Ilustrasi gol tercepat (sumber gambar: Freepik)

Daftar 7 Pencetak Gol Tercepat di Piala Dunia

23 November 2022   |   14:45 WIB
Image
Chelsea Venda Hypeabis.id

Piala Dunia selalu jadi ajang yang ditunggu oleh seluruh pencinta sepak bola di dunia. Pesta olahraga 4 tahunan ini kerap menyajikan pertandingan-pertandingan yang seru dengan hasil di luar dugaan. Tak jarang, kita melihat tim-tim favorit juara dikalahkan oleh negara yang pada awalnya tidak diunggulkan.

Namun, Piala Dunia bukan hanya soal hasil pertandingan. Pesta sepak bola terbesar di dunia ini juga menyajikan aksi-aksi heroik dari para pemainnya. Rekor-rekor baru pun sering muncul dalam setiap pertandingannya.

Baca juga: Sejarah Kutukan Juara Bertahan Piala Dunia, Prancis Bisa Lolos?

Sejak digelar pertama kali pada 1930, ada banyak rekor yang sudah tercipta di Piala Dunia. Salah satu rekor yang cukup banyak dibicarakan ialah soal gol tercepat.

Sejumlah pertandingan penting di Piala Dunia pernah jadi saksi terciptanya gol-gol cepat dari pemain-pemain top dunia. Dilansir dari berbagai sumber, berikut daftar pemain yang berhasil mencetak gol tercepat di Piala Dunia.


1. Hakan Sukur

Hakan Sukur adalah pemain legendaris Tim Nasional Turki. Dia kini jadi pemegang rekor pencetak gol tercepat sepanjang gelaran Piala Dunia. Rekor yang diciptakannya pada Piala Dunia 2002 itu bahkan belum terpecahkan hingga hari ini.

Gol cepat yang diciptakan Hakan Sukur terjadi pada perebutan tempat ketiga Piala Dunia 2002. Saat itu, Turki berhadapan dengan Korea Selatan. Pada pertandinga tersebut, Hakan Sukur berhasil mencetak gol ke gawang Korea Selatan pada detik ke-11.


2. Vaclav Masek

Vaclav Masek adalah pemain Timnas Ceko. Dia membuat Meksiko terkejut karena gol cepatnya pada Piala Dunia 1962. Vaclav Masek berhasil membobol gawang Meksiko saat laga baru berjalan 16 detik. Meski bisa mencetak gol cepat, dewi fortuna masih berpihak ke Meksiko. Sebab, berhasil comeback dengan mencetak 3 gol setelahnya. Skor pun berakhir dengan 3-1 untuk kemenangan Meksiko.


3. Ernst Lehner

Pemasin asal Jerman, Ernst Lehner, pernah memegang regor gol tercepat di Piala Dunia. Pada piala Dunia 1934, Lehner berhasil mencetak gol ke gawang Austria pada saat laga baru berjalan 24 detik. Meski ada gol cepat, mental pemain Austria tetap terjaga. Permainan setelahnya masih berjalan dengan ketat. Skor akhir pada pertandingan tersebut ialah 3-2 untuk kemenangan Jerman.


4. Bryan Robson

Bryan Robson adalah pemain Timnas Inggris yang pernah memegang rekor gol tercepat di Piala Dunia. Rekor itu tercipta pada laga yang mempertemukan Timnas Inggris dengan Timnas Prancis pada Piala Dunia 1982.

Saat laga baru berjalan 27 detik, Bryan membuat kejutan dengan melesatkan gol ke gawang Prancis. Gol cepat itu membuat para pemain Prancis terdiam. Laga tersebut akhirnya dimenangkan Inggris dengan skor 3-1.


5. Clint Dempsey

Clint Dempsey merupakan pemain Timnas Amerika Serikat. Gol cepat yang diciptakannya terjadi pada Piala Dunia 2014. Saat itu Amerika Serikat berhadapan dengan Ghana. Clint berhasil mencetak gol pada detik ke-30 setelah wasit meniup peluit tanda dimulainya pertandingan.


6. Emile Veinante

Emile Veinante tampil memukau bersama Timnas Prancis pada Piala Dunia 1938. Dia juga berhasil mencetak gol pada detik ke-35 pasca pertandingan dimulai. Gol tersebut terjadi pada laga Timnas Prancis vs Belgia.


7. Arne Nyberg

Arne Nyberg adalah pemain dari Swedia. Arne mencetak gol pada detik ke-35 saat melawan Hungaria pada Piala 1938. Hal itu membuat gelaran Piala Dunia 1938 memiliki 2 rekor gol tercepat. Arne dan Emile sama-sama mencetak gol cepat pada detik ke-35 saat Piala Dunia 1938.

Baca juga: Putus Kontrak, Yuk Intip Prestasi Cristiano Ronaldo dengan Manchester United

Editor: Dika Irawan
SEBELUMNYA

8 Kode Rahasia Pramugari dan Pilot di Pesawat, Ada yang Bikin Senyum

BERIKUTNYA

Banyak yang Enggak Sadar, Yuk Intip 4 Perbedaan Instrumen Viola & Violin

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: