Kosta Rika mampu unggul dari Jepang pada menit ke-81 (Sumber gambar: FIFA)

Jepang Kalah dari Kosta Rika, Persaingan Grup E Piala Dunia 2022 Makin Ketat

27 November 2022   |   22:41 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Kemenangan tipis Kosta Rika atas Jepang dalam pertandingan yang berlangsung di Ahmed bin Ali Stadium, Qatar, membuat persaingan untuk menuju ke babak selanjutnya di kualifikasi Grup E Piala Dunia 2022 kian ketat. Sementara ini, tiga tim di Grup E tercatat memiliki poin 3.  

Hasil pertandingan mengejutkan itu membuat Kosta Rika dan Jepang memiliki poin yang sama, yakni 3 poin dalam dua kali permainan. Meskipun begitu, tim nasional Jepang masih menempati posisi kedua lantaran lebih unggul dalam jumlah perolehan gol. 

Jepang tercatat telah membuat gol sebanyak 2 kali dan kebobolan 2 kali dalam dua kali pertandingannya. Tim yang mendapatkan julukan Samurai Biru itu kebobolan satu kali saat melawan Jerman di pertandingan pertama babak kualifikasi grup. Pada saat melawan Jerman, Jepang berhasil mampu mencetak gol sebanyak dua kali sehingga membat kedudukan 2-1 untuk kemenangan Jepang. 

Kemudian, Kosta Rika yang berada di posisi ketiga kelasmen sementara Grup E Piala Dunia 2022 tercatat kemasukan 7 kali dan hanya membuat gol satu kali. Kosta Rika memperoleh kebobolan sebanyak 7 kali saat melawan Spanyol. Pada pertandingan melawan tim yang kerap dijuluki Matador tersebut, Kosta Rika harus takluk 7-0 tanpa balas.  

Baca jugaPil Pahit Qatar, Tuan Rumah Pertama yang Kilat Tersingkir di Piala Dunia 


Laga Segit Jepang vs Kosta Rika

Pertandingan antara Jepang dan Kosta Rika berjalan cukup ketat. Tercatat, tim besutan H. Moriyasu dan L. Suarez Guzman masing-masing memiliki peguasaan bola 57 persen dan 43 persen sepanjang 90 menit pertandingan bola bundar itu berlangsung. 

Meskipun begitu, Jepang tercatat lebih mampu mengarahkan tembakan ke gawang jika dibandingkan dengan Kosta Rika. Jepang berhasil melayangkan 3 kali tembakan, sementara Kosta Rika hanya satu kali tembakan ke arah gawang. 

Secara keseluruhan, Soma dan kawan-kawan berhasil mencatatkan tembakan sebanyak 13 kali. Adapun, Navas dan kawan-kawan hanya memperoleh 4 kali tembakan. Tidak hanya itu, Jepang juga memperoleh 5 kali tendangan sudut dan Kosta Rika tidak satupun mendapatkan tendangan sudut.

Baca jugaUpdate Top Skor Piala Dunia 2022, Lionel Messi Belum Bisa Kejar Mbappe & Enner

Jepang beberapa kali memperoleh kesempatan untuk mencetak gol dari tendangan bebas. Namun, mereka tidak mampu menjebol gawang lawan. Tendangan Soma sedikit di atas mistar gawang. Begitu dengan Kamada yang tendangannya membentur pemeain Kosta Rika. 

Alih-alih membuat gol, Jepang justru kebobolan. Melalui tendangan melengkung dari Fuller, Kosta Rika berhasil unggul dari Jepang pada menit ke-81. Tertinggal 1-0 pada penghujung babak kedua, Samurai Biru pun meningkatkan serangannya. Namun, Navas yang berada di bawah mistar gawang mampu tampil dengan meyakinkan dan menyelamatkan gawang Kosta Rika dari kebobolan.

Pada pertandingan ini, pemain-pemain Jepang adalah Shuici Gonda, M. Yamane (Kaoru Mitoma menit 62), K. Itakura, M. Yoshida, Y. Nagatomo (Hiroki ito menit ke 46), W. Endo, H. Morita, R. Doan (Junya Ito menit ke-67), D. Kamada, Y. Soma (Takumi Minamino menit ke-82), dan A. Ueda (Takuma Asano menit ke-46).

Sementara itu, pemain Kosta Rika adalah Keylor Navas, Kendall Waston, Francisco Calvo, Oscar Duarte, Bryan Oviedo, Keysher Fuller, Yeltsin Tejeda, Celso Borges (Youstin Salasa menit ke-89), Gerson Torres (Brandon Aguilera menit ke-65), Anthony Contreras (Jewison Bennete menit ke-65), dan Joel Campbell. 

Baca juga4 Rekomendasi Bisnis Potensial Selama Piala Dunia 2022

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Tiktoker King Kevin, Sosok di Balik Planet Gadget yang Hanya Lulusan SD

BERIKUTNYA

Cerita Seniman Takashi Murakami Berkolaborasi dengan Selebritas Kelas Dunia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: