Pasar menjadi salah satu destinasi mencari jajanan pasar yang murah dan enak. (Sumber gambar: Unsplash/Syed Ahmad)

6 Negara dengan Street Food yang Enak & Murah, Kalian Suka yang Mana?

22 September 2022   |   20:41 WIB

Street food merupakan salah satu makanan yang sering diburu saat berwisata atau berjalan-jalan, di mana makanan ini identik dengan aksesnya yang mudah ditemui di jalanan dan kemudahannya dalam proses konsumsi. Namun, harga dari street food bervariasi di setiap negara.

Beberapa negara ini memiliki street food dengan cita rasa yang lezat dan harga yang terjangkau. Mulai dari Jepang hingga Moroko, yuk intip beberapa negara yang memiliki street food yang murah dan enak.
 

1. Jepang

Dua kota dengan street food yang murah dan enak adalah Tokyo dan Osaka. Untuk Tokyo, hidangan seperti kari hingga minuman bisa ditemui dalam bentuk vending machine serta yakitori atau sate yang khas. 

Selain itu, ada juga Osaka yang memiliki hidangan yang tidak kalah murah seperti okonomiyaki, takoyaki, dan yakiniku. Ketiganya bisa ditemui di jalanan Dotonbori yang banyak memiliki penjual kaki lima atau pinggir jalan.
 

2. Korea Selatan

Korea Selatan memiliki ragam street food yang dijual di pasar atau di pinggir jalan dalam bentuk truk. Biasanya, makanan yang umum ditemui adalah tteokbokki, mandu atau dumpling, kimbap, hingga pajeon atau panekuk asin.

Destinasi yang bisa dikunjungi untuk jajanan yang murah dan enak bervariasi dari pasar-pasar seperti Pasar Gwangjang, Pasar Namdaemun, jalanan di Myeongdong, hingga jalanan di kawasan Dongdaemun. 
 

3. Thailand

Kota Bangkok menjadi salah satu destinasi populer di Thailand yang kaya dengan hidangan street food. Biasanya, jajanan ini bisa ditemui di Pasar Apung Amphawa serta beberapa pasar malam seperti Pasar Kereta Ratchada, Pasar Chatuchak, Pasar Kereta Srinakarin, hingga jalanan Chinatown atau Yaowarat, Udom Suk, hingga Khao San.

Makanan yang bisa dicicip meliputi buah manggis, hidangan seafood, pad see ew (mi goreng), som tam (salad pepaya), hingga moo ping (sate babi dengan ketan). Hidangan seperti pad thai bahkan juga bisa ditemui di sana.
 

4. Amerika Serikat

Setidaknya, ada dua negara bagian yang memiliki hidangan street food dengan harga terjangkau, yaitu Los Angeles dan Hawaii. Di Hawaii, makanan yang bisa ditemui merupakan makanan kombinasi dari beberapa kawasan di Amerika Serikat, Amerika Latin, dan Asia dengan sentuhan daerah setempat.

Sementara itu, Los Angeles memiliki sejumlah street food dengan banyaknya food truck dengan beragam hidangan. Beberapa di antara nya adalah nasi bulgogi, sandwich ayam goreng, burrito dengan daging khas Korea, kentang waffle, hingga tortilla dengan daging babi dan nanas.
 

5. Moroko

Kawasan Moroko, terutama di Marrakesh, memiliki ciri khas pada makanannya yang kaya bumbu seperti saffron, cabai cayenne, hingga hidangan dengan kurma kering dan kacang pistachio. Ada juga hidangan seperti sup siput, kepala domba, dan jus buah yang bisa dicoba dengan harga yang terjangkau.

Beberapa kota lain yang bisa dikunjungi untuk street food yang terjangkau adalah Fez, Casablanca, Essaouira, Moulay Idriss, dan Sahara. Menunya beragam dari pizza Berber, kefta atau daging sapi bakar, hingga mqila atau omelet dengan udang segar.
 

6. Jerman

Jerman memiliki beberapa destinasi yang kaya akan street food, di mana biasanya hidangan ini bisa ditemui di sejumlah pasar seperti Neue Heimat, Thaipark, hingga perumahan Kreuzberg. Beberapa hidangannya bervariasi dari currywurst atau sosis khas Jerman dengan bumbu kari, doner kebab, hingga hidangan seperti laksa, naan, dan chicken tikka.


Editor: Roni Yunianto
 

SEBELUMNYA

4 Tip Menangani Konflik di Tempat Kerja

BERIKUTNYA

5 Karya Novel Gol A Gong, Mulai dari Balada Si Roy

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: