da banyak tradisi yang bisa dilakukan untuk memeriahkan perayaan Halloween di berbagai dunia dengan keunikannya masing-masing (sumber gambar Unsplash/ Freestocks)

5 Tradisi Unik Perayaan Halloween di Dunia, dari Trick or Treat hingga Samhain

31 October 2022   |   15:48 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Halloween kini telah menjadi tradisi global. Meski awalnya hanya dilakukan di Eropa, tapi lambat laun dengan dorongan pengaruh budaya populer, tradisi Halloween juga berkembang jadi festival tahunan di berbagai negara di dunia. Perayaan ini biasanya dimulai pada 28 hingga 31 Oktober untuk mengakhiri musim panas di Eropa.

Pada awalnya, Halloween merupakan tradisi Bangsa Celtic di mana suku kuno Kelt melakukan perayaan bernama Samhain. Ritual tersebut merupakan bentuk perayaan tahun baru dengan menyalakan api unggun dan mengenakan kostum seram untuk mengusir hantu.

Baca juga: 5 Rekomendasi Tontonan untuk Merayakan Halloween

Ada banyak tradisi yang bisa dilakukan untuk memeriahkan perayaan Halloween, di antaranya orang-orang yang memakai kostum unik, berdandan seram, dan mendekorasi rumah dengan pernak-pernik mistis.

Nah biar enggak penasaran, yuk intip berbagai perayaan Halloween di berbagai negara di dunia dengan keunikannya masing-masing yang dirangkum Hypeabis.id berikut ini.
 

1. Trick or Treat, Amerika Serikat

Tradisi Halloween satu ini mungkin sudah banyak tahu, yakni Trick or Treat. Sudah berlangsung sejak awal abad ke-17 perayaan ini biasanya dilakukan pada malam 31 Oktober dengan berkeliling dari rumah ke rumah dengan kostim menyeramkan.

 

Ilustrasi gambar sumber (Unsplash/Nick Fewings)

Ilustrasi gambar sumber (Unsplash/Nick Fewings)




Para pemuda, anak-anak hingga orang tua akan berkunjung ke rumah tetangga mereka dengan kostum unik dan seram semnbari meminta makanan atau uang. Tak hanya itu, biasanya mereka juga membawa tas ataupun keranjang berbentuk labu untuk melakukan trick or treat.


2. Festival Teng Chieh, China.

Di negeri Tirai Bambu, perayaan Halloween diperingati dengan festival Teng Chieh atau dikenal dengan nama Festival Hantu Lapar. Tradisi ini merupakan bagian dari ajaran Taois yang bertujuan untuk membimbing roh-roh kembali ke rumah dan memulangkannya lagi ke langit.
 

Iustrasi gambar sumber (Unsplash/Denny Ryanto)

Iustrasi gambar sumber (Unsplash/Denny Ryanto)


Pada saat tradisi ini berlangsung, masyarakat China akan datang ke makam keluarga mereka untuk meletakkan dupa, makanan, dan air  di depan foto anggota keluarga yang telah meninggal. Hal ini bertujuan juga untuk meminta berkah dari leluhur mereka yang telah meninggal.


3. Samhain, Irlandia.

Salah satu tradisi Halloween paling unik di dunia dilakukan oleh masyarakat Irlandia lewat perayaan Samhain. Perayaan ini biasanya dilakukan dengan berkumpul bersama keluarga untuk menyalakan api unggun dan makan bersama dengan berbagai hidangan menarik.
 

Ilustrasi sumber gambar (unsplash/ Elena Mozhvilo)

Ilustrasi sumber gambar (unsplash/ Elena Mozhvilo)


Salah satu hidangan yang disajikan dalam perayaan ini bernama Barmbrack, kue khas Irlandia yang diisi dengan kismis dan manisan jeruk. Festival Samhain sendiri biasanya diadakan untuk mengakhiri musim panas di sana.


4. Yue Lan, Hong Kong.

Negara dengan jukukan Kota Seribu Kelenteng ini juga memiliki tradisi unik menyambut Halloween yang disebut dengan Yue Lan. Tradisi ini diselenggarakan pada hari ke 15 pada bulan ke 7 kalender China, dan sudah dilakukan secara turun temurun.

Pada tanggal tersebut masyarakat di sana percaya bahwa pintu dunia arwah terbuka bagi para hantu. Mereka kemudian akan turun ke bumi untuk menjenguk keturunannya yang masih hidup dan memberi keberkahan pada mereka.

Baca juga: 5 Ide Kostum Halloween Sambut Spooky Season, Mulai dari Valak hingga Scarlet Witch


Ritual ini biasanya dilakukan dengan memberikan sesaji berupa buah-buahan dan membakar uang kertas sebagai sesaji pada leluhur yang telah meninggal. Tak hanya itu, di Hong Kong saat ini perayaan Halloween juga dilakukan di Disneyland.


5. Día de Los Muertos, Meksiko.

Di Meksiko perayaan Halloween dikenal juga dengan nama Día de Los Muertos, atau Hari Orang Mati. Tradisi ini dilakukan untuk merayakan kehidupan, kebahagiaan, dengan berbagai kegiatan seru seperti menyanyi, berparade, dan menari.
 

Ilustrasi sumber gambar (Unsplash/ Mario mendez)

Ilustrasi sumber gambar (Unsplash/ Mario mendez)


Perayaan Día de Los Muertos berlangsung pada 1 dan 2 November tiap tahunnya.  Masyarakat Meksiko akan mengenakan pakaian dan riasan unik dan mengecat wajah mereka dengan riasan seram. Bagi yang pernah nonton film animasi Coco, mungkin akrab dengan festival ini.

Baca juga: Jadi Favorit Si Kecil, Intip Resep Cake Pops Halloween

Saat perayaan ini berlangsung, mereka akan membangun altar. Di sana lalu akan diletakkan permen, botol tequilla, dan foto-foto kenangan terhadap leluhur. Sesaji tersebut dipercaya dapat menarik arwah ke altar untuk dipertemukan kembali dengan keluarga yang masih hidup.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

3 Resep Wedang Jahe yang Praktis Dibuat, Sehat & Menghangatkan Tubuh

BERIKUTNYA

Tundra Esports Juarai TI11, Simak Daftar Pemenang The International Dota 2 dari Masa ke Masa

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: