Ilustrasi perabotan seken (sumber gambar : philip goldsberry / unsplash)

5 Tips Membeli Perabotan Seken Biar Enggak Kejeblos

19 December 2022   |   22:06 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Tak sedikit masyarakat yang memilih alternatif untuk membeli perabotan atau peralatan elektronik bekas yang masih layak pakai untuk mengisi rumah dan apartemen atau kos-kosan ketika dana yang dimiliki masih terbatas. Bisa juga cara ini menjadi opsi untuk memiliki perabotan penting dengan cara yang lebih hemat.

Perencana Keuangan dari OneShildt Financial Planning mengatakan pembelian perabotan atau alat elektronik bekas ini dilakukan untuk menekan biaya pengeluaran.

Baca jugaWaspada 5 Risiko Beli Mobil Bekas Berkilometer Tinggi

Berikut ini sejumlah pertimbangan yang harus diperhatikan pada saat hendak membeli produk seken.


1. Cek kondisi produk

Umumnya, mereka yang membeli barang-barang bekas ini lebih mencari fungsi dari produk tersebut sehingga hal paling utama yang harus diperhatikan saat membeli barang seken adalah perhatikan kondisi produk tersebut, apakah masih berfungsi dengan baik.

“Jangan sampai barang gagal difungsikan karena mungkin sudah lapuk, atau ada bagian yang hilang. Maka teliti dulu sebelum dibeli jangan sampai malah merugi karena barang malah rusak dan tidak bisa dipakai,” ucapnya.


2. Beli dari tangan pertama

Kemudian pada saat membeli, ada baiknya dari tangan pertama dan melihat serta mencoba langsung produknya sebelum melakukan transaksi. Jika pun membeli di toko maka pilihlah toko yang memang sudah memiliki reputasi baik.

Kalau pun barang seken yang diminati tersebut dijual secara online maka sebaiknya beli yang menjual di e-commerce karena di situ ada sistem pembayaran. Jika produk yang kita terima masih bagus dan berfungsi dengan baik sesuai deskripsi maka bisa diterima, jika tidak maka ada opsi untuk meretur atau mengembalikan barang. Ini penting dilakukan untuk terhindar dari penipuan.


3. Buat perbandingan

Selain membeli barang seken, seseorang juga sebetulnya bisa mencari perabotan yang dijual dengan harga murah yaitu barang-barang baru stok lama karena toko sedang cuci gudang, terutama pada saat diskon akhir tahun atau momen-momen tertentu.

Untuk itu penting melakukan perbandingan atau komparasi baik dari sisi harga, kualitas, maupun desain produk. “Siapa tahu bisa mendapatkan barang yang masih baru, kondisinya baik tapi harganya miring,” ujarnya.


4. Pilih produk bermerek

Namun jika ingin mencari produk bermerek dengan harga miring maka barang seken bisa menjadi pilihan. Sebab, hal yang biasanya diharapkan seseorang saat membeli barang seken adalah bisa mendapatkan produk bermerek yang memiliki kualitas tinggi tapi dengan harga terjangkau.

“Barang seken yang bermerek ini memang diminati karena dari sisi kualitas bagus dan umur pemakaiannya cukup lama. Barang konsumtif yang sudah dipakai ini memang harganya bisa jauh lebih murah,” jelasnya.


5. Teliti dan coba langsung

Untuk barang elektronik seken yang bisa dipilih cukup beragam mulai dari televisi, mesin cuci, microwave, AC, kulkas, dan lain sebagainya. Namun, untuk membeli produk elektronik bekas ini harus benar-benar teliti, dilihat dan dicoba langsung karena tidak ada garansi.

Lebih lanjut Budi mengatakan bahwa bisnis jual beli produk seken ini memiliki prospek dan peluang bisnis yang baik karena tidak jarang juga orang yang ingin mendapatkan produk berkualitas dari brand ternama tetapi dengan harga yang terjangkau.

Baca jugaMenangkap Peluang Jual Beli Kamera Bekas, Ini Koleksi Paling Laku

Selain itu, bisnis barang-barang bekas ini juga memiliki dampak lingkungan karena mengurangi limbah sampah.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Wow, Tiket Konser Arctic Monkeys Ludes dalam 2 Detik

BERIKUTNYA

Fans Heran Tiket Konser Jeff Satur Sold Out dalam Hitungan Menit

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: