BLACKPINK (Sumber gambar: Instagram.com/blackpinkofficial)

Tembus Peringkat 1 Billboard 200 Albums, BLACKPINK Cetak Sejarah Baru Industri K-Pop

26 September 2022   |   09:29 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Girlgroup populer asal Korea Selatan, BLACKPINK berhasil mengukir sejarah baru dalam karier musiknya. Pasalnya, album bertajuk BORN PINK yang belum lama dirilis, kini debut di peringkat pertama chart album Billboard 200, dan menjadi girlgroup pertama untuk kuartet K-Pop dalam satu dekade terakhir.

Dilansir dari Billboard, album BORN PINK menempati urutan teratas dengan 102 ribu unit album. Luminate menyampaikan jika kumpulan 8 lagu di album BORN PINK menjadi yang pertama di Billboard 200 oleh grup perempuan sejak 2008 lalu, setelah grup Danity Kane berjudul Welcome to The Dollhouse.

Baca juga: Blackpink Curi Perhatian, Intip 7 Fakta Menarik Video Klip Pink Venom

Selain BORN PINK yang tengah menempati jajaran atas chart, album BLACKPINK yang bertajuk The Album juga pernah menjadi pemuncak nomor 2 dalam chat album di Billboard pada Oktober 2020 lalu.

Namun karier BLACKPINK semakin gemilang dengan album barunya BORN PINK yang resmi melampaui chart The Album dua tahun yang lalu.

BORN PINK merupakan album ketiga dari genre K-Pop yang memuncaki Billboard 200 pada 2022 ini. Dua album pemuncak lainnya ialah BTS Proof dari boygroup BTS, serta Stray Kids: Oddinary dari boygroup Stray Kids.

BORN PINK memiliki lagu-lagu yang sebagian besar memiliki lirik berbahasa Indonesia, sementara sebagian album K-Pop yang memuncaki Billboard 200 menggunakan lirik berbahasa Korea.

Dari total penjualan album BORN PINK sebanyak 102.000 unit, 75.000 di antaranya adalah unit SEA terdiri dari 25.000 dan unit TEA terdiri dari 1.500.

BORN PINK mencetak sejarah dalam penjualan album teratas dengan pekan penjualan terbesar ketujuh dari album manapun yang rilis tahun ini. Dari 75 ribu copy yang terjual, 85 persen di antaranya merupakan penjualan CD dan sisanya penjualan album digital.

Album berbentuk CD laris manis berkat paket koleksi eksklusif untuk pembelinya. Setiap unit album memiliki set standar item yang berisi kartu foto, kartu pos, stiker, dengan edisi art cover dari salah satu member BLACKPINK.

Terdapat juga album CD dengan tanda tangan eksklusif BLACKPINK dalam edisi terbatas yang membuat penjualan album fisik ini semakin diminati.

Baca juga: Potret Member BLACKPINK Mengenakan Karya Desainer Indonesia Diana M Putri

Billboard Hot 100 pun mencatat debut album BORN PINK berjudul Pink Venom berhasil menduduki peringkat 9 pada 3 Sepetmber 2022. Khusus diluar Amerika Serikat, lagu Pink Venom ini memuncaki Billboard Global 200 dalam dua minggu, dan bertahan pada peringkat pertama Billboard Global Excl selama tiga minggu.

Adapun dua chart ini memberikan peringkat lagu terpopuler di dunia setiap minggunya yang dilihat dari streaming dan aktivitas penjualan di 200 wilayah di dunia.

Selamat BLACKPINK atas pencapaian baru mengisi peringkat pertama Billboard 200 untuk kategori Albums!

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Hypereport: Siasat Berhemat di Tengah Godaan Gaya Hidup Mewah

BERIKUTNYA

Hypereport: Pintar Memilih Tempat Makan Murah di Kawasan Mewah

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: