Pertandingan timnas Inggris dan AS. (Sumber gambar : Twitter/England)

Duel Keempat Inggris vs Amerika Serikat di Piala Dunia, Cek Sejarah & Performa Kedua Tim

25 November 2022   |   13:15 WIB

Salah satu pertandingan besar Piala Dunia 2022 akan berlangsung dini hari nanti. Inggris akan bertemu Amerika Serikat di Stadion Al Bayt, Qatar yang bisa disaksikan masyarakat Indonesia pada pukul 02.00 WIB. The Three Lions sepertinya bakal lebih santai mengingat kemenangan telak 6-2 atas Iran yang membuat posisinya unggul di Grup B. 

Memang, optimisme seputar pasukan Gareth Southgate terlihat merosot ketika menuju Qatar dalam kampanye UEFA Nations League yang mengecewakan, tanpa kemenangan. Namun demikian, kondisi ini dipatahkan ketika tim nasional Inggris mampu menekuk Iran dengan 6 gol dalam laga pembuka pada Senin lalu. 

Jude Bellingham, Bukayo Saka, dan Raheem Sterling mampu menjebol gawang Iran dalam penampilan babak pertama. Saka dan Bellingham pun mencetal sejarah baru Inggris sebagai pemain berusia 21 tahun yang berhasil mencetak digelaran itu. Sebelumnya, rekor ini dipegang Michael Owen yang melakukannya pada usia 22 tahun pada Piala Dunia 2002. 

Baca jugaHujan Gol Warnai Kemenangan Inggris Atas Iran di Laga Grup B Piala Dunia 2022

Sementara itu, AS tampil dengan skor imbang saat melawan Wales dalam laga pembukanya. Timothy Weah awalnya membuat Stars and Stripes unggul 9 menit sebelum babak pertama. Akan tetapi, tim asuhan Gregg Berhalter kehilangan semangat di babak kedua dan membuat Wales meningkatkan performanya. 

Gareth Bale akhirnya mencetak gol krusial yang menjadi penyeimbang pada menit ke-82 dari titik penalti, setelah Walker Zimmerman dengan kikuk menyabet penyerang LAFC di dalam area penalti. Sempat dikritik karena gawangnya bobol, Berhalter tetap percaya pada timnas Inggris dan berharap bisa mengamankan tempat di babak penyisihan nanti.

“Ini kesempatan besar, tapi kita perlu fokus pada saat ini. Kita tahu bahwa Inggris adalah tim yang sangat bagus tapi kita ingin memainkan permainan kita,” ujar pelatih timnas Amerika Serikat Gregg Berhalter, dikutip dari FIFA, Jumat (25/11/2022).


Performa Kedua Tim

Kapten timnas Inggris Harry Kane yang sebelumnya dikabarkan cedera pada pergelangan kaki dipastikan akan merumput pada pertandingan melawan AS malam nanti. Pemain berusia 29 tahun itu telah berlatih di tim utama dan diperkirakan akan mempertahankan posisinya di lini depan. 

"Harry bagus. Ini akan menjadi keputusan yang berani untuk mengeluarkannya dari starting line up,” kata bos Three Lions.

Southgate diperkirakan akan menurunkan pemain yang sama seperti pertandingan melawan Iran, dengan Harry Maguire yang telah pulih dari sakit tetap pada posisinya sebagai bek tengah bersama Kieran Trippier, John Stones, dan Luke Shaw.

Begitu pula Bukayo Saka dan Raheem Sterling yang mempertahankan tempatnya sebagai penyerang. Sementara itu, Kyle Walker yang sudah pulih dari operasi pangkal paha misi masih dalam perdebatan apakah akan diturunkan atau tidak. Bek Manchester City ini diharapkan tetap di bangku cadangan untuk membangun kebugaran pada pertandingan berikutya.

Sementara itu, pada skuad AS, Weston McKennie dan Yunus Musah menghadapi masalah pangkal paha dan jari kaki saat bermain imbang dengan Wales pada Senin lalu. Kendati demikian, duo lini tengah ini harus fit untuk mempertahankan tempat mereka bersama kapten Tyler Adams sebagai starter. 

AS juga mempertahankan bek mereka Tim Ream dan Antonee Robinson. Kiper Arsenal Matt Turner juga dalam posisinya. Sementara itu, Brenden Aaronson dari Leeds keluar dari bangku cadangan dan akan ikut dalam pertandingan melawan Inggris nanti. 

Baca jugaRonaldo Jadi Pemain Kunci saat Portugal Kalahkan Ghana 3-2 di Laga Grup H Piala Dunia 2022
 

Prediksi Daftar Pemain

Inggris : Jordan Pickford, Kieran Trippier, John Stones, Harry Maguire, Luke Shaw, Declan Rice, Jude Bellingham, Bukayo Saka, Mason Mount, Raheem Sterling, dan Harry Kane

Amerika Serikat : Matt Turner, Sergino Dest, Walker Zimmerman, Tim Ream, Antonee Robinson, Tyler Adams, Yunus Musah, Weston McKennie, Christian Pulisic, Josh Sargent, dan Timothy Weah.


Sejarah Pertandingan

Inggris berusaha memenangkan dua pertandingan grup pembuka mereka di Piala Dunia untuk keempat kalinya ketika menghadapi AS. Sebelumnya kedua negara ini bertemu pada Piala Dunia 1982, 2006, dan 2018, dengan catatan sempurna untuk The Three Lions. 

Selain itu, Inggris memenangkan 8 dari 11 pertemuan mereka dengan Amerika Serikat di semua kompetisi serta mencetak 39 gol. The Black Country juga diprediksi akan meningkatkan skor untuk mengamankan tempatnya di babak 16 besar Piala Dunia 2022. 

“Tujuan utama kami untuk keluar dari grup, tapi pertandingan tidak akan seperti Senin. Kami harus memastikan kembali ke tempat psikologis, berada di awal karena Amerika akan menjadi tim atletik, tekan sangat baik, terorganisir, dilatih dengan baik,” sebut pelatih timnas Inggris Gareth Southgate.

Semetara itu, AS berhasil lolos dari babak penyisihan grup di dua final Piala Dunia sebelumnya. Finis kedua di depan Portugal pada 2014 sebelum mengamankan posisi teratas di depan Inggris pada 2010. Memang, hasil imbang 1-1 yang tak terlupakan dalam pertemuan terakhir mereka melawan The Three Lions, membantu Amerika untuk menyelesaikan Fabio Capello pada selisih gol.

The Stars and Stripes menuju pertandingan hari Jumat tanpa terkalahkan dalam dua pertemuan Piala Dunia sebelumnya dengan Inggris, termasuk kemenangan mengejutkan 1-0 di babak penyisihan grup pada 1950. 

Di sisi lain, Kane membutuhkan dua gol untuk menyamai Wayne Rooney di puncak daftar pencetak gol sepanjang masa Inggris, dan tiga gol untuk menemukan dirinya di atas. Dia membutuhkan empat gol untuk menyamai Gary Lineker sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa untuk Inggris di Piala Dunia.
 

5 Pertandingan Terakhir Inggris

12/06/22 : Inggris 0-0 Italia (imbang)
15/06/22 : Inggris 0-4 Hungaria (kalah)
24/09/22 : Italia 1-0 Inggris (kalah)
27/09/22 : Inggris 3-3 Jerman (imbang)
21/11/22 : Inggris 6-2 Iran (menang)

5 Pertandingan Terakhir Amerika Serikat

11/06/22 : AS 5-0 Grenada (menang)
15/06/22 : El Salvador 1-1 AS (imbang)
23/09/22 : Jepang 2-0 AS (kalah)
28/09/22 : Arab Saudi 0-0 AS (imbang)
21/11/22 : AS 1-1 Wales (imbang). 

Baca jugaDaftar 7 Pencetak Gol Tercepat di Piala Dunia

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah
SEBELUMNYA

Resep Nasi Ulam yang Gurih dan Pulen

BERIKUTNYA

Ulasan The Fabelmans, Kenangan Emosional & Kecintaan Sinema Steven Spielberg 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: