Ilustrasi konser (Sumber gambar: Instagram.com/synchronizefest)

5 Festival Musik Besar di Indonesia yang Suguhkan Konsep Unik

05 September 2022   |   15:30 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Like
Festival musik di Indonesia kini mulai menyajikan berbagai tontonan yang tak bisa dipandang sebelah mata. Menjamurnya berbagai macam festival musik di Indonesia membuat setiap promotor berlomba menyajikan hal yang berbeda. Beberapa di antaranya  sangat memanjakan mata dan berkelas dunia.

Festival musik sendiri termasuk gelaran yang punya basis penonton paling besar dibanding acara festival lain. Terbukti dalam beberapa dekade terakhir ini penikmat musik selalu antusias meramaikan berbagai festival setiap tahunnya.

Animo masyarakat yang tinggi sejalan dengan suguhan kreativitas para promotor yang membuat setiap festival punya ciri khas tersendiri. Ada festival yang mencoba fokus menampilkan satu genre musik, ada pula yang mencoba mengawinkan beberapa genre bahkan lintas generasi. 

Selain itu, acara festival juga kerap dibarengi dengan instalasi seni, stand makanan, dan seminar kreatif yang makin membuatnya jadi lebih menarik.

Baca jugaPenyelenggara Konser Ramaikan Agenda Akhir Tahun, Ini Alasannya

Selain fokus pada musisi siapa saja yang tampil, lokasi yang unik juga punya daya tarik tersendiri. Menikmati musik di atas ketinggian atau di dalam hutan yang lebat kini punya basis penggemarnya sendiri, apalagi Indonesia sudah dikenal lama punya nuansa alam yang indah.

Setiap festival kini seolah sedang berlomba menampilkan hal yang berbeda dan kreatif dibanding yang lainnya. Semuanya dilakukan demi menyuguhkan experience berbeda kepada penonton. Hal itu membuat setiap festival kini punya culture masing-masing.

Lantas apa saja  festival musik besar di Indonesia yang menyuguhkan sesuatu yang berbeda.
 

1. Synchronize Festival

Director of Communication Synchronize Festival Aldila Karina mengatakan tahun ini Synchronize Festival 2022 membawa tema Lokal Lebih Vokal. Tema itu dipilih karena sangat dekat dengan tujuan awal Synchronize didirikan. Sejak 2016 Synchronize hadir sebagai festival lintas genre dan generasi, musisi lokal memang selalu jadi daya tarik utamanya.

Fokus Synchronize memang sejak awal untuk memajukan pergerakan musik Indonesia karena itu mereka kerap mengangkat konten lokal. Festival ini juga mematahkan anggapan kuno bahwa festival yang keren harus mengundang musisi internasional.

“Justru musisi Indonesia itu keren. Spirit itu yang kami bawa terus menerus. Paskapandemi kami makin aware dengan itu,” ujar Dila kepada Hypeabis.id, Minggu (4/9).

Baca juga: Pamungkas hingga Nassar, Simak Daftar Lineup Penyanyi & Grup di Synchronize Fest 2022

Pada tahun ini Synchronize juga menggandeng seniman asal Kalimantan Selatan bernama Rahmat Jaka untukmenampilkan gaya grafis nusantara ke arena festival. Dengan sentuhan artistik lokal dan narasi yang baik, Synchronize Festival tahun ini akan terasa lebih istimewa.
 

2. Playlist Live Festival 2.0

Playlist Live Festival 2.0 yang diprakarsai Djojokarsono Group merupakan festival yang unik dan berani. Musisi yang dihadirkan ke panggung tidak itu saja. Sebab, festival ini sudah punya karakter yang kuat dengan membawa tema throwback ke era 90-an hingga 2.000-an.

Deretan musisi lokal pada era tersebut, seperti Hijau Daun, Audy, Republik, Armada, Fade2Black, Gigi, The Virgin, The Lucky Laki, dan Andra and The BackBone, turut dihadirkan ke dalam festival. Musisi-musisi top pada masanya itu seolah akan membawa nostalgia tersendiri bagi para pendengarnya.

Baca jugaDeretan Lineup Kedua Playlist Live Festival 2.0, dari Saykoji hingga Amy Search

Play Live Festival 2.0 akan resmi digelar pada 17 – 18 September 2022 di LaswiCity Heritage Bandung, Jawa Barat. Festival ini sedianya dijadwalkan digelar 19-20 September 2020. Namun, karena pandemi masih marak akhirnya mengalami penundaan hampir dua tahun dari jadwal awal.
 

3. Java Jazz Festival

Bagi pencinta musik jazz, gelaran Java Jazz Festival tentu sudah masuk ke dalam kalender tontonan setiap tahunnya. Festival ini diinisiasi Peter F. Gontha dan sampai sekarang bisa dibilang sebagai salah satu festival jazz terbesar di Indonesia.

Sebagai sebuah festival, Java Jazz sudah lumayan lama menghibur para penikmat musik di Indonesia. Pertama kali digelar pada Maret 2005 di Jakarta Convention Center. Saat edisi pertamanya itu, ada sekitar 25 musisi luar dan 63 musisi Indonesia.

Java Jazz Festival jadi kesempatan pencinta musik Indonesia untuk menikmati musisi jazz kaliber dunia. Beberapa nama besar yang pernah mengisi panggung Java Jazz Festival ialah James Brown, Eric Bener, Stevie Wonder, Earth Wind and Fire, Jamie Cullum, Bubi Chen, Santana, Bob James, dan masih banyak lagi.
1
2


SEBELUMNYA

The Rings Of Power Pecah Rekor, Nostalgia Yuk dengan 3 Serial The Lord of the Rings Ini

BERIKUTNYA

Gojek Bikin Misi Berhadiah Merchandise BTS, Begini Cara Ikutnya!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: