Mengelola keuangan untuk mencapai tujuan kini dan nanti (Sumber gambar: Pinterest)

5 Kiat Praktis Mengelola Keuangan untuk Milenial Parents

28 November 2022   |   11:26 WIB

Like
Hai moms, gimana nih sudah pada gajian belum? Uang gajian sudah di tangan, terkadang membuat kita terlena ya moms. Apalagi kaum hawa ini hobinya check out dan shopping yang pengeluarannya selalu tidak berdasarkan kebutuhan, tapi lebih banyak atas dasar keinginan.

Dengan kebiasaan seperti itu, seringkali kita merasa ke mana ya larinya uang kita? tiba-tiba sebelum tanggal gajian tiba, saldo di rekening sudah kosong, duh jangan sampai ya Moms.

Baca jugaAncaman Resesi di Depan Mata, Persiapkan Lima Hal Ini Agar Keuangan Aman

Nah buat mencegahnya, berikut kiat praktis bagaimana mengelola keuangan yang baik dan praktis agar uang gaji bisa aman untuk memenuhi segala kebutuhan bulanan. Intip yuk!


1. Budgeting

Budgeting ini sangat penting loh moms untuk bisa menentukan dan membatasi kebutuhan serta keinginan kita. Kebutuhan dan keinginan tentu berbeda ya moms. Biasakan ketika tanggal gajian tiba, hal yang dilakukan pertama kali yaitu Budgeting.

Mengutip penjelasan dari salah satu professional financial planner, Prita Ghozie menyarankan untuk membagi budgeting itu menjadi tiga, 50% living (kebutuhan hidup), 20% saving (tabungan) dan 30% playing (hiburan). Ini dilakukan setelah dikurangi dengan pengeluaran untuk zakat atau sedekah.

Tentunya semua bisa disesuaikan dengan kemampuan financial masing-masing keluarga. Jika memungkingkan, ketiga budgeting tersebut dipisah dalam rekening yang berbeda hal tersebut dapat memudahkan kita untuk menggunakan uang sesuai dengan budget kita.

Namun, sekarang sudah ada bank digital yang menyediakan fitur wallet untuk memudahkan budgeting.  Keren ya moms


2. Catat pemasukan dan pengeluaran secara rutin

Nah, penting juga nih moms untuk mencatat setiap pemasukan dan pengeluaran. Hal tersebut dapat memudahkan kita untuk mengevaluasi keuangan kita apakah sesuai dengan budget atau tidak.

Terkadang rasanya malas ya moms, jika harus mencatat pemasukan dan pengeluaran di buku, moms tak perlu khawatir karena pada zaman yang canggih ini sudah tersedia berbagai aplikasi keuangan untuk pencatatan keuangan. Tentu hal tersebut sangat memudahkan kita, jadi tidak perlu lagi harus mencatat di buku.


3. Membuat Meal plan

Salah satu cara untuk bisa meminimalisir pengeluaran yaitu dengan membuat meal plan mingguan. Sering gak sih moms kita memikirkan hari ini masak apa ya? atau mau makan apa ya? dan tak jarang jadi kehabisan ide. Meal plan dapat membantu kita, para ibu untuk menentukan bahan makanan yang akan dibeli dalam seminggu, sehingga dapat mengurangi pengeluaran yang tidak perlu.

Baca jugaSering Enggak Disadari, Ini 7 Kesalahan Mengatur Keuangan Keluarga

Kerap kali karena bingung akan masak apa, membuat kita akhirnya membeli hal yang tidak diperlukan. Selain meminimalisir pengeluaran, dengan meal plan dapat membantu kita untuk lebih efisien, sehingga dapat menggunakan waktu untuk hal yang bermanfaat lainnya.


4. Menabung di awal

Menabung tentu hal yang penting dilakukan karena kita tak pernah tahu apa yang akan terjadi dengan kehidupan kita di masa mendatang. Usahakan untuk menabung di awal ya moms, hindari untuk menabung menunggu uang sisa karena biasanya justru sudah terpakai untuk hal lain.

Sesuai dengan konsep budgeting sebelumnya, ada baiknya kita menabung 20 persen dari hasil pendapatan kita yang telah dikurangi dengan sedekah atau zakat. Namun, hal tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan masing-masing keluarga. Saat ini, menabung tidak hanya berbentuk uang yang disimpan secara fisik maupun disimpan di rekening bank.

Menabung juga dapat dilakukan melalui investasi reksa dana, investasi saham langsung maupun investasi berupa emas. Tentu semua ada risikonya masing-masing, jadi sebelum menabung jangan lupa untuk tinjau kembali ya moms setiap risiko dari jenis tabungan yang akan digunakan.


5. Konsisten dan sabar

Mengelola keuangan tentu membutuhkan konsisten dan kesabaran. Kita dapat mencapai tujuan keuangan apabila bisa konsisten dan sabar dalam mengelola keuangan. Tak jarang, kita susah sekali memulai untuk mengelola uang yang baik atau sudah memulai tapi tidak konsisten atau rutin menerapkannya.

Percayalah moms, setelah bisa mengelola keuangan kita akan menjadi lebih tenang karena kita dapat hidup sesuai kemampuan. Tidak perlu mengikuti gaya hidup orang lain, cukup fokus pada apa yang kita miliki.

Baca jugaJadi Freelancer Rawan Kantong Bobol, Yuk Simak 5 Tip Mengatur Keuangan Ini

Last but not least, selalu evaluasi pengeluaran ya Moms, jangan sampai pengeluaran lebih besar dari pemasukan. Semoga bermanfaat ya, moms!

Editor: Fajar Sidik 
SEBELUMNYA

Ada Simple Plan dan Hoobastank, Cek Line Up & Harga Tiket Everblast Festival Kuy!

BERIKUTNYA

Sejarah Pura Mangkunegaran, Tempat Digelarnya Pesta Pernikahan Kaesang Pangarep & Erina Gudono

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: