Perkiraan pendapatan kotor domestik re-release film Avatar mencapai US$10 juta (sumber gambar: tangkapan layar laman Instagram avatar)

Wow, Film Avatar 1 Raih Pendapatan Fantastis dari Perilisan Ulang

26 September 2022   |   10:56 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Pencinta film sepertinya masih menyukai film Avatar yang pertama kali rilis pada Desember 2009 silam, terutama di pasar internasional. Terbukti bahwa film tersebut mampu meraih perkiraan pendapatan kotor yang fantastis secara global yang menembus angka US$30,5 juta.

Dilansir dari laman Box Office Mojo, film garapan sutradara James Cameron itu tercatat mampu meraih pendapatan sebesar US$10 juta di pasar domestik AS, yang dirilis ulang sejak 23 sampai dengan 25 September 2022, serta memperoleh US$20,5 juta di pasar internasional.

Perkiraan pendapatan di pasar domestik dari 1.860 bioskop tersebut menjadikan film Avatar sebagai tayangan bioskop dengan pendapatan kotor terbaik dari film yang dirilis ulang pada tahun ini.

Film yang diperankan oleh Sam Worthington sebagai Jack Sully itu menjadi film yang memiliki perkiraan pendapatan terbesar sampai dengan saat ini dalam catatan Box Office Mojo dengan tambahan perolehan pendapatan dari pemutaran kembali tersebut.

Dengan perkiraan total pendapatan kotornya mencapai US$2,88 miliar, film Avatar mengungguli film Avengers: Endgame, Titanic, Star Wars: Episode VII – The Force Awakens, dan Avengers: Infinity War yang masing-masing memperoleh pendapatan kotor US$2,80 miliar, US$2,20 miliar, US$2,07 miliar, dan US$2,05 miliar.

Dilansir dari laman IMDb, film yang memiliki perkiraan biaya produksi sebesar US$237 juta itu mendapatkan penilaian sebesar 7,8 dari 10 dengan jumlah pemberi rating mencapai 1,2 juta pemilik akun IMDb.

Pemberi nilai 8 terhadap film dengan genre Action Adventure Fantasy Sci-Fi adalah yang terbanyak dengan 299.897 akun atau sekitar 24,5 persen. Di posisi kedua terbanyak adalah pemberi rating 10 yang mencapai 260.182 akun atau sekitar 21,2 persen.

Adapun, pemberi rating 9 dan 7 masing-masing sebanyak 227.314 akun atau sekitar 18,6 persen dan 210.755 akun atau sekitar 17,2 persen.

Akun shaikhirshad-41223 menuliskan bahwa dirinya sangat kagum dengan James Cameron yang memiliki pikiran dan menciptakan film Avatar. Menurutnya, perlu banyak kerja keras dan penelitian untuk membangun dunia yang sama sekali baru.

“Dan ada alasan mengapa film ini masih menjadi film no 1 di dunia. Saya belum pernah melihat visual seperti ini di film lain,” katanya

Film yang dibuat pada 2009 tersebut merupakan pencapaian luar biasa. Para penonton akan dapat dengan mudah terhubung dengan plot film dan cara sutradara menunjukkan duia Pandora yang tidak dapat dipercaya.

Sementara itu, para pemeran dalam film ini telah melakukan pekerjaan yang luar biasa sambil tampil sangat baik dan masuk ke dalam karakter, sehingga tidak ada satu pun yang akan mengecewakan.

Adegan emosional dalam film ini juga begitu kuat, sehingga penonton merasakan karakter dan rasa sakit mereka untuk apa penderitaan mereka.

Dia menilai efek visual yang tersaji membuat film ini begitu kuat. Jadi, setiap makhluk dan pemandangan yang ada di dalamnya terlihat nyata. Tidak heran jika film ini dirilis ulang, dan memberikan pengalaman kembali bagi para penonton.

Akun yang memberikan rating 10 dari 10 ini pun berharap film Avatar yang kedua akan rilis di bioskop.

Film Avatar juga telah memperoleh banyak penghargaan, dan cecara keseluruhan, terdapat 89 penghargaan telah dimenangkan dan masuk dalam 131 nominasi. Di ajang Piala Oscar 2010, film ini memenangkan penghargaan untuk kategori Best Achievement in Cinematography, Best Achievement in Visual Effects, dan Best Achievement in Art Direction.

Baca juga: Teaser Terbaru Avatar 2 Tunjukkan Kisah Melindungi Komunitas

Sementara di ajang BAFTA Awards 2010, film ini juga mampu meraih penghargaan untuk kategori Best Production Design dan Best Special Visual Effects.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Hypereport: Pintar Memilih Tempat Makan Murah di Kawasan Mewah

BERIKUTNYA

Bisa Kalian Coba, 5 Strategi Unik Arief Muhammad Membangun Personal Branding

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: