Ilustrasi menggunakan skincare (sumber gambar : unsplash)

Jangan Asal, Ini Tahapan yang Benar Saat Menggunakan Produk Skincare

14 July 2022   |   22:36 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Siapa sih yang nggak ingin memiliki kulit bersih, cerah, kenyal dengan skin barrier yang kuat? Nah, untuk itu ada beberapa hal yang harus kalian lakukan untuk menjaga agar kulit tetap sehat dan bersih. Selain melakukan perawatan khusus wajah ke salon atau klinik kecantikan, kalian juga bisa menggunakan produk skincare.

Saat ini produk perawatan kulit ini mulai bermacam-macam nggak hanya untuk membersihkan wajah atau sabun wajah saja tetapi ada toner, serum, essence, moistureizer, hingga tabir surya atau sunscreen/sunblock.

Nah, saking banyaknya produk perawatan wajah tersebut tak jarang membuat pengguna bingung dalam urutan pemakaianya. Lantas bagaimana ya urutan memakai produk skincare yang benar? 

Pertama kalian harus memulainya dengan membersihkan wajah menggunakan facial wash. Kemudian setelah dikeringkan, gunakan toner untuk membersihkan sisa-sisa kotoran, minyak, dan makeup yang mungkin tidak terangkat saat kalian menggunakan sabun pembersih.

Setelah itu lanjutkan dengan menggunakan essence untuk menyeimbangkan PH kulit wajah sehingga kulit lebih optimal dan mudah menyerap produk skincare lainnya. Bahkan bisa dikatakan essence berguna untuk mempersiapkan kulit dan membentuk lapisan dasar di kulit wajah.

Cara menggunakan essence ialah dengan menuangnya beberapa tetes ke telapak tangan lalu oleskan ke seluruh permukaan kulit dengn cara ditepuk perlahan.

Lalu lanjutkan rangkaian skincare kalian dengan mengaplikasikan sekitar 3 hingga 4 tetes serum ke seluruh wajah sambil dipijat halus. Tekstur serum yang ringan dan terdiri dari molekul-molekul kecil ini membuatnya menjadi lebih efektif terserap di dalam kulit wajah.

Serum ini bermanfaat untuk menjaga  kulit wajah tetap lembab atau terhidrasi yang pada akhirnya berfungsi mengurangi kerutan dan garis halus, bintik dan noda hitam sekaligus menyehatkan kulit wajah.

Tak kalah penting adalah mengaplikasikan moisturizer yang dapat menghidrasi kulit sehingga membuat kulit wajah menjadi lebih lembab sekaligus membantu memperbaiki kerusakan pada kulit sehingga membuat kulit wajah menjadi leboh kenyal, sehat dan bercahaya.

Umumnya, orang akan mencari produk skincare yang terbaik dan cocok digunakan pada kulitnya. Namun, seringkali orang lupa bahwa saat memilih produk pembersih wajah, harus tepat dan sesuai kebutuhan atau jenis kulit wajah.

Cut Riski, seorang beauty influencer mengatakan bahwa dirinya memiliki jenis kulit yang sensitif sehingga dia akan sangat menghindari produk-produk yang mengandung harsh surfaktan, seperti SLS atau SLES. 

“Untuk kulit sensitif seperti aku sebaiknya dihindari karena akan menyebabkan kulit makin sensitif, sehingga menjadi rentan terhadap kondisi dehidrasi dan iritasi,” ujarnya saat launching MS GLOW Golden Glow Facial Wash.

Selain itu, dia juga memilih cleanser yang memiliki kandungan soothing agent, seperti ceramide, atau centella asiatica. Sebab, dengan bantuan soothing agent ini, kulitnya tidak hanya menjadi bersih, tetapi juga menenangkan kemerahan pada wajahnya.

Kebutuhan berbeda juga dirasakan oleh penyanyi Lesty Kejora yang mengatakan bahwa selama masa kehamilan dan menyusui, dia sering mendengarkan mitos-mitos penggunaan skincare termasuk larangan memakai skincare sama sekali pada saat hamil karena bahaya akan kandungan bahan kimia.

“Padahal, sekarang udah banyak skincare yang pregnancy dan breastfeeding safe, dan sebagai informasi yang mungkin nggak banyak orang tahu, bahan kimia asal penggunaannya tepat itu bagus dan nggak semua bahan alami kalau ditempelin langsung ke kulit itu hasilnya bagus,” jelasnya.
 

Sumber gambar (MS Glow)

Sumber gambar (MS Glow)


Sementara itu, Shandy Purnamasari Founder MS GLOW mengatakan sebagai brand skincare lokal pihaknya akan terus berinovasi memenuhi kebutuhan masyarakat dalam mendapatkan kulit wajah yang bersih, cerah, dan sehat dengan menghadirkan berbagai produk terbaru didukung riset dan pengembangan produk.

“Kami ingin setiap wanita, apapun jenis kulitnya, dapat merasakan sensasi membersihkan wajah dengan maksimal tanpa takut merusak lapisan skin barrier agar kulit tetap sehat," ujarnya.

Maharani Kemala, Founder MS GLOW menambahkan jika facial wash terbaru yang mereka hadirkan dapat digunakan untuk semua jenis kulit baik yang memiliki kulit acne prone dan sensitif karena di dalam kandungannya terdapat Madecassoside dari Centella Asiatica dan juga Ceramide,” tambahnya.

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Aturan Baru Naik Kereta Api, KAI Kembali Adakan Vaksinasi di Stasiun

BERIKUTNYA

Ini Stigma Miring yang Kerap Disematkan Pada Pemain eSports

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: