Cristiano Ronaldo sesaat sebelum mencetak gol pertama bagi Portugal (Sumber: FIFA)

Ronaldo Jadi Pemain Kunci saat Portugal Kalahkan Ghana 3-2 di Laga Grup H Piala Dunia 2022

25 November 2022   |   06:34 WIB

Laga seru terjadi kala Portugal menjamu Ghana di Stadion 974, Doha pada Kamis (24/11/2022) malam. Saling balas-membalas gol pun tersaji dalam pertandingan Grup H Piala Dunia 2022 tersebut. Total ada 5 gol yang tercipta, 3 untuk Portugal dan 2 untuk Ghana.

Portugal memulai pertandingan dengan sangat baik. Dalam 10 menit pertama, pasukan asuhan Fernando Santos ini berhasil menghasilkan 2 peluang matang, yaitu melalui Ruben Neves dan Cristiano Ronaldo. Tak berhenti sampai disitu, pasukan Os Navegadores-sebutan untuk timnas Portugal- terus menggempur pertahanan Ghana.

Alhasil menit ke-31 Cristiano Ronaldo berhasil membobol gawang Lawrence Ati-Zigi. Namun sayang, wasit memilih menganulir gol ini karena menganggap CR7 terlebih dahulu melanggar Alexander Djiku. Skor kembali sama kuat 0-0 dan bertahan hingga turun minum. 

Baca jugaSon Heung-min, Batman Asia dari Korea Selatan

Babak kedua dimulai dengan lebih enerjik. Terjadi jual-beli serangan dari keduanya. Portugal jadi tim yang lebih dulu bisa mencetak gol. Kali ini melalui titik putih yang dengan sempurna dieksekusi oleh Cristiano Ronaldo. Gol ini menjadi terasa spesial karena Ronaldo berhasil memecahkan rekor, yaitu satu-satunya pemain sepakbola pria yang berhasil membuat gol di 5 edisi Piala Dunia.

Skor 1-0 tidak membuat Portugal mengendurkan serangan. Keasyikan menyerang nyatanya membuat Ghana yang memanfaatkan kelengahan lini pertahanan Portugal. Pada menit ke-73, Andre Ayew membuat skor pertandingan imbang. Portugal 1, Ghana1. 

Alih-alih menamah gol, Ghana malah kebobolan 2 gol dalam waktu yang berdekatan. Dimulai dari gol Joao Felix menit ke-78, ditambah Rafael Leao di menit ke-80. Dua gol tersebut membuat keduudkan menjadi 3-1. Ketinggalan skor tidak membuat Ghana lesu. 

Pada menit ke-88 Osman Bukari berhasil membobol gawang Diogo Costa. Skor pun berubah menjadi 3-2. Di akhir injury time, Ghana hampir saja menyamakan kedudukan setelah kiper Portugal melakukan blunder, tapi sayang Inaki Williams gagal memanfaatkan peluang tersebut. Laga berakhir dengan kemenangan Portugal 3-2 atas Ghana.

Di akhir laga, Cristiano Ronaldo didapuk menjadi Man of the match pada pertandingan malam itu. Perannya yang besar terhadap permainan timnas Portugal membuautnya layak mendapatkan penghargaan tersebut. Dengan hasil ini, Portugal berhasil memuncaki grup H dengan poin 3, disusul Korea Selatan dan Uruguay dengan poin 1, dan Ghana di dasar klasemen dengan poin 0. 
 

Susunan Pemain

Portugal (4-1-2-1-2): Diogo Costa; Raphael Guerreiro, Danilo Pereira, Ruben Dias, Joao Cancelo; Ruben Neves (Rafael Leao 77’); Otavinho (William Carvalho 56’), Bruno Fernandes; Bernardo Silva (Joao Palhinha 88’); Joao Felix (Joao Mario 88’), Cristiano Ronaldo (Goncalo Ramos 88’). Pelatih: Fernando Santos.

Ghana (5-4-1): Lawrence Ati; Abdul Rahman Baba, Mohammed Salisu, Daniel Amartey, Alexander Djiku (Daniel-Kofi Kyereh 90+3’), Seidu Alidu (Tareek Lamptey 65’); Andre Ayew (Jordan Ayew 77’), Salis Abdul Samed (Antoine Semenyo 90+3’), Thomas Partey, Mohammed Kudus (Osman Bukari77’); Inaki Williams. Pelatih: Otto Addo.

Baca jugaTeknologi Pendingin di Stadion Piala Dunia 2022 Qatar Sangat Canggih. Ini Cara Kerjanya

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Tema Hari Guru Nasional 2022 & 10 Ucapan untuk Merayakannya

BERIKUTNYA

Libur Akhir Tahun, Cek Kiat Aman Berkendara Saat Berwisata Alam

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: