my chemical, hype boy'. Lagu ini juga membawa warna suara semua anggotanya bersinar dan banyak artis K-pop dari berbagai generasi yang menyanyikan ulang lagu ini.

"Ini menjadi fenomena yang memperjelas NewJeans memiliki hits dari sesuatu yang spesial," kata perwakilan majalah Rolling Stones.
 

2. Pink Venom - BLACKPINK


Tidak hanya album BORN PINK yang didapuk sebagai salah satu album terbaik, kini lagu Pink Venom menjadi salah satu lagu K-Pop terbaik yang masuk ke dalam daftar ini. Dengan posisi ke-35, lagu ini menjadi populer dengan membawa aliran rock glam ala 1980an yang asyik.

"BLACKPINK mengingatkan Anda untuk tidak macam-macam dengan mereka karena Anda tidak mampu menghadapi 'Pink Venom'. Saat Rose menyanyikan 'Lihat apa yang Anda lakukan terhadap kami' menunjukkan bahwa bad blood adalah bahasa yang universal," ujar perwakilan majalah Rolling Stones.
 

3. HOT - SEVENTEEN


Boy group yang dikenal dengan kemampuan produksi lagu dan tarian mandiri (self-producing) ini punya pertumbuhan popularitas yang cukup besar pada tahun ini, terutama setelah perilisan album studio keempat Face the Sun. Meski album ini hadir dengan lagu hits seperti CHEERS dan Darling, HOT yang menjadi lagu utama menempati posisi ke-38 dalam daftar ini.

Rolling Stone beralasan bahwa HOT memiliki daya tarik terhadap liriknya yang adiktif beserta dengan komposisi musik yang memasukkan irama gitar yang terinspirasi dari konsep Wild West yang mengawali lagu ini.
 

4. After LIKE - IVE


Pada urutan ke-53, ada lagu After LIKE dari IVE yang masuk ke dalam daftar. IVE sendiri telah populer sejak debut dan menghasilkan lagu hit seperti single ELEVEN dan LOVE DIVE dalam kurun waktu kurang lebih satu tahun. Kendati dua lagu pertamanya cukup disukai oleh publik, After LIKE dianggap memiliki keunikan tersendiri.

Pertimbangan ini sendiri didasarkan dari komposisi lagu dengan beat disco-pop, penggunaan sampel lagu I Will Survive milik penyanyi lawas Gloria Gaynor, hingga koreografi pada bagian dance break dan adegan kembang api dalam video klipnya.
 

5. Maniac - Stray Kids


Berbeda dengan beberapa rilisan sebelumnya, Stray Kids telah dikenal sebagai salah satu grup yang kerap kali bereksperimen dengan aliran dan warna suara yang baru. Salah satu single yang menarik perhatian adalah Maniac dari album EP keenam ODDINARY. Lagu ini masuk ke peringkat ke-56, tidak jauh dari posisi After LIKE.

Dengan pesan bahwa orang-orang 'aneh' yang berusaha mendobrak norma sosial 'biasa', Maniac memperkuat tema ini dengan komposisi musik berbasis aliran elektronik ditambah dengan bagian chorus dari Felix yang berulang dan memicu adiksi.
1
2


SEBELUMNYA

5 Pria Tajir Melintir di Balik Brand Gaya Hidup Dunia

BERIKUTNYA

Bagi Gen Z, Keuangan Pria Lebih Menarik Dibanding Persoalan Wajah

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: