Ilustrasi daur ulang barang bekas jadi berguna (sumber gambar: Freepik)

5 Ide Keren Bikin Barang Bekas Jadi Bernilai Guna dan Estetik

13 September 2022   |   17:04 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

3. Styrofoam bekas

Jika membeli barang elektronik, biasanya kita akan mendapatkan styrofoam untuk melindungi barang belanjaan kita. Styrofoam ini terbilang barang yang umurnya singkat. Setelah selesai melindungi barang elektronik sampai rumah, ia jadi tidak memiliki nilai guna lagi.

Nah, kamu bisa memanfaatkan styrifoam bekas untuk dijadikan message board di dinding. Kamu hanya perlu memotong styrifoam sesuai dengan desain yang sudah dibuat. Misalnya, message boar yang akan dibuat bertema bulat-bulat, maka kamu tinggal menggunting styrifoam dalam bentuk bulat.

Supaya lebih estetik, kamu bisa melapisi styrifoam dengan kain bekas. Hal ini akan membuat message board kamu lebih berwarna-warni dan menambah keindahan di meja kerja.

Baca juga: Jangan Buang Gawai Bekas, Coba Daur Ulang dengan Cara Ini


4. Botol Plastik Bekas

Botol plastik mineral terkadang hanya berakhir sebagai sampah. Padahal, sampah plastik termasuk yang paling sulit terurai. Oleh karena itu, dengan mengolah sampah botol plastik, kita bisa membuat umur kegunaan botol plastik lebih lama.

Kamu bisa membuat botol plastik menjadi pot bunga yang estetik. Caranya, kamu bisa memotong botol plastik jadi dua bagian, lalu ambillah bagian bawah botol. Untuk variasi, kamu bisa memotongnya menjadi bentuk telinga kelinci atau lainnya.

Setelah itu, kamu bisa mengecat botol plastik tersebut sesuai dengan variasi yang diinginkan. Tunggu hingga cat kering sebelum kamu memasukkan tanah dan tanaman di dalamnya. Jangan lupa, lubangi bagian bawah botol terlebih dahulu sehingga saat menyiram air bisa langsung keluar dan tidak mengendal di dalam botol.


5. Rol tisu bekas

Rol tisu umumnya akan langsung dibuang ketika isinya sudah habis. Padahal, rol tisu bisa dimanfaatkan untuk membuat mainan lucu bagi anak-anak. Kamu hanya membutuhkan cat akrilik dan kreatifitas.

Pertama, potonglah rol tisu sesuai dengan kebutuhan. Kemudian, kamu bisa memberi warna dasar di rol tisu yang akan digambar. Setelah itu, kamu bisa membuat gambar-gambar karakter lucu di rol tisu. Untuk mempercantik, kamu juga bisa menambahkan aksen dasi atau topi menggunakan kain bekas.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
1
2


SEBELUMNYA

Lee Jung-jae dan Industri Film Korea Selatan di Panggung Dunia

BERIKUTNYA

Pernah Bersaing di Ajang Oscars, 5 Film Indonesia Ini Wajib Ditonton

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: