Dalam perencanaan keuangan, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menentukan tujuan (sumber gambar: Skylar Kang dari Pexels)

Catat Cara Simpel Ngatur Gaji Biar Enggak Habis Sia-Sia

31 May 2021   |   16:50 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Buat kalian yang sering merasa gaji cuma numpang lewat rekening dan selalu habis sia-sia setiap bulannya, kalian harus cepat-cepat bertindak. Artinya, kalian tidak melakukan perencanaan keuangan dengan baik. 

Nah, bagaimana sih cara mengelola keuangan? Rosana, Head of Business Support Satu Persen, memberitahukan kita semua apa yang perlu dilakukan dalam perencanaan keuangan. 

Pertama-tama yang perlu dilakukan adalah dengan menentukan tujuan yang ingin dicapai. Contohnya adalah membeli rumah atau mobil. 

Nah, rumah atau mobil yang ingin dibeli ini kemudian perlu didetailkan kembali dengan mencari tahu rumah dan mobil yang diinginkan seperti harga, jenis, daerah rumahnya, dan sebagainya. 

Dengan mengetahui tujuan yang jelas, maka Genhype bisa konsisten dengan perencanaan keuangan yang dilakukan. 

Secara keseluruhan, perencanaan keuangan itu sangat penting lho Genhype karena tanpa perencanaan, tujuan yang ingin kita capai hanya akan menjadi angan belaka. 

Tidak hanya itu, dengan melakukan perencanaan keuangan, Genhype akan merasa memiliki masa depan yang aman - minimal buat diri sendiri jika terjadi apa-apa atau kita ingin melindungi keluarga atau orang-orang yang kita sayangi.  

Kita pasti tidak menginginkan pada masa tua nanti menyusahkan anak-anak kita. "Financial planning penting karena kita hidup tidak hanya pada masa yang sekarang, dan gajian kita yang sekarang itu harus kita planing untuk masa depan," katanya. 

"Financial planning bisa jadi kayak kompas kita. Kalau kita punya tujuan, maka harus kita rencanakan," tambahnya. 

Saat ini, ada banyak pembagian proporsi pendapatan yang kita miliki untuk kebutuhan kita, menabung, dan sebagainya. Namun, di antara banyak proporsi tersebut, Rosana menggunakan proporsi 50,30,20. 

Proporsi itu yakni 50 persen buat kebutuhan dasar kita, 30 persen buat keinginan, dan 20 persen buat investasi.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

3 Cara Gampang Mempercantik Instagram Jadi Lebih Menarik

BERIKUTNYA

Ini 6 Efek Negatif FOMO Bagi Kehidupan, Simak Yuk Sebelum Kalian Terpapar

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: