Bubur Pedas Khas Pontianak (Sumber gambar: Lampos Aritonang/Unsplash.com)

6 Makanan Populer Khas Pontianak, dari Bubur Pedas hingga Kue Bingke

24 August 2022   |   14:39 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Makanan khas merupakan salah satu hal yang wajib dijajal saat berwisata ke daerah. Tak hanya berfokus pada keindahan dan pemandangan alam, berburu makanan unik yang hanya ada di daerah tertentu akan membuat kesan perjalanan wisata semakin menarik.

Sebagai Ibu Kota Kalimantan Barat, Pontianak memiliki banyak makanan khas yang popular dan dicari oleh masyarakat Indonesia. Karena keunikan rasa dan bahan-bahan yang digunakan untuk membuat makanannya, kuliner Pontianak cukup dicintai tak hanya oleh masyarakat lokalnya saja, melainkan oleh warga diluar Pontianak.

Baca juga: Ayam Betutu hingga Nasi Tepeng, Cicipi 10 Makanan khas Bali yang Lezat Ini

Apa saja makanan popular khas Pontianak yang bisa dicicipi saat berkunjung? Yuk simak!


1. Bubur Pedas

Kerap dijadikan kudapan saat sarapan, bubur pedas merupakan makanan yang cukup popular dan digemari warga Pontianak. Berbeda dengan bubur di berbagai daerah lainnya, bubur pedas menonjolkan cita rasa rempah dipadu dengan sayur yang teraduk didalamnya.

Selain menawarkan rasa pedas, bubur ini juga semakin gurih dengan taburan teri goreng diatasnya.


2. Choipan

 

Masih identik dengan makanan berbahan sayur, Choipan merupakan makanan gurih yang berbentuk kue lengkap dengan sayuran. Tampak mirip dengan pangsit, Choipan memiliki isi yang berbeda dengan serutan bengkoang dan ebi udang.

Beberapa warga lokal juga mengisi kulit Choipan dengan serutan papaya muda. Choipan dibuat dengan cara dikukus dan disajikan dengan sambal bawang.


3. Bakwan Pontianak

Berbeda dengan bakwan lainnya, bakwan Pontianak memiliki bentuk mangkok kecil yang rapi pada tiap sisinya. Selain itu, bakwan Pontianak dibuat dengan campuran udang kecil yang renyah. Namun seperti bakwan pada umumnya, makanan ini menggunakan tepung yang dicampur dengan sayur kucai lalu digoreng dalam minyak panas.


4. Jorong-Jorong

Kue jorong-jorong merupakan salah satu makanan yang dicari saat bulan Ramadhan tiba. Rasa kue yang manis namun tetap gurih membuat makanan ini cocok sebagai kudapan buka puasa. Dibuat dari tepung beras dan santan, kue ini dibuat dengan cara dikukus setelah diwadahi oleh daun pisang.
Kue ini berasal dari tepi sungai Pontianak yang popular yakni Ketapang.


5. Pengkang

Serupa tapi tak sama dengan jorong-jorong, kue pengkang dibuat dengan bahan dasar beras bercampur ebi yang dicetak dalam daun pisang. Berbeda dengan jorong-jorong yang dikukus, kue pengkang dibuat dengan cara dibakar. Aroma bakaran pengkang menambah cita rasa saat kue ini dimakan.


6. Kue Bingke

Bingke menjadi makanan khas yang cukup sering dijadikan oleh-oleh setelah berkunjung ke Pontianak. Campuran terigu, santan, dan telur dengan topping pelengkap seperti cokelat, susu, kacang, dan lainnya. Kue bingke memiliki cita rasa manis yang khas.

Genhype, itulah beberapa jenis makanan khas Pontianak yang populer. Tertarik mencicipi?

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor : Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Memahami Risiko & Pengobatan Radang Sendi, Pola Olahraga yang Keliru Jadi Salah Satu Pemicunya

BERIKUTNYA

Kesal Jerawat Timbul di Wajah, Begini Cara Mengobatinya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: