Beragam tempat dapat didatangi oleh para pelancong di Busan (Sumber gambar ilustrasi: pexels/Markus Winkler)

Berminat Liburan ke Busan? Ini Cara Seru Bertualang di Kota Kelahiran Jimin & Jungkook BTS

19 October 2022   |   11:31 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Busan adalah salah satu daerah di Korea Selatan yang memiliki beragam kegiatan dan destinasi wisata seru untuk dinikmati, dan dapat menjadi tujuan wisata kalian jika ingin berlibur ke negara asal grup musik BTS itu.

Dilansir dari laman Korea Tourism Organization (KTO), kota yang terletai di ujung tenggara semenanjung Korea Selatan ini memiliki pegunungan, sungai, laut, dan sumber air panas yang dapat menjadi tujuan wisata bagi para pelancong.

Selain alam, di tempat ini juga para pelancong dapat menikmati seni dan budaya. Kota ini bahkan mendapatkan sebutan kota festival, seni, dan film mengingat berbagai acara terselenggara di kota dengan luas 770,07 kilometer persegi.

Nah, bagi kalian yang ingin menghabiskan waktu liburan di tempat ini, pertama-tama yang harus kalian lakukan adalah dengan mengurus visa terlebih dahulu. Untuk menuju Korea Selatan, terdapat berbagai macam jenis visa dengan total biaya beragam.

Baca juga: 5 Keunikan Kota Busan yang Bertabur Warna Ungu Menjelang Konser BTS

Dilansir dari visaforkorea-in.com, jenis visa yang pertama adalah single visa dengan total biaya Rp840.000. Visa ini memiliki masa tinggal kurang dari 90 hari dan biasanya untuk wisata, bisnis/meeting, menghadiri acara, seminar/workshop, menghadiri pernikahan, dan mengunjungi kerabat.

Kedua adalah single visa dengan masa tinggal lebih dari 91 hari. Visa dengan total biaya Rp1.140.000 ini dapat digunakan oleh pekerja, belajar di luar negeri, mendampingi kerabat, dan sebagainya. Ketiga adalah double visa dengan total biaya Rp1.290.000 untuk dua kunjungan dalam 6 bulan dengan masa tinggal kurang dari 90 hari.

Keempat adalah multiple visa yang memiliki total biaya Rp1.590.000. Kalian yang memiliki visa ini dapat bebas melakukan kunjungan ke Korea Selatan selama 5 tahun dengan masa tinggal 30 hari dan 10 tahun bebas kunjungan ke Korea Selatan dengan masa tinggal 90 hari.

Jenis yang terakhir adalah Grup Visa dengan total biaya Rp372.000. keterangan dari grup visa ini adalah untuk grup wisatawan minimal 5 orang dan maksimal 50 orang dengan jadwal keberangkatan dan kepulangan yang sama. Pendaftaran grup visa hanya dapat diajukan oleh travel agen yang terdaftar di Kedutaan Republik Korea di Indonesia.

Dilansir dari berbagai sumber, setelah membeli tiket pesawat, mengurus visa, dan persiapan lainnya, kalian yang ingin ke Busan dapat menggunakan pesawat rute dari Jakarta langsung ke Busan. Kalian dapat membeli melalui sejumlah platform digital penyedia tiket pesawat.

Tarif tiket pesawat dari Jakarta menuju Busan bervariasi, tergantung maskapai yang kalian gunakan. Sementara lama perjalanan dari Jakarta menuju Busan adalah sekitar 10 jam.

Sesampainya di Busan, kalian yang melakukan perjalanan grup dengan penyelenggara mungkin tinggal mengikuti jadwal acara yang telah disusun, termasuk transportasi, tempat tinggal, kuliner, dan destinasi wisata.

Sementara bagi kalian yang melakukan solo traveling, duo traveling, atau tidak dalam grup dengan penyelenggara, langkah pertama yang harus kalian lakukan ketika sampai di Busan adalah mencari tempat menginap.
 
1
2


SEBELUMNYA

Heboh Parasetamol, Kemenkes Minta Apotek Setop Jual Obat Sirup

BERIKUTNYA

ARMY Jangan Sedih Dulu, Ada Member BTS yang Masih Aktif Sampai 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: