Ilustrasi produk kecantikan (Sumber gambar: Emma Bauso/Pexels)

7 Cara Memilih Produk Kecantikan yang Asli & Aman bagi Kulit

20 September 2022   |   13:08 WIB

Untuk urusan produk kecantikan, ternyata konsumen Indonesia mulai aware terhadap keaslian dan jaminan kesehatan yang tesertifikasi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Temuan itu tercermin dalam hasil survei yang dilakukan oleh omnichannel-retailer kecantikan Sociolla.

Survei itu menemukan sebanyak 77 persen konsumen memilih faktor keaslian dan keamanan sebagai alasan utama melakukan pembelian produk kecantikan. Hasil itu diperoleh dengan melibatkan lebih dari 400 responden.

Hasil survei itu pun sekaligus menunjukkan tingkat kesadaran yang semakin tinggi dari konsumen terhadap kualitas dan keamanan produk yang telah jauh berbeda dibandingkan dengan beberapa tahun sebelumnya.

Baca juga: Mau Kulit Wajah Mulus & Cerah? Pastikan Kandungan Ini Ada di Skincare Kalian

Lantas, bagaimana memiliki produk kecantikan yang asli dan aman untuk kulit? Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan.
 

1. Teliti sebelum membeli

Belilah produk kecantikan yang sudah dipastikan asli dan yang terjamin mutu kualitasnya. Jangan mudah tergiur dengan barang bermerek yang dijual dengan harga murah, atau jauh di bawah harga normal. Kalian juga harus selektif dalam memilih dan pertimbangkan keuntungan, serta kerugian dalam memilih produk kecantikan.
 

2. Cek legalitas produk

Sebelum diedarkan, produsen kecantikan harus mendaftarkan produknya ke BPOM. Setelah mendapatkan persetujuan dari BPOM, produsen akan mendapatkan nomor notifikasi. Pastikan nomor notifikasi yang dicantumkan pada produk ada dan benar dengan mengeceknya melalui laman resmi Badan POM atau aplikasi Cek BPOM.
 

3. Perhatikan komposisi produk

Sebagai konsumen, kalian juga harus teliti mengenai ada tidaknya bahan berbahaya pada komposisi produk kecantikan yang kalian beli.

Baca juga: 3 Tren Kecantikan yang Lagi Disukai perempuan, Salah Satunya Bushy Eyebrow
 

4. Cek pembuat & distributor produk

Pastikan pembuat dan distributor atau penyalur produk kecantikan telah tepercaya. Biasanya, baik produsen maupun penyalur, harus mencantumkan nama dan alamatnya pada kemasan produk. Hal ini dapat memudahkan pengawasan baik dari instansi pemerintah maupun para konsumen.
 

5. Beli di toko terpercaya

Saat ini, banyak beredar oknum pedagang nakal yang menjual kosmetik palsu dan mengandung bahan berbahaya dengan iming-iming promo terbatas.

Salah satu cara memilih kosmetik yang aman dengan membelinya di toko terpercaya. Pastikan toko tersebut hanya menjual kosmetik asli yang aman untuk kulit wajah. Bahkan, tidak ada salahnya mengecek review toko untuk memastikan keasliannya. Atau paling mudah adalah membelinya di official store atau toko resmi merek tersebut.
 

6. Cek tanggal kedaluwarsa

Pastikan pada kemasan produk kosmetik terdapat nomor batch atau kode produksi, serta waktu kadaluarsa sebelum menggunakan produk tersebut.

Baca juga: Jangan Asal, Ini Tahapan yang Benar Saat Menggunakan Produk Skincare
 

7. Perhatikan reaksi alergi

Untuk mengecek bahwa bahan-bahan kandungan produk kecantikan yang dibeli tidak berbahaya, oleskan produk pada area punggung tangan. Selain mengecek cocok tidaknya warna dan tekstur kosmetik, cara tersebut bermanfaat untuk memastikan produk tersebut aman digunakan atau tidak. Kosmetik palsu dan mengandung bahan berbahaya biasanya menimbulkan gejala gatal, ruam, serta gejala alergi lainnya.

Editor: Dika Irawan
SEBELUMNYA

5 Faktor Ini Jadi Penyebab Utama Wajah Beruntusan

BERIKUTNYA

7 Persiapan Penting Sebelum Maraton, Pemula Wajib Baca

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: