Makanan kaya antioksidan. (Sumber gambar: Pexels/Rauf Allahverdiyev)

5 Makanan Kaya Antioksidan untuk Lindungi Tubuh dari Paparan Polusi

01 November 2022   |   15:47 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Like
Biaya hidup yang lebih tinggi bukan satu-satunya tantangan yang dihadapi warga Jakarta. Ibu kota Indonesia ini juga dinobatkan sebagai kota paling berpolusi nomor enam di dunia menurut State of Global Air Report 2022.

Polusi udara dapat berdampak serius pada kesehatan kita, mempengaruhi masalah pernapasan termasuk asma, penyakit bronkial, masalah kulit, masalah kesehatan mental, kanker dan penyakit jantung. Faktanya, tujuh juta orang meninggal setiap tahun akibat polusi udara.

Menurut ahli gizi Puteri Aisyaffa, sering kali kita terpapar polusi tapi tidak menyadarinya. Padahal, polusi yang masuk ke tubuh kita akan melepaskan radikal bebas yang berdampak buruk terhadap kesehatan dan kecantikan. 

Baca juga: 3 Minuman Ini Bantu Tangkal Efek Polusi Udara

Dia menuturkan ketika masuk ke tubuh, polutan bisa menimbulkan berbagai dampak. Seandainya seseorang sudah punya gangguan asma, asma tersebut bisa sering kambuh. Atau, bahkan sampai mengalami ISPA (infeksi saluran pernapasan akut). 

"Kini makin marak pula penelitian yang mengungkap bahwa polusi yang masuk ke tubuh juga menyebabkan masalah bagi orang yang pencernaannya sensitif. Misalnya, ketika setiap hari terpapar polusi, gangguan asam lambungnya jadi semakin parah," ujarnya melalui siaran pers yang diterima Hypeabis.id.

Kabar baiknya, penelitian telah menunjukkan hubungan antara apa yang kita makan dan tingkat ketahanan tubuh terhadap polusi udara, sehingga kita dapat membuat perubahan sederhana pada pola makan untuk melindungi diri dari kerusakan.

Kuncinya adalah antioksidan, yang melindungi dari radikal bebas atau partikel udara beracun yang masuk ke tubuh kita. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat menyebabkan peradangan, menyebabkan masalah mulai dari penyakit hingga penuaan dini.

Antioksidan menetralisir radikal bebas ini untuk mencegahnya merusak tubuh, jadi dengan memastikan diet Genhype kaya akan antioksidan, agar tubuh dapat melindungi diri dari polusi udara.

Baca juga: Suka Rutin Bepergian? Hati-hati dengan Risiko Paparan Polusi Udara Ini


Manfaat antioksidan untuk kulit antara lain:

  1. Melawan tanda-tanda penuaan: Antioksidan melawan tanda-tanda penuaan seperti kerutan, garis-garis halus dan kulit kendur untuk memberi Anda cahaya muda.
  2. Mengurangi jerawat: Antioksidan mengurangi stres oksidatif, yang merupakan penyebab utama jerawat dan berjerawat.
  3. Membuat kulit bercahaya: Kulit kusam dan pigmentasi yang disebabkan oleh paparan sinar matahari juga dapat dikurangi dengan diet kaya antioksidan.
  4. Mencegah kulit terbakar: Dengan memperkuat penghalang pelindung kulit, mencegah peradangan dan kulit terbakar.

Banyak orang mengonsumsi suplemen untuk mendapatkan dosis antioksidan harian mereka. Tetapi kalian dapat memenuhi kebutuhan antioksidan secara alami melalui diet sehat yang dapat mencegah banyak masalah, tidak hanya pada kulit tapi juga organ tubuh lainnya.

Berikut ini lima jenis makanan kaya antioksidan yang wajib kalian konsumsi plus cara mengolahnya agar tidak membosankan ala Christina Amelia Chuatan, alumni Masterchef Indonesia musim 6.
1
2


SEBELUMNYA

Lulusan Teknik Sipil Ini Berhasil Olah Daun Kelor Jadi Produk Olahan Bernilai Tambah

BERIKUTNYA

Jelang Harbolnas, Lakukan 3 Cara Ini Agar Jualan Kalian Laris Manis

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: