Ilustrasi barang bekas (Sumber gambar: Freepik)

5 Barang Second yang Dijual dengan Harga Selangit, dari Liontin hingga Mobil Bekas

21 December 2022   |   14:49 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Jangan pernah deh menyepelekan barang bekas. Sebab, di dunia ini ada beberapa barang bekas yang bisa dijual dengan harga selangit. Meski sudah ada di tangan kedua, barang-barang tertentu dapat memiliki harga yang jauh lebih mahal dibanding harga awalnya.

Biasanya, barang-barang bekas menjadi mahal karena memiliki nilai sejarah yang tinggi. Umpamanya, barang bekas itu dahulu pemiliknya merupakan orang-orang ternama, seperti public figure, aktris, bahkan raja. Terlebih, saat ini budaya thrifting atau membeli barang bekas juga popularitasnya mulai menanjak.

Baca juga: Daftar Set Lego Termahal di Dunia, Barang Koleksi dengan Harga Selangit

Kini, membeli barang bekas bukan lagi sebuah aib. Sebab, beberapa barang bekas kini nilainya makin tinggi. Lantas, apa saja barang bekas yang pernah terjual atau terlelang dengan harga yang tinggi? Simak ulasan berikut ini.
 

1. Liontin Marie Antoinette

Sebuah liontin berbentuk drop milik Ratu Marie Antoinette, istri Raja Louis XVI dari Prancis, terjual dengan harga US$36 juta di balai pelelangan Sotheby. Pelelangan yang dilakukan pada 2018 tersebut menjadi salah satu rekor Sotheby dalam penjualan mutiara alami.

Liontin tersebut diyakini menjadi saksi bisu saat Raja dan Ratu bersiap melarikan diri dari Istana Tuileries yang dikepung pada 1791. Dari Paris, permata tersebut kemudian disembunyikan dengan hati-hati dan dikirim pertama ke Brussel, lalu bergerak ke Wina, hingga ke penyimpanan Kaisar Austria, keponakan dari Marie Antoinette.
 

2. Karpet Clark Sickle Leaf

Clark Sickle Leaf adalah karpet asal Persia yang dibuat pada awal abad ke-17. Karpet yang indah itu dihiasi tanaman merambat dan bunga berwarna-warni. Dalam pelelangan oleh Sotheby's, karpet tersebut berhasil terjual dengan harga fantastis. Pembeli karpet yang anonim tersebut berpartisipasi melalui telepon dan membayar US$33,7 juta.

Baca juga: Jiwa Misqueenku Bergejolak, Simak 5 Tempat Wisata Termewah dan Termahal 2022
 

3. Fauteuil Aux Dragons by Eileen Gray

Fauteuil Aux Dragons by Eileen Gray merupakan kursi bersejarah dan unik dengan tinggi sekitar 24 inci. Kursi yang dirancang seniman Irlandia, Eileen Grey, terkenal karena memiliki lengan naga ikonik. Kursi yang dibuat antara 1917-1919 tersebut terjual dengan harga EUR 21.905.000 pada 2009. Penjualan tersebut membuat rekor baru untuk karya seni dekoratif abad ke-20.
 

4.       Ferrari 250 GTO Berlinetta

Mobil Ferrari 250 GTO Berlinetta merupakan salah satu yang paling legendaris di dunia. Mobil beraroma balap dengan model kap melandai ini telah menjadi buruan kolektor selama beberapa dekade terakhir. Harga seri GTO mulai menunjukkan peningkatan pada 1970-an hingga saat ini. Dalam lelang mobil langka Sotheby's  pada 2018, Ferrari 250 GTO Berlinetta berhasil terjual dengan harga US$48,4 juta.
 

5. Lady Blunt Stradivarius Violin

Lady Blunt Stradivarius Violin merupakan alat musik termahal yang dijual di lelang versi Guinness World Records. Violin tersebut dilelang di London, Inggris, dan berhasil terjual dengan harga US$15 juta pada 2011. Lembaga nirlaba Nippon Foundation sebagai pelelang menyebut hasil pelelangan violin yang berusia hampir 300 tahun tersebut telah disumbangkan ke dana bantuan gempa dan tsunami di Jepang utara pada tahun yang sama.

Baca juga: 5 Item Fesyen Pria Termahal di Dunia, Jas hingga Ikat Pinggang dengan Harga Selangit

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Duh, Sebagian Gen Z Mengaku Mulai Mengalami Kerutan Wajah & Beruban

BERIKUTNYA

Penuh Petualangan, Puss in Boots: The Last Wish Siap Tayang 28 Desember

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: