Ada banyak seniman muda Indonesia berbakat yang diakui di mancanegara. (Sumber gambar: Unsplash/Zalfa Imani)

Tak Hanya Old Master, Ini 4 Seniman Muda Indonesia yang Karyanya Mendunia

05 September 2022   |   11:00 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Like
Beberapa kota besar di dunia juga telah didatangi oleh Diela untuk memamerkan hasil karyanya, di antaranya adalah saat ia mengikuti pameran bersama 13 ilustrator dunia di Paris, Marseille, dan Toulouse.

Dari segi portofolio, Diela juga sudah banyak berkolaborasi dengan berbagai jenama internasional seperti Levis, The Balvenie, Fimela Magz, Apple hingga Adidas. Dia juga diketahui sempat bekerjasama dengan Instagram untuk mendesain sticker official yang hadir dengan campaign #kindcomments.
 

4. Darbotz

Sebenarnya bukanlah nama asli dari seniman mural ini, melainkan hanyalah sebuah nickname atau nama panggilan saja. Sebagai sosok misterius, pria berusia 36 tahun ini memang tidak ingin menyebutkan nama aslinya karena kecintaannya tehadap mural , jug agar karya-karya lebih dikenal masyarakat.

Seniman yang sering mengenakan baju hitam ini juga tidak pernah menyisipkan tanda tangan sebagai identitas pembuatan karya. Bahkan ia selalu menutup sebagian wajahnya jika dipotret, termasuk ketika diwawancara maupun jumpa pers dengan para wartawan.

 

Salah satu karya Darbotz di salah satu hotel di Indonesia (Sumber gambar: thedarbotz.com)

Salah satu karya Darbotz di salah satu hotel di Indonesia (Sumber gambar: thedarbotz.com)


Mulai berekspresi di jalanan pada 2004 lewat karakter muralnya yang khas, karya lebih sering menggunakan warna sederhana seperti hitam dan putih. Namun, dia kadang juga memberikan sedikit penekanan lewat warna lain  untuk mempertegas karyanya yang sontak mampu mencuri perhatian setiap mata yang lewat.

Baca jugaBerkenalan dengan 5 Pelukis Lokal dan Karya Kontemporernya

Karya-karya mural Darbotz dapat kita temui di berbagai tembok sudut kota Jakarta. Bahkan karya salah satu pendiri Tembokbomber.com ini juga sering masuk ke galeri seni yang tersebar di banyak negara hingga menjadi koleksi salah satu galeri ternama di Singapura, yaitu Mizuma Gallery.

Keahlian Darbotz dalam membuat mural juga telah ia tunjukkan dengan mengikuti event di berbagai negara, seperti Singapura, Filipina, Australia, dan Hongkong. Karya-karya muralnya juga berhasil dipamerkan hingga  ke negara-negara di Eropa.

Nah itulah dia Genhype seniman-seniman muda Indonesia berbakat yang karya-karyanya selain ciamik juga mendapat apresiasi  dari kalangan internasional. Adakah yang pernah kalian lihat langsung karya-karya mereka?

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor : Gita Carla
1
2


SEBELUMNYA

Peluang Bisnis Frozen Food, Enggak Perlu Modal Besar untuk Memulainya

BERIKUTNYA

Simak Proses Terjadinya Stroke dan Gejala Sisa yang Ditimbulkan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: