Kota Jakarta (dok. Pexels)

3 Minuman Ini Bantu Tangkal Efek Polusi Udara

09 November 2021   |   09:09 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Polusi udara menjadi salah satu penyebab beragam penyakit seperti infeksi saluran pernapasan, asma, pneumonia, hingga serangan jantung. Risiko inilah yang harus dihadapi warga di sejumlah kota di Indonesia, salah satunya tentu di DKI Jakarta yang memiliki risiko polusi udara tinggi. 

Jakarta selalu berada pada tingkat polusi udara sedang hingga tinggi. Hal ini tidak lepas dari aktivitas masyarakat dan kendaraan yang cukup padat.  

Nah sebagai upaya mencegah risiko penyakit akibat polusi udara, beriut tiga rekomendasi minuman sederhana yang disarankan oleh ahli gizi Kavita Devgan.
 

1. Smoothie pisang.

Untuk membuat smoothie ini, siapkan buah pisang, jahe, dan air kelapa. Cukup campurkan semuanya ke dalam blender dan sajikan ke dalam gelas.

Polusi udara menyebabkan kadar potasium di dalam tubuh kita rendah. Mineral ini sangat penting untuk keseimbangan cairan dalam tubuh. Potasium juga berperan dalam memecah dan memanfaatkan karbohidrat, membangun protein, membentuk otot, menjaga pertumbuhan tubuh yang normal, dan mengontrol keseimbangan asam-basa tubuh maupun aktivitas listrik di saraf dan jantung. 

Pisang dan air kelapa kaya akan potasium. Sementara jahe membantu menghilangkan polutan udara dari saluran pernapasan sebelum mereka sempat mengiritasi paru-paru.
 

2. Jus apel dengan malaka.

Minuman ini membantu meningkatkan kapasitas paru-paru dan mengurangi mengi karena quercetin dan khellin (flavonoid) yang ada di dalamnya. Ini membantu membuka saluran pernapasan yang tersumbat dan amla membantu mengantarkan vitamin yang membantu menahan kerusakan jaringan paru-paru yang disebabkan oleh polutan.
 

3. Jus nanas dengan mint.

Nanas memiliki enzim bromelain yang membantu membersihkan puing-puing beracun yang menumpuk di paru-paru dan dengan demikian membantu detoksifikasi paru-paru secara alami. Sementara mint memberikan antihistamin yang bekerja sebagai penangkal gejala seperti hidung tersumbat, pembentukan lendir, dan bersin.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Xpander Anyar Meluncur, Apa Saja Perbedaannya?

BERIKUTNYA

BTS Bawakan Butter Remix bareng Megan Thee Stallion di American Music Awards 2021

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: