Tarian tradisional khas Kalimantan. (Sumber gambar: Unsplash/Ainun Jamila)

7 Destinasi Wisata Wajib di Kota Khatulistiwa

23 October 2022   |   08:47 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Like
Wisata di Indonesia tidak ada habisnya untuk kamu eksplor. Selalu ada tempat yang bisa memuaskan hasrat kamu untuk berlibur, tidak terkecuali di Kota Khatulistiwa, Pontianak, Kalimantan Barat. Di tanah Borneo ini, kamu bisa menjumpai bangunan bersejarah, nongkrong di tengah kota, hingga menyusuri pantai dengan pasir putihnya. 

Pontianak merupakan salah satu kota terbesar di Kalimantan dengan luas mencapai 107,82 km2. Seperti julukannya, ibu kota Kalimantan Barat ini menjadi salah satu wilayah yang dilalui garis khatulistiwa. 

Nah, buat kamu yang ingin berkunjung ke Pontianak, catat dulu yuk list tempat wisata yang bisa jadi pilihan kamu berlibur berikut ini.

Baca juga6 Makanan Populer Khas Pontianak, dari Bubur Pedas hingga Kue Bingke


1. Tugu Khatulistiwa

Sepertinya ini menjadi pilihan yang wajib masuk dalam daftar tujuan tempat wisata saat kamu ke Pontianak. Tugu Khatulistiwa berada di sekitar lima kilometer sebelah utara dari pusat Kota Pontianak.

Penanda garis 00 equator yang membagi bumi menjadi dua bagian ini memiliki kejadian alam yang unik dimana posisi titik perpotongan antara pusat matahari dengan garis khatulistiwa disebut kulminasi. Mengutip Bappeda Kota Pontianak, fenomena tersebut terjadi setiap 21-23 Maret dan September menjelang tengah hari. Puncak peristiwa kulminasi matahari ini dapat disaksikan hanya sekitar 5-10 menit. 

Oleh karena itu, buat kamu yang ingin menyaksikan fenomena alam unik ini, sebaiknya datang pada bulan-bulan tersebut. Biasanya seraya menunggu peristiwa kulminasi, di kawasan tugu akan diadakan serangkaian acara kesenian tradisional.


2. Taman Alun Kapuas

Taman rekreasi ini terletak di jalan Rahadi Usman, tepatnya di depan kantor Walikota Pontianak. Taman ini diberi nama Taman Alun Kapuas karena menawarkan pemandangan unik yakni tepian sungai Kapuas dengan dilengkapi taman serta air mancur menari yang tertata dengan baik. 

Dengan luas sekitar 3 hektare, kamu bisa bersantai, duduk di bangku taman, dan menikmati kuliner yang ada di sekitar taman ini. Tugu ikonik yaitu Tugu Khatulistiwa, berada di area taman ini. 


3. Sungai Kapuas

Lokasi selanjutnya yang tidak boleh absen yakni sungai Kapuas. Sungai terpanjang di Indonesia ini membelah Kota Pontianak menjadi 3 daratan. Letaknya yang membelah tepat di tengah kota dan terhubung ke beberapa titik obyek wisata di sepanjang tepian sungai.

Memiliki panjang 1.143 kilometer, dengan hulu di Pegunungan Miller dan hilir di Selat Karimata, Sungai Kapuas sejak dahulu kala sudah menjadi urat nadi kehidupan masyarakat di wilayah tersebut. Tak hanya berperan dalam aspek ekonomi, sungai ini juga berperan dalam membentuk budaya dan adat kebiasaan masyarakat Pontianak. 
1
2


SEBELUMNYA

Suka Bikin Kesal, Ini Penyebab dan 3 Cara Mengatasi Jerawat di Leher

BERIKUTNYA

Bakal Ramai, Film Sri Asih Menyajikan 26 Scoring Musik

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: