Ilustrasi kuliner kantin mal, (sumber gambar: Freepik)

Hypereport: Pintar Memilih Tempat Makan Murah di Kawasan Mewah

26 September 2022   |   18:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Gaya hidup sehari-hari seperti jalan, jajan, nongkrong, dan ngopi yang terkesan biasa sebenarnya cukup menguras kantong buat kalangan pekerja. Pasalnya, mengatur gaji dengan godaan untuk hangout tentu tidak mudah. Apalagi jika harus dilakukan setiap saat dengan kondisi penghasilan yang pas-pasan. 

Jika kalian mau sedikit berhemat, ada banyak pilihan tempat makan dan ngopi yang harganya wajar dan dapat dijadikan andalan untuk menyambung hidup, tetapi aktivitas jalan, jajan, dan nongkrong tetap berjalan.

Cara paling hemat sih memang dengan menahan diri. Tujuannya, tentu saja agar gaji sebulan bisa aman, dan syukur-syukur dapat disisihkan untuk ditabung atau investasi.

Baca juga6 Negara dengan Street Food yang Enak & Murah, Kalian Suka yang Mana?

Namun sebagai alternatifnya, Hypeabis.id membuat laporan khusus dengan mengeksplorasi di sekitar pusat perkantoran dan pusat perbelanjaan atau mal mewah, ternyata cukup banyak pilihan tempat makan yang ramah di kantong. Apalagi saat ini berbagai harga kebutuhan pokok mengalami kenaikan setelah pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak.
 
Kantin yang ada di mal kerap menjadi pilihan bagi karyawan mal atau pegawai tenant yang ingin mengisi perut ketika lapar. Meskipun begitu, kantin ini sebenarnya bisa menjadi tempat bagi siapa saja, termasuk kalian yang tengah berkunjung ke mal.
 
Di tempat ini, kalian akan menemukan sajian kuliner yang beragam, dari makanan Sunda, masakan Padang, nasi pecel, ketoprak, gado-gado,bakso, nasi goreng, pecel ayam, pecel lele, penyet ayam, dan sebagainya.
 
Tidak hanya makanan, di tempat ini juga terdapat berbagai minuman yang dapat dinikmati untuk melepas dahaga seperti jus buah, kelapa, kopi, dan sebagainya.
 
Dari sisi rasa, makanan yang ada di tempat ini pun tidak kalah dengan kuliner yang dijual di dalam mal. Sementara dari sisi harga, lumayan terpaut jauh.
 
Kantin-kantin yang berada di mal biasanya memang terletak di basement, dan berdekatan dengan tempat parkir motor atau mobil. Meskipun begitu, kenyamanan menikmati santapan di tempat ini tidak akan berkurang.
 
Suhu di kantin memang tidak sedingin dengan suhu di dalam mal. Namun, bukan berarti suhunya akan membuat keringat mengucur deras. Genhype akan tetap merasakan kenyamanan saat menyantap makanan di tempat ini.
 
Tidak hanya itu, stop kontak yang terdapat di beberapa sisi juga dapat membuat kalian bisa mengisi daya sambil menyantap atau menikmati pengalaman kuliner di kantin yang ada di mal. Kemudian, letak kantin itu juga bukan berarti sinyal gawai pintar akan bermasalah.
 
Rizal, salah seorang pegawai tenant di Mal Senayan City, Jakarta, mengatakan bahwa kantin menjadi pilihan tempat makan dengan harga terjangkau, rasa yang enak, dan porsi yang sesuai.
 
Pria yang baru 4 bulan bekerja tersebut mengatakan bahwa makanan yang kerap menjadi pilihannya di kantin adalah soto dan nasi goreng. Meskipun begitu, beragam pilihan kuliner seperti ayam penyet, bakso, pecel ayam, dan sebagainya juga tersedia.
 
Sebagai contoh, nasi goreng ayam, sosis, dan telur di kantin hanya seharga Rp15.000. Harga ini bahkan lebih murah jika dibandingkan dengan nasi goreng yang berada di dalam mal atau di pinggir jalan. “Nasi goreng kambing Rp18.000, tambah porsi nasi Rp20.000 sudah sangat banyak,” katanya.
 
Sementara harga minuman di kantin juga tidak jauh berbeda dengan di minimarket, yakni air mineral sekitar Rp5.000. Jadi, dia hanya merogoh kantong sekitar Rp20.000 ketika makan di kantin mal yang umumnya memang untuk para karyawan.
 
Baginya, kantin mal juga tempat yang nyaman untuk menyantap makanan lantaran tempatnya juga bersih selain murah dan enak. Dia menyayangkan banyak penjualan makanan di kantin sudah tutup pada sore hari sehingga tidak bisa diandalkan untuk makan malam.
 
Meskipun begitu, sejumlah makanan di pinggir jalan sekitar mal Senayan City, dapat menjadi pilihan, seperti sate taichan atau gado-gado.

Baca juga artikel terkait laporan khusus ini:
1. Fenomena Gaya Hidup Generasi Muda, Antara Citra & Realita
2. Gaya Hidup Pekerja Muda vs Kenaikan Harga
3. Siasat Berhemat di Tengah Godaan Gaya Hidup Mewah


BANYAK PEMINAT
Sementara itu, Karyo, penjual gado-gado di kantin Lotte Shoping Avenue, Ciputra World 1, mengungkapkan tidak jarang harus menutup dagangannya pada siang hari lantaran sudah habis terjual.
 
Dia mengungkapkan banyak pembeli yang datang adalah karyawan mal atau tenant mal. Karyo yang telah berjualan di kantin mal selama 8 tahun tersebut, dagangannya selalu habis dan biasanya sudah bisa pulang sebelum sore hari.
 
Karyo mengaku tidak menghitung pendapatan atau porsi gado-gado yang dijual setiap hari. Namun, hasil dagangan yang diperoleh diputar kembali untuk membeli bahan-bahan untuk berjualan keesokan harinya.
 
Penjual yang juga berdagang makanan khas Jakarta, yakni ketoprak, itu mengaku kenaikan harga bahan bakar minyak membuat biaya sewa mengalami kenaikan, dan harga makanan juga mengalami penyesuaian.
 
Hanya saja, kenaikan sewa dan harga makanan yang dikenakan kepada pelanggannya tidak besar. Dia pun enggan menyebutkan besaran biaya sewa terbaru. Hanya saja, dengan kenaikan itu, harga makanan yang dijajakannya mengalami kenaikan Rp2.000 setiap porsinya.
 
Sebagai referensi tempat makan terjangkau di kawasan bisnis dan mal, berikut kantin-kantin yang bisa Genhype coba untuk menikmati sajian kuliner murah meriah dan mengenyangkan.


1. Kantin Lotte Shopping Avenue, Ciputra World 1 Jakarta

Gehype dapat menikmati berbagai sajian kuliner Nusantara di kantin Lotte Shoping Avenue, Ciputra World 1 Jakarta. Sajian kuliner itu seperti gado-gado, ketoprak, nasi pecel, nasi rames sunda, masakan padang, mie ayam, pecel ayam, pecel lele.
 
Kantin di mal ini terletak di basement 1 dengan harga makanan yang bervariasi. Sebagai contoh, gado-gado dengan nasi atau lontong sebesar Rp14.000. 


2. Kantin Senayan City, Jakarta

Sajian kuliner lainnya yang tidak boleh dilewatkan oleh Genhype adalah kantin di mal Senayan City, Jakarta. Di kantin yang terletak di basement 2 ini terdapat berbagai macam makanan yang dijamin dapat membuat lidah bergoyang tanpa harus membuat kantong menjadi tipis.
 
Genhype dapat menemukan berbagai macam makanan di tempat ini, seperti soto, pecel ayam dan pecel lele, nasi goreng, penyet ayam, dan sebagainya. Harga makanan yang di tempat ini juga relatif terjangkau, dan pastinya lebih murah jika dibandingkan dengan yang dijual di dalam mal. 


3. Kuliner Jalanan di Jl. Terusan Hang Lekir 1, Jakarta.

Selain di basement mal, tempat lainnya yang bisa dikunjungi untuk menikmati sajian kuliner adalah di belakang Senayan City, Jakarta, tepatnya di Jl. Terusan Hang Lekir 1, Jakarta. Di tempat ini, Genhype dapat menemukan beragam kuliner.
 
Kuliner sate taichan adalah kuliner yang menjadi favorit di tempat ini ketika malam tiba. Dengan Rp25.000, Genhype dapat memperoleh 10 tusuk sate Taichan.
 
Selain itu, sejumlah kuliner lainnya juga tersedia di area ini, dari masakan padang, rames sunda, bakso, dan kuliner lainnya. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Tembus Peringkat 1 Billboard 200 Albums, BLACKPINK Cetak Sejarah Baru Industri K-Pop

BERIKUTNYA

Wow, Film Avatar 1 Raih Pendapatan Fantastis dari Perilisan Ulang

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: