Ilustrasi daur ulang barang bekas jadi berguna (sumber gambar: Freepik)

5 Ide Keren Bikin Barang Bekas Jadi Bernilai Guna dan Estetik

13 September 2022   |   17:04 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Barang bekas yang dibiarkan menumpuk di dalam rumah terkadang bikin ruangan jadi berantakan. Di tangan orang kreatif, barang-barang bekas tersebut sebenarnya bisa dimanfaatkan menjadi barang lain yang lebih bermanfaat dan memiliki nilai estetik.

Pada dasarnya, semua barang bekas bisa disulap menjadi kerajinan tangan yang keren. Selain itu, kamu juga bisa membuat barang bekas jadi barang yang lebih bermanfaat sehingga bisa dijual. Ya, dengan mengolah barang bekas, kamu bisa mendapatkan pundi-pundi cuan.

Baca juga: Kece! Sisa Bahan Tirai Jendela Lipat Didaur Ulang Jadi Produk Tas & Pot

Kerajinan tangan atau hasta karya adalah kegiatan seni yang melatih keterampilan tangan individu untuk mengolah suatu barang jadi lebih bernilai. Kamu bisa menggunakan berbagai jenis barang bekas di rumah, seperti botol, kardus, kain, plastik, dan sebagainya.

Berikut ini referensi daur ulang barang bekas menjadi objek dengan nilai guna baru:


1. Sarung Tangan Bekas

Punya sarung tangan yang tidak terpakai? Jangan dibuang dahulu. Sarung tangan bisa dimanfaatkan untuk dibuat boneka. Caranya, kamu hanya perlu mengumpulkan dua sarung tangan bekas, kemudian cari bahan tambahan lain, seperti kapuk.

Pertama, kamu bisa menentukan terlebih dahulu boneka apa yang akan dibuat. Salah satu yang cukup sederhana pembuatannya ialah boneka teddy bear. Kedua, susunlah kapuk sesuai dengan pola boneka yang akan kamu buat.

Ketiga, lapisi kapuk tersebut dengan kaos tangan milikmu yang tidak terpakai. Sarung tangan akan membuat boneka jadi lebih hidup. Tinggal menambahkan aksen mata dan kain lain untuk menggambarkan mulut atau telinga boneka tersebut.


2. Bohlam bekas

Bohlam lampu yang telah mati umumnya langsung dibuang. Namun, sebaiknya mulai saat ini bohlam tersebut disimpan terlebih dahulu. Sebab, bohlam bisa disulap jadi barang yang berguna dan bernilai seni.

Bentuk bohlam yang bulat membuat ia sangat cocok dijadikan vas bunga. Caranya cukup sederhana, kamu hanya perlu mencopot bagian atas bohlam sehingga hanya menyisakan bagian kaca bulat. Setelah itu, kamu tinggal isi kaca bulat itu dengan air dan memasukkan bunga beserta tangkainya.
1
2


SEBELUMNYA

Lee Jung-jae dan Industri Film Korea Selatan di Panggung Dunia

BERIKUTNYA

Pernah Bersaing di Ajang Oscars, 5 Film Indonesia Ini Wajib Ditonton

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: