Jude Bellingham saat mencetak gol pertama untuk Inggris. (Sumber gambar: FIFA)

Hujan Gol Warnai Kemenangan Inggris Atas Iran di Laga Grup B Piala Dunia 2022

22 November 2022   |   06:37 WIB

Like
Pertandingan grup B Piala Dunia Qatar 2022 dibuka dengan duel panas antara Inggris melawan Iran. Total 8 gol tercipta pada laga ini. Skor akhir 6-2 menutup pertandingan dengan kemenangan untuk timnas Inggris. Hasil tersebut menjadi langkah awal gemilang Inggris untuk membawa pulang trofi Piala Dunia sejak 1966. 

Laga timnas Inggris vs Iran digelar di Stadion Internasional Khalifa, Doha, Qatar, pada Senin (21/11/2022) malam WIB. Sejak awal pertandingan, Inggris tampil meyakinkan dengan menguasai pertandingan seutuhnya. Pasukan Gareth Southgate tampil mendominasi. 

Pada babak pertama Inggris mendapatkan 71 persen penguasaan bola, sisanya hanya 29 persen dipegang oleh Iran. Selain itu, timnas Inggris mendapat 4 shoot on target dan 1 shoot off target, di mana 3 di antaranya berbuah menjadi gol, sementara timnas Iran taktis hanya berhasil menciptakan 1 peluang shot off target

Baca jugaCek Aturan 'Tidak Biasa' Seputar Piala Dunia 2022 Qatar

Timnas Iran dipaksa melakukan pergantian pemain pada menit ke-20 ,ketika kiper utama mereka Alireza Beiranvand mengalami cedera. Kondisi ini berhasil dimanfaatkan Inggris untuk mencetak gol pertama. Berawal dari umpan silang Luke Shaw, Jude Bellingham berhasil menjebol gawang Iran lewat sundulan pada menit ke-35.

Tidak sampai disitu, serangan sporadis timnas Inggris kembali membuahkan hasil. Kali ini lewat Bukayo Saka yang berhasil mencetak gol indah menit ke-44. Berada di atas angin, Inggris kembali berhasil mencetak gol pada menit ke 46 lewat Raheem Sterling yang mampu mengkonversi umpan Harry Kane. Babak pertama pun selesai dengan skor 3-0 untuk tinnas Inggris.

Pada babak kedua, timnas Iran mencoba untuk keluar menyerang. Namun, Inggris tidak mengendurkan serangan. Alhasil, Bukayo Saka yang sedang on fire kembali mencetak gol pada menit k- 62, setelah berhasil mengacak-acak pertahanan Iran dari sayap kanan. Skor 4-0 untuk timnas Inggris. 

Baca jugaSenegal vs Belanda, Pertemuan Pertama Kedua Tim di Ajang Piala Dunia

Sebenarnya Iran bukan tanpa perlawanan, buktinya mereka dapat memperkecil ketertinggalan menjadi 4-1 pada menit ke-65 lewat gol Mehdi Taremi. Tapi apa mau dikata, serangan tanpa henti timnas Inggris kembali membuahkan hasil menjadi gol untuk memperbesar skor menjadi 5-1 lewat Marcus Rashford, yang kurang dari 1 menit masuk ke lapangan menggantikan Bukayo Saka.

Belum puas dengan raihan 5 gol yang sudah dibuat, Inggris kembali mencetak gol ke 6 lewat kerjasama apik Callum Wilson dan Jack Grealish. Pada periode injury time, Iran mendapatkan gol penghiburan lewat titik putih.

Berkat hasil gemilang ini timnas Inggris berhasil memuncaki klasemen sementara grup B Piala Dunia 2022 dengan raihan 3 poin, sementara Iran harus berada di dasar klasemen dengan poin 0.
 

Pemain & Pelatih Inggris

Pemain: (4-2-3-1): Jordan Pickford; Luke Shaw, John Stones, Harry Maguire (E. Dier, 70’), Kieran Trippier; Declan Rice, Jude Bellingham, Mason Mount (Phil Foden, 71’); Raheem Sterling (J. Grealish, 71’), Bukayo Saka (M. Rashford, 71’), Harry Kane (C. Wilson, 76’). 

Pelatih: Gareth Southgate
 

Pemain & Pelatih Iran

Pemain: (5-4-1): Alireza Beiranvand (S.Hosseini, 20’); Sadegh Moharrami, Morteza Poureliganji, Rouzbeh Cheshmi (H. Kanaanizadegan, 46’), Majid Hosseini, Milad Mohammadi (M Torabi, 63’); Ali Karimi (S. Ezatolahi, 46’), Ahmad Noorollahi (S. Azmoun, 77’), Ehsan Hajisafi; Alireza Jahanbakhsh (A. Gholizadeh, 46’), Mehdi Taremi.

Pelatih: Carlos Queiroz

Baca juga4 Fakta Al Rihla, Bola Resmi Piala Dunia 2022 yang Diproduksi di Indonesia

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah

SEBELUMNYA

Update Gempa Kabupaten Cianjur, BNPB Laporkan Korban Bertambah Jadi 62 Orang

BERIKUTNYA

Hasil Pertandingan Piala Dunia 2022 Hari Kedua, Kemenangan Inggris hingga Belanda

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: