Seniman Darbotz (sumber gambar : Digimap)

Jalin Kolaborasi dengan Digimap, Darbotz Hasilkan Karya Seni dengan Kecanggihan Teknologi

22 June 2023   |   14:52 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Ada banyak medium yang bisa digunakan para seniman untuk menuangkan kreativitasnya, terlebih dengan kecanggihan teknologi saat ini. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh Darbotz, visual artist asal Indonesia sebagai seniman mural dan street art yang tak asing lagi di dalam negeri maupun internasional.

Karya-karya Darbotz telah mendunia, bahkan digunakan oleh berbagai brand ternama, seperti Nike, DC Shoes, Google, dan lainnya. Selain itu, karya-karyan turut ditampilkan di ruang seni digital Kala.Borasi, Paris Van Java Bandung, Jawa Barat.

Kali ini, Darbotz menjalin kolaborasi dengan Digimap dalam menciptakan exclusive merchandise berkonsep multi-purpose laptop yang dipadupadankan dengan gaya urban khas Darbotz. Perpaduan ini menghasilkan desain visual yang memiliki daya tarik nan estetik.

Dalam kolaborasi tersebut, Darbotz keluar dari zona nyamannya yang biasanya menggunakan warna hitam putih, Darbotz menambahkan sedikit aksentuasi warna lain. Sentuhan kreatif dengan ciri khas ini juga turut menggambarkan brand essences dari Digimap.  

Menariknya, kolaborasi ini melibatkan kecanggihan teknologi dari produk Apple yaitu iPad dan Apple Pencil yang menjadi medium Darbotz dalam menuangkan karya-nya. Darbotz mengatakan dengan iPad, dia mampu menemukan cara baru untuk mengekspresikan seni dan mengubah dunia seni menjadi kebangkitan digital.

Pria yang tidak pernah membuka identitasnya itu menyatakan bahwa pada awal diajak kolaborasi adalah ketika dirinya berada di Yogyakarta. Sebelum diajak kerja sama dengan Digimap, dia memang sudah sering membuat karya melalui Macbook Air.

"Dengan iPad, saya menemukan cara baru untuk mengekspresikan diri, mengubah dunia seni menjadi kebangkitan digital dan mengingatkan dunia bahwa seni tidak terbatas pada satu kalimat, tetapi merupakan refleksi yang terus berkembang dari imajinasi dan inovasi,” ujar Darbotz.

Baca juga: Ilustrator Yessiow Gaungkan Nama Indonesia di Panggung Seni Mural Internasional

Karya seni yang dibuat oleh Darbotz kali ini berjudul Human Connection yang terinspirasi dari keuntungan bahwa dengan teknologi akan memudahkan manusia dalam beraktivitas. "Tapi tergantung dari manusianya sendiri. Seberapapun teknologinya ada, Human Connection bisa menghasilkan sesuatu yang bagus. Eksplorasi gue yang tanpa batas," ujarnya.

Farah Fausa Winarsih, Head Of Marketing PT. MAP Zona Adiperkasa mengatakan bahwa karya seni dapat divisualisasikan dalam berbagai medium dan menghasilkan karya terbaik dengan menggunakan produk Apple. 

Sebelum menjalin kolaborasi dengan Darbotz, Digimap telah lebih dulu berkolaborasi dengan Muklay serta beberapa seniman lainnya seperti Rinaldy, Yunardi, dan Titis Saputra yang tujuannya memperluas cakrawala artistry Indonesia yang memiliki potensi agar bisa berkreasi dan menunjukkan minat dan bakatnya.

"Proyek kolaborasi ini, merupakan bukti komitmen kami dalam mengapresiasi seniman seniman muda dalam berkarya, sekaligus mendukung industri kreatif di Indonesia," ucapnya.

Exclusive merchandise Digimap X Darbotz tersedia secara terbatas di Digimap PIM 3 untuk setiap transaksi produk Apple dengan minimum transaksi Rp15 juta.

Melalui kampanye #iChooseCreativity seluruh pengunjung Pondok Indah Mall 3 dapat mengunjungi instalasi karya visualisasi Digimap x Darbotz di gerai Digimap PIM 3, Ground Floor dan Satellite di area Skybridge, lantai 2. Digimap merupakan Apple Premium Partner yang tidak hanya menjadi one-stop-shopping untuk semua produk-produk Apple, tetapi juga penyedia berbagai aksesoris pendukung.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Roni Yunianto

SEBELUMNYA

Qualcomm Kenalkan Teknologi Hybrid AI, Bisa Berjalan Tanpa Internet

BERIKUTNYA

Cek Spesifikasi & Harga Asus ROG Ally yang Sudah Resmi Meluncur di Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: