Ilustrasi makanan tradisional Indonesia. (Sumber gambar: Unsplash)

8 Makanan Unik di Indonesia, Kalian Berani Coba?

10 October 2022   |   22:29 WIB

Like
Indonesia dikenal sebagai salah satu negara di dunia yang memiliki kekayaan kuliner atau makanan khas yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Sebuah riset pada 2019 menunjukkan bahwa Indonesia memiliki lebih dari 3.200 resep tradisional yang terdiri dari makanan utama, hidangan pendamping, camilan, hingga makanan pelengkap dan minuman.

Meski Indonesia dikenal dengan ragam makanan berbasis sayuran, buah, daging ayam dan sapi, ikan, hingga rempah-rempahnya, ternyata Indonesia memiliki sejumlah makanan unik atau eksotis yang tak kalah populer meski penikmatnya tidak banyak.

Mulai dari makanan berbahan dasar serangga sampai minuman dengan teknik racikan khusus, berikut ini beberapa makanan dan minuman unik di Indonesia.

Baca jugaWajib Coba Nih, Lima Rekomendasi Kuliner Unik yang Jarang Dilirik
 

1. Tempoyak

Meski durian merupakan salah satu buah asal Indonesia yang eksotis, ternyata ada olahan durian tradisional yang bisa ditemui di beberapa daerah di Sumatera. Namanya tempoyak, yaitu olahan fermentasi durian yang bisa ditemukan di kawasan Bengkulu, Palembang, Lampung, Jambi, dan Kalimantan Barat.

Makanan bertekstur lembek ini identik dengan proses fermentasi dengan garam selama 3-5 hari dan kemudian bisa diolah menjadi sambal. Nantinya, makanan ini bisa dikonsumsi bersamaan dengan ayam atau udang, pepes, atau pindang. 
 

2. Gulai Siput

Siput merupakan hewan eksotis yang digunakan sebagai bahan makanan berbentuk kuah ini. Ditemukan di kawasan Kepulauan Riau, makanan ini memiliki ciri khas pada kuah gulai yang digunakan sebagai bahan memasak siput dan bahannya yang bisa ditemukan di lahan padi.
 

3. Ampiang Dadiah

Meski olahan ketan merupakan hidangan umum yang ditemukan di beberapa daerah di Indonesia, Ampiang Dadiah memiliki keunikan pada bahan campuran yang disajikan bersama beras ketan tumbuk atau ampiang. Jika biasanya ketan disajikan hanya dengan santan dan gula merah, maka ampiang ini disajikan dengan tambahan dadih atau susu kerbau yang difermentasi.

Makanan ini bisa ditemukan di Sumatera Barat dengan ciri khas pada penyimpanan dadih dalam potongan bambu selama beberapa malam. Tak hanya itu, makanan ini juga biasanya disajikan bersama dengan santan, gula merah, dan es serut sehingga rasanya segar dan manis.
 

4. Nasi Kucing

Nasi bungkus adalah makanan dengan metode pembungkusan dengan daun pisang atau daun lebar lainnya dan salah satu nasi bungkus unik yang kini sudah populer adalah nasi kucing. Keunikan nasi ini ada pada porsi sajiannya yang sedikit, serupa dengan makanan untuk seekor kucing.

Namun, nasi ini biasanya memiliki lauk yang umum dikonsumsi masyarakat di Yogyakarta, Solo, dan Semarang seperti tempe orek, sate-satean, hingga ikan teri. Makanan ini juga identik dengan harganya yang terjangkau dan variasi lauk yang bermacam-macam.
1
2


SEBELUMNYA

Bahaya! Ada Bakteri Super Penyerang Paru-paru di India yang Kebal Antibiotik

BERIKUTNYA

3 Seniman Populer Ini Sukses Mengubah Mental Illness Jadi Energi Berkarya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: