Asuransi kesehatan sangat dibutuhkan di masa pandemi ini. (Sumber gambar : Pexels/Oiya Kobruseva)

5 Kiat Memilih Asuransi yang Tepat Untuk Anak

02 July 2022   |   06:24 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Asuransi kesehatan menjadi penting di masa penyebaran penyakit seperti sekarang ini. Dengan adanya proteksi tersebut, tentu hati menjadi lebih tenang ketika nantinya harus berhadapan dengan biaya pengobatan yang mahal. Dari sekian banyak jenis, mungkin yang tepat dimiliki saat ini adalah asuransi keluarga. 

Apabila sudah memiliki asuransi kesehatan keluarga, kamu bisa menyertakan anak dalam satu polis asuransi yang sama. Dengan begitu, kamu tidak perlu lagi membeli dua polis asuransi yang berbeda dengan manfaat serupa. 

Kendati demikian, dalam memilih asuransi kesehatan keluarga, penting melihat perbedaan antara kebutuhan orang dewasa dan anak-anak. Kamu harus lebih selektif jika menyangkut soal anak. Berikut cara memilih asuransi kesehatan keluarga yang bisa menjamin kebutuhan kesehatan anak.

Baca juga: Bingung Mau Pilih Asuransi atau Tabungan Pendidikan? Yuk Kenali 5 Perbedaannya!


1. Manfaat pertanggungan sesuai kebutuhan anak


Pastikan bahwa manfaat yang diberikan untuk anak sudah sesuai dengan kebutuhan untuk anak. Antara lain imunisasi atau vaksinasi, hingga pemeliharaan kesehatan mata dan gigi di samping jaminan santunan rawat jalan dan rawat inap.
 

2. Sistem klaim 


Pilih asuransi kesehatan untuk anak dengan sistem pembayaran cashless sehingga kamu tidak perlu dipusingkan dengan sistem penggantian biaya rumah sakit.
 

3. Jaringan dan kualitas rumah sakit


Perhatikan jaringan rumah sakit rekanan pada asuransi kesehatan yang akan dipilih. Pastikan asuransi yang dipilih memiliki jaringan rumah sakit yang memberikan pelayanan khusus untuk anak. Khususnya, jaringan rumah sakit ibu dan anak atau RSIA di kota besar.

Perhatikan juga seperti apa kualitas dan fasilitas di rumah sakit rekanan asuransi yang akan dipilih. Cek kembali ketersediaan fasilitas khusus untuk anak di rumah sakit terdekat yang dipilih. Ini penting karena kebutuhan fasilitas untuk anak berbeda dengan fasilitas kesehatan untuk orang dewasa. 
 

4. Premi asuransi sesuai kemampuan finansial


Pastikan premi yang dipilih sesuai dengan kemampuan finansial. Utamakan untuk mendapatkan rawat inap jika memang belum bisa memproteksi hingga rawat jalan.
 

5. Bedakan antara asuransi kesehatan dan pendidikan anak


Perlu diingat bahwa asuransi kesehatan dan pendidikan anak adalah dua hal yang berbeda. Asuransi pendidikan lebih menitikberatkan pada asuransi jiwa dan investasi.

Sedangkan kesehatan anak merupakan asuransi murni yang memberikan proteksi terhadap kesehatan mereka. Oleh karena itu, ada baiknya pilih yang benar-benar dibutuhkan.

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Esportstainment, Hiburan Terkini dari Industri Esports

BERIKUTNYA

4 Olahraga Mudah untuk Menghilangkan Lemak Perut

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: