Contoh masker N95 (dok. Pexels)

Wow, 400 Juta Masker N95 Akan Dibagikan secara Gratis di Amerika

21 January 2022   |   14:10 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Masker N95 atau KN95 dinilai memberi perlindungan tinggi terhadap partikel kecil seperti virus, termasuk Covid-19 varian Omicron. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat pun merekomendasikan masyarakat untuk menggunakan masker jenis ini.

Mengakomodir rekomendasi CDC, Presiden AS Joe Biden berencana untuk membagikan 400 juta masker N95 secara gratis kepada rakyatnya dalam beberapa minggu mendatang. Langkah ini diambil karena AS tengah menghadapi lonjakan kasus akibat varian Omicron.

“Saya tahu bahwa bagi sebagian orang Amerika, masker tidak selalu terjangkau atau mudah didapat," kata Biden dikutip dari CBSnews, Jumat (21/1/2022).

Masker N95 dipastikan akan tersedia untuk umum di ribuan apotek lokal dan pusat kesehatan masyarakat mulai akhir pekan depan. Kebijakan ini seiring dengan program pemerintah untuk mendistribusikan tes Covid-19 di rumah secara gratis kepada orang Amerika yang memintanya di situs web COVIDtests.gov.

(Baca juga: Kenali Jenis Masker yang Tepat untuk Menangkal Omicron)

Sebelumnya, Biden juga membagikan jutaan masker kain yang dapat digunakan kembali ada tahun lalu melalui tempat-tempat seperti pusat kesehatan dan bank makanan.

"Saya tahu kita semua berharap bahwa kita akhirnya bisa selesai dengan memakai masker. Saya mengerti. Itu adalah alat yang sangat penting untuk menghentikan penyebaran, terutama varian Omicron yang sangat mudah menular," tutur Biden. 

Sementara itu, CDC dalam rekomendasinya menyampaikan respirator N95 yang pas dapat menyaring 95 persen partikel di udara, begitu pun masker KN95. 

Namun demikian, diakui para ahli bahwa respirator N95 mungkin tidak nyaman digunakan bagi sebagian orang. Di sisi lain, masih banyak orang AS yang tidak memakai masker.

Hasil survei yang dirilis minggu lalu oleh The COVID States Project menemukan hanya sekitar 56 persen orang Amerika yang mengikuti rekomendasi penggunaan masker, dan hanya 1 dari 5 orang Amerika yang memakai masker jenis N95 atau KN95 berkualitas lebih tinggi. 

Terlepas dari status vaksinasi, CDC mengatakan semua orang Amerika harus mengenakan masker di dalam ruangan atau di luar ruangan yang ramai, terutama di zona merah transmisi tinggi.

"CDC terus merekomendasikan bahwa masker apa pun lebih baik daripada tidak memakai masker. Dan kami mendorong semua orang Amerika untuk memakai masker yang pas untuk melindungi diri mereka sendiri dan mencegah penyebaran COVID-19, dan rekomendasi itu tidak akan berubah," tegas Direktur CDC Dr . Rochelle Walensky.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Gurun Sahara Ditutupi Salju! Ini Penyebabnya

BERIKUTNYA

WWF dan Uncen Luncurkan Buku Panduan untuk Pemandu Ekowisata Burung di Papua

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: