Pawn Stars (Sumber: The History Channel)

5 Barang Bekas Unik Yang Muncul Di Acara Pawn Stars

05 April 2024   |   09:01 WIB
Image
Arindra Fachri Satria Pradana Mahasiswa Mass Communication BINUS University

Pawn Stars adalah reality show asal Amerika Serikat yang sudah tayang sejak 2009, dengan total 22 musim dan ratusan episode. Acara ini mengikuti Rick Harrison, pria yang  memiliki sebuah pawn shop (toko pegadaian) di pusat Kota Vegas. Disana, banyak orang yang ingin menjual berbagai barang unik kepada sang pemilik pawn shop tersebut.

Apa yang membuat acara ini menarik adalah bagaimana Rick perlu mencari tahu apakah barang yang ingin digadaikan termasuk barang rongsokan, atau barang berharga dan bersejarah. Hal ini menimbulkan ketegangan dan skeptisisme dari Rick yang kerap mengucapkan kalimat ikonik "aku kenal seorang pria" saat sedang kebingungan. Menyiratkan bahwa dia mengenal seseorang yang dapat memeriksa keaslian, nilai, dan kondisi barang tertentu yang dibawa ke tokonya.

Baca juga:  5 Set Mainan LEGO Langka yang Paling Diburu Kolektor

Melansir IMDb, Pawn Stars sudah mulai proses syuting untuk musim ke 23-nya pada Februar lalu. Siapa yang tahu barang gila apa yang akan hadir di musim terbaru?

Namun untuk sekarang, mari mengulas kembali 5 barang bekas unik dari acara Pawn Stars!
 

1. Mobil Kabur OJ Simpson


Terlihat sebagai Ford Bronco berwarna putih biasa, mobil yang muncul di Pawn Stars ini digunakan oleh mantan bintang NFL O.J Simpson, untuk kabur dari polisi pada 1994. Kala itu, O.J dituduh atas pembunuhan mendiang mantan istrinya Nicole Brown Simpson, dan temannya Ron Goldman. Mereka ditemukan dalam keadaan meninggal dunia di luar kondominium  miliknya  di Los Angeles. Setelah diselidiki oleh Departemen Kepolisian Los Angeles, terdapat banyak bukti yang mendukung O.J sebagai pelakunya.

Meski putusan akhir hakim membuktikan dirinya tidak bersalah, saat itu O.J mengaku ‘sangat ketakutan’ hingga kabur dari rumah dengan mobil Ford Bronco milik temannya. Mengakibatkan kejar-kejaran dengan kecepatan lambat melewati jalanan Los Angeles. Kasus ini sangat terkenal, karena setiap drama yang terjadi disiarkan langsung di televisi.

Pada episode 28 musim ke-14 Pawn Stars, mantan agen O.J, Mike Gilbert memamerkan Ford Bronco yang terkenal itu kepada Rick Harrison dan rekanya Chumlee yang saat itu ada di kediamannya. Mengingat seberapa terkenal  dan meningkatnya nilai pasar mobil off-roader tersebut, Mike ingin menjualnya seharga US$1,3 juta. Sayangnya hingga kini tidak jelas apakah Rick dan Chumlee menyetujui tawaran tersebut.

 

2. Kotak Cerutu JFK

 

Kotak Cerutu JFK adalah kotak tembakau berbahan kenari yang diberikan kepada Presiden John F. Kennedy oleh komedian bernama Milton Berle sebagai hadiah pelantikannya menjadi presiden ke-35 Amerika Serikat pada tahun 1961. Kotak ini digunakan oleh sang presiden diatas meja kerjanya, yang terletak di Oval Office White House sampai kematiannya  pada tahun 1963.

Terdapat sebuah plakat besi pada bagian tutup kotak ini, dengan inisial J.F.K terukir diatasnya.  Bagian dalamnya juga memiliki plakat kecil bertuliskan "Kepada J.F.K. Kesehatan yang Baik – Merokok yang Baik. Milton Berle, 20/1/61." Saat tiba di Pawn Stars, kondisinya sangat baik, termasuk beberapa cerutu yang tidak dihisap di dalamnya.

Erik, pemilik kotak tersebut saat ini, mengatakan kepada Rick bahwa dia memperolehnya dari seorang pria bernama Robert L. White, yang membelinya dari Sekretaris pribadi JFK, Ny. Lincoln melalui kesepakatan pribadi. Menyadari kondisi dan sejarahnya, Erik meminta US$95.000 untuk kotak tersebut, yang akhirnya ditawar menjadi US$60.000 sebagai kesepakatan terakhirnya. Barang ini termasuk salah satu barang termahal yang pernah digadai di acara Pawn Stars.



3. George Washington's 3-Piece Suit


Masih dengan tema barang presiden Amerika, kali ini adalah jas 3 setelan yang dikenakan oleh presiden pertama Amerika, George Washington.  Karena sejarah dan kondisinya yang terjaga mengingat usianya yang sudah ratusan tahun, kolektor yang saat ini memilikinya menawarkan jas bersejarah ini untuk dijual kepada tim Pawn Stars. 

Sang kolektor ingin menjual jasnya dengan harga sebesar US$3 juta, dan tim Pawn Stars menawakan untuk turun ke harga US$2,5 juta. Namun pada akhirnya, negosiasi antara penjual dan tim Pawn Stars gagal dan jas tersebut tidak dibeli.

 

4. Lukisan ‘Monkey Detonator” karya Banksy

 

Banksy

Lukisan Monkey Detonator karya Banksy. (Sumber: Christie's)

Lukisan bertajuk Monkey Detonator adalah salah satu karya terbaik Banksy, pelukis jalanan yang kontroversial. Lukisan ini menggambarkan seekor monyet yang tampak senang melompat untuk menekan alat peledak. Namun monyet tersebut sepertinya tidak menyadari bahaya dari tindakan yang akan dilakukannya, karena ia memakai headphone.

Karya seni asli Banksy ini diperlihatkan kepada Rick oleh Mikael, seorang kolektor yang berbasis di London yang juga memiliki karya Banksy lainnya. Namun, kesepakatan  antara keduanya tidak pernah tercapai. Menurut Mirror, lukisan ini akhirnya dijual di berbagai acara lelang di seluruh dunia. Termasuk pembelian terbarunya di Phillips pada Desember 2020 seharga $5,2 juta dolar Hong Kong.

 

5. Gitar listrik Jimi Hendrix 


Gitar Fender Stratocaster 1963 yang diklaim sempat dimainkan oleh mendiang bintang rock, Jimi Hendrix, sempat tampil di acara Pawn Stars.  Pemiliknya ingin menjual gitar ini dengan harga  US$750.000, tapi Rick sedikit ragu-ragu. Maka dia mendatangkan pakar musik Jesse Amoroso untuk mengautentikasi gitar tersebut. Prosesnya sangat teliti, membandingkannya dengan foto-foto lama dan mengidentifikasinya berdasarkan nomor seri.
 
Akhirnya Jesse menegaskan bahwa gitar tersebut memang asli, dan dimainkan oleh sang bintang rock legendaris, dan bisa dibanderol dengan harga antara US$750.000 dan US$1 juta. Namun sang pemilik kurang kooperatif kepada Rick, dan tidak ada kesepakatan yang pernah dibuat.

SEBELUMNYA

Wangi Aroma Parfum Kolaborasi Nagita Slavina dan Buttonscarves

BERIKUTNYA

Rekomendasi Rice Cooker Digital Solusi Masak Sat-set

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: