Ilustrasi makanan tradisional Indonesia. (Sumber gambar: Unsplash)

8 Makanan Unik di Indonesia, Kalian Berani Coba?

10 October 2022   |   22:29 WIB

Like

5. Botok Tawon

Serangga merupakan bahan pangan hewani yang jarang dimasak, salah satunya adalah botok tawon yang berasal dari kawasan Jawa Tengah dan Jawa Timur. Berbeda dengan olahan serangga yang memakai bahan baku serangga itu sendiri, makanan ini justru menggunakan sarang tawon atau lebah sebagai bahan utama.

Makanan ini diolah bersama dengan daging kelapa muda dan petai cina serta dimasak dengan cara dikukus. Biasanya, makanan ini disajikan bersama dengan nasi putih dan memiliki rasa manis dan gurih karena kombinasi madu dan bumbu pepes.
 

6. Paniki

Kelelawar dianggap sebagai bahan makanan eksotis yang banyak ditemukan di benua Asia, termasuk Indonesia. Makanan Indonesia dengan bahan ini adalah paniki, olahan kuah dan rica yang menggunakan daging kelelawar pemakan buah dengan badan yang lebih besar dari kelelawar pada umumnya.

Makanan yang ditemukan di Sulawesi Utara ini biasanya menggunakan metode bakaran pada kelelawar untuk menghilangkan bulu halus, lalu dimasak dengan bumbu santan. Hasilnya, makanan ini hadir dalam rupa sup santan, olahan rica, hingga bentuk sate.
 

7. Ulat Sagu

Kawasan Maluku dan Papua memiliki makanan eksotisnya, yaitu ulat sagu yang dikenal sebagai salah satu makanan khas sejak zaman prasejarah di Papua. Makanan ini memiliki ragam pengolahan, dari sate, keripik, sampai campuran nasi goreng. 

Pengolahan alternatif lainnya adalah campuran pada telur, lemper, dan camilan lainnya untuk anak-anak serta olahan dengan bumbu santan, pepes, dan sambal rica untuk kawasan Maluku.

Baca juga5 Menu Unik Khas Jakarta, Cobain Resepnya Yuk!
 

8. Tikus Panggang

Masih dari kawasan Sulawesi Utara, hidangan eksotis yang juga hadir di provinsi ini adalah tikus panggang yang disajikan seperti sate. Makanan ini bisa ditemukan di pasar tradisional yang menjual olahan daging ekstrem seperti anjung sampai ular piton dan kus-kus.

Di Tomohon, makanan ini diklaim memiliki cita rasa seperti ayam dan menggunakan tikus hutan ekor putih sebagai bahan utama. Pengolahannya tergolong simpel, yaitu dibuat sate dan dibakar dengan baluran mentega sampai matang.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla
1
2


SEBELUMNYA

Bahaya! Ada Bakteri Super Penyerang Paru-paru di India yang Kebal Antibiotik

BERIKUTNYA

3 Seniman Populer Ini Sukses Mengubah Mental Illness Jadi Energi Berkarya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: