Film Glass Onion: A Knives Out Mystery tentang misteri pembunuhan di Yunani (Sumber gambar : Netflix)

Penuh Teka-teki, Ada Misteri Berdarah Pulau Pribadi di Film Glass Onion: A Knives Out Mystery

23 August 2022   |   13:17 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Detektif Bernoit Blanc (Daniel Craig) beraksi lagi nih. Kali ini, dia akan mengungkap misteri pembunuhan di sebuah pulau pribadi di Yunani dalam film Glass Onion: A Knives Out Mystery. Ditulis dan disutradarai oleh Rian Johnson, film ini merupakan kisah terbaru dari film Knives Out yang tayang pada 2019 lalu.

Jika Knives Out berfokus pada pembunuhan yang melibatkan keluarga, Glass Onion mengingatkan kita untuk sedikit lebih berhati-hati terhadap teman-teman terdekat lho. 

Baca juga: Decision to Leave, Kisah Kemelut Romansa Detektif & Tersangka Pembunuhan

Film ini bermula ketika miliarder teknologi Miles Bron (Edward Norton) mengundang beberapa teman terdekat dan tersayangnya untuk berlibur di pulau pribadinya di Yunani. Namun liburan itu berubah menjadi peristiwa mencekam karena ada tragedi pembunuhan.

Sang miliarder pun mengundang Blanc untuk menelusuri pembunuhan ini. Dengan aksen kentalnya, detektif Blanc pun melontarkan gertakan dan muslihat untuk mendapatkan petunjuk-petunjuk penting atas peristiwa terebut. 

Sang Sutradara mengisyaratkan bahwa Blanc kali ini akan lebih menjadi sorotan. “Kita akan mengenalnya sedikit lebih baik,” ungkapnya dalam keterangan resmi, Selasa (23/8/2022). 

Johnson menjelaskan pada film pertama, Marta yang diperankan Ana de Armas lah yang menjadi bintang utama Knives Out karena struktur ceritanya. Sementara Blanc dianggap sebagai ancaman besar. 

Dia hampir seperti antagonis jika dilihat dari struktur cerita. Dia dikhawatirkan akan membuka kedok Marta saat hubungan mereka semakin dekat, dan pada akhirnya harus menangkapnya. 

“Jadi, Blanc selalu berada di luar lingkup protagonis dan sedikit lebih misterius di film pertama. Sementara di film ini, Blanc menerima undangan untuk memecahkan kasus pembunuhan misterius di pulau itu. Kita akan bertemu tamu lainnya dan masuk ke dunia itu melalui sudut pandangnya,” tutur Johnson. 

Baca juga: Intrik Pembunuhan Misterius dalam House of Gucci

Dalam film ini, Johnson mendeskripsikan upaya megungkap misteri sebagai pesta makan malam. Para tamu yang duduk di meja makan kali ini selain nomine Piala Oscar, Edward Norton, ada pula Janelle Monáe, Kathryn Hahn, Leslie Odom Jr., Jessica Henwick (The Gray Man), Madelyn Cline (Outer Banks), Kate Hudson, dan Dave Bautista (Army of the Dead).

“Kami mengumpulkan kelompok hebat yang menyesuaikan diri dengan sangat baik,” sebut Johnson. 

Sementara itu, Johnson mengungkapkan bahwa judul film terbarunya diambil dari judul sebuah lagu grup The Beatles pada 1968. “Saya selalu mencari-cari hal jenaka, sesuatu yang selalu dapat menjadi pegangan bagi Blanc,” ujarnya. 

Awalnya dia ingin menemukan padanan kata untuk sesuatu yang ‘jelas’, maka dia mendapatkan kata ‘glass’ (kaca). “Setelah itu saya mencari-cari lagu dengan kata glass, dan karena saya penggemar berat The Beatles, lagu pertama yang muncul adalah Glass Onion,” ungkapnya.  

Untuk mempertahankan suasana liburan yang lebih bernuansa pantai, film baru ini menukar rumah lama Knives Out di Massachusetts dengan resor miliarder di Yunani. 
 

Proses syuting film (Sumber gambar : Netflix)

Proses syuting film Glass Onion: A Knives Out Mystery. (Sumber gambar : Netflix)


Johnson mengatakan dia secara kebetulan menemukan lokasi yang sempurna yakni Villa 20 di hotel Amanzoe di Porto Heli, Yunani. Lokasi syuting ini juga merangkap sebagai hotel bagi para cast, tidak sedikit dari mereka yang membawa serta keluarga. “Rasanya seperti liburan di musim panas sambil membuat film,” kata Johnson.

Dia menambahkan bahwa Glass Onion berakar pada kekaguman lamanya pada novel karangan Agatha Christie, dengan karakter paling terkenalnya yakni Detektif Hercule Poirot. Menurut Johnson Christie selalu menemukan pendekatan yang terasa unik dan menyegarkan, dan kita bisa merasakan tantangan kreativitas di baliknya.

Selain novel-novel Christie, dia juga mengambil inspirasi dari film-film misteri pembunuhan dalam liburan tropis seperti film pada 1982, Evil Under the Sun. Paling utama yang menjadi referensi yakni film The Last of Sheila pada 1973. 

Baca juga: Adamas, Drakor Misteri tentang Pengungkapan Konspirasi Pembunuhan

Ditulis oleh Stephen Sondheim dan Anthony Perkins, serta dibintangi para aktor seperti Raquel Welch, Ian McShane, dan Dyan Cannon, kisah Sheila bercerita tentang sekelompok selebritas glamor yang perjalanan kapal pesiarnya berubah menjadi mimpi buruk. Johnson menyebut film ini merupakan salah satu film terfavoritnya sepanjang masa.

“Tentu saja saya mengambil beberapa inspirasi yang sangat jelas dari film itu,” bebernya. 

Nah, buat kamu yang penasaran dengan Glass Onion: A Knives Out Mystery, film ini akan segera tayang di Netflix pada 23 Desember 2022.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Googlenews)

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Penanganan Pilek pada Balita, Pemberian Antibiotik Tidak Disarankan

BERIKUTNYA

Pentingnya Pemeriksaan Tekanan Darah Mandiri

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: