Berbagai penghargaan telah diraih Lee Jung-jae bersama Squid Game (Sumber gambar : Artist Company)

Lee Jung-jae dan Industri Film Korea Selatan di Panggung Dunia

13 September 2022   |   17:24 WIB

Aktor Lee Jung-jae berhasil menjadi pemenang kategori aktor terbaik dalam kategori drama series di ajang Emmy Awards ke-74, lewat perannya dalam serial Squid Game. Kemenangan ini membuatnya menjadi aktor pertama dalam sejarah ajang itu, yang menang dengan film non-bahasa Inggris. 

Dilansir dari laman Emmy Awards, aktor Lee Jang-jae mengalahkan sejumlah nomine seperti aktor Jason Bateman dalam serial Ozark, Brian Cox di Succession, Bob Odenkirk dalam perannya di Better Call Saul, Adam Scott di Severance, dan Jeremy Strong dalam serial Succession.

Menanggapi kemenangan Lee Jang-jae tersebut, Netflix – platform digital over the top distributor serial Squid Game menuliskan bahwa sang aktor baru saja membuat sebuah sejarah dalam ajang penghargaan bergensi untuk serial tersebut.

“Bintang The Squid Game mendapatkan Aktor Terbaik dalam Drama dan menjadi aktor pertama dari acara non-Inggris yang pernah menang di #Emmys,” demikian tulis Netflix dalam akun media sosial @netflix.

Baca juga: Cek Yuk, Daftar Lengkap Pemenang Emmy Awards Ke-74 
 

Lee Jung-jae adalah salah satu aktor yang sudah lama berkecimpung di industri hiburan Korea Selatan. Dilansir dari laman Artist Company, aktor kelahiran 1972 itu memulai debutnya pada 1993 atau 29 tahun silam, dalam sebuah program televisi lokal berjudul Dinosaur Teacher

Setelah itu, hampir setiap tahunnya, sang aktor memainkan peran di sejumlah proyek. Baik di layar lebar maupun televisi, mulai dari 1994 sampai dengan 2003. Judul-judul di mana Jung-jae pernah tampil antara lain The-Young-Man (1994), Sandglass (1995), Albatross (1996), Firebird (1997).

Selain itu, ada juga Father vs Son (1997),  White Nights 3.98 (1998), An-Affair (1998), City of the Rising Sun (1999), The Uprising (1999), Interview (2020), A Love Story (2000), Asako in Ruby Shoes (2000), Last Present (2001), Last Witness (2001), dan sebagainya.

Adapun, dalam 3 tahun terakhir, aktor tersebut bermain dalam film Deliver Us From Evil (2020), Squid Game (2021), dan Hunt (2022).

Baca juga: Selain Squid Game, Lee Jung-jae juga Terkenal Lewat 5 Film Ini 

Dia bahkan menjadi bagian dalam beberapa film Korea Selatan yang memiliki penghasilan tinggi seperti The Thieves, Assassination, A long with the Gods: The Two Worlds, dan Along With the Gods: The Last 49 Days.

“Secara khusus, ‘Squid Game’ membuktikan kekuatan Lee Jung-jae dengan memikat pemirsa global di luar Korea dan memenangkan penghargaan aktor terbaik di upacara penghargaan AS untuk pertama kalinya sebagai aktor pria Asia,” demikian tertulis dalam laman tersebut.

Dia juga disebutkan bermain banyak film dengan berbagai genre atau karakter, dan terus memperluas spektrum sebagai seorang aktor, membuat penonton bersemangat dan mengantisipasi langkah selanjutnya.
 

Penghargaan Internasional 

Sebelum dinobatkan sebagai aktor terbaik pada ajang Emmy Awards ke-74, dalam catatan Hypeabis.id, sang aktor juga tercatat telah memenangkan sejumlah penghargaan internasional lewat peraannya di serial Squid Game.

Penghargaan yang diperoleh dalam waktu dekat sebelum Emmy Awards adalah penghargaan Hollywood Critics Association (HCA) TV Awards. Dalam acara penghargaan itu, Jung-jae menjadi pemenang kategori Best Actor In A Streaming Series, Drama.

Selain itu, sang aktor juga pada tahun ini berhasil meraih penghargaan di ajang Film Independent Spirit Awards ke-37 yang diselenggarakan di Santa Monica, Amerika Serikat. Dia meraih kemenangan di kategori Best Male Performance in a New Scripted Series.

Jung-jae juga berhasil membawa pulang penghargaan di kategori Performance by an Actor in a Drama Series pada ajang Screen Actors Guild (SAG) Awards ke-2. Namanya juga dinominasikan untuk banyak ajang penghargaan bergengsi lain. 

Baca juga: Aktor Squid Game Lee Jung-jae Raih Penghargaan di Independent Spirit Awards 2022
 

Film Korea di Panggung Global 

Untuk diketahui, industri perfilman Korea Selatan menunjukkan tajinya dalam panggung film dunia. Squid Game dengan Lee dan sejumlah pemeran lainnya adalah contoh dari film-film asal Negeri Ginseng yang berhasil meraih prestasi di tataran global. 

Pada 2020 lalu, film asal Korea Selatan Parasite berhasil memenangkan piala bergengsi Oscar untuk kategori Best Picture pada gelaran Academy Awards ke-92. Kemenangannya ini menjadikan film tersebut mencetak sejarah sebagai film berbahasa non-Inggris pertama yang mendapatkan piala Oscar untuk kategori tertingginya. 

Dalam kategori Best Picture, Parasite mengalahkan sejumlah film yang masuk dalam nominasi seperti Ford V Ferrari, The Irishman, Jojo Rabbit, Joker, Little Women, Marriage Story, 1917, dan Once Upon A Time ... in Hollywood

Film besutan sutradara Bong Joon-Ho tersebut juga memenangkan tiga kategori lainnya, yakni Directing, International Feature Film, dan Writing (Original Screenplay), sehingga membuatnya meraih 4 penghargaan dalam ajang bergengsi bagi dunia perfilman tersebut.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 
SEBELUMNYA

5 Potensi Kerusakan Ketika Mobil Terendam Banjir

BERIKUTNYA

5 Ide Keren Bikin Barang Bekas Jadi Bernilai Guna dan Estetik

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: