Perlu keterlibatan semua pihak dalam memajukan sastra daerah (Sumber gambar: Stas Knop dari Pexels)

Ingin Sastra Jawa dan Daerah Lainnya Maju, Ini Kiat dari Praktisi

18 June 2021   |   19:08 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Indonesia adalah negara yang kaya akan seni dan budaya - termasuk di dalamnya sastra. Tiap daerah memiliki seni sastra yang sangat bernilai, dan perlu upaya agar "harta karun" ini tidak hilang begitu saja. 

Praktisi sastra Jawa Yusuf Susilo Hartono menilai pemerintah, dari pusat sampai daerah, harus hadir supaya sastra Jawa dan daerah lainnya dapat maju. Menurutnya, pemerintah pusat dan daerah harus hadir sebagai fasilitator seperti penyediaan infrastruktur dan program guna memajukan sastra Jawa dan daerah lainnya yang ada di Indonesia. 

Dia mengungkapkan, dalam perang kebudayaan semesta, tantangan dunia sastra saat ini yang harus dijawab antara lain gagrak (model) kontemporer menggantikan gagrak (model) anyar yang sudah amoh (rusak/tak bisa dipakai).

Kemudian era hibrida dimana daring dan luring bertemu sehingga perlu penataan ekosistem baru, suprastruktur, infrastruktur, berbasis sumber daya manusia, inovasi tradisi, ilmu pengetahuan dan teknologi, dan kecerdasan buatan. 

Penataan ekosistem bahasa dan sastra Jawa dimulai konsolidasi pendataan dan pemberdayaan sastrawan, komunitas, pengajar/ dosen & mahasiswa sastra jawa dan alumni, pengamat, dan sebagainya. 

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Wow Ada Program Es Krim Gratis Setelah Vaksinasi, di Mana Saja? Cek Yuk

BERIKUTNYA

Intip 6 Inspirasi Outfit Bintang Doom At Your Service. Super Cantik!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: