Salah satu adegan film A Haunting in Venice. (Sumber: 20th Century Studio)

4 Rekomendasi Film Misteri Whodunit untuk Pencinta Teka-Teki

11 August 2023   |   17:54 WIB
Image
Siti Sarah Jauhari Mahasiswa Universitas Padjadjaran

Like

Salah satu genre film dengan banyak peminat adalah misteri. Rasa debar dan penasaran sepanjang film membuat penonton tak akan bosan menonton film dengan bertemakan misteri. Salah satu alur yang sering ditemui dalam film misteri adalah genre whodunit

Istilah whodunit mengacu pada film-film misteri yang merahasiakan identitas penjahat dan baru mengungkapnya di akhir cerita. Film dengan plot whodunit biasanya berfokus pada pencarian pelaku tindakan kriminal oleh si pemeran utama atas sebuah misteri.

Berikut rekomendasi film genre misteri whodunit yang mendebarkan dan penuh teka-teki, cocok untuk kalian saksikan saat weekend.
 

1. Knives Out (2019)

Knives Out menceritakan perjalanan detektif Benoit Blanc dalam memecahkan sebuah misteri pembunuhan. Diperankan Daniel Craig sebagai Benoit Blanc, Knives Out juga menggandeng aktor beken lain, seperti Chris Evans, Ana de Armas, hingga Joseph Gordon-Levitt. 

Benoit Blanc kala itu menangani kasus kematian seorang penulis novel kriminal kaya raya. Tepat setelah berulang tahun ke-85, sang novelis ditemukan meninggal di rumahnya. 

Misteri kematian membawa Benoit pada investigasi dengan tiap anggota keluarga yang hadir pada pesta perayaan ulang tahun itu. Tiap investigasi akan membuat penonton menduga-duga siapa pelaku sebenarnya.

Setelah Knives Out, Daniel Craig juga memerankan Benoit Blanc pada film whodunit serupa, Glass Onion: A Knives Out Mystery (2022).

 

2. Only Murders in the Building (2021)

Only Murders in the Building merupakan serial TV on going asal Amerika yang kini telah mencapai season 3. Serial ini menceritakan kisah ketiga tetangga di gedung apartemen Upper West Side yang diperankan Steve Martin, Martin Short, dan Selena Gomez. 

Penuh komedi, pada musim pertama plot cerita berpusat pada peristiwa kematian yang mencurigakan di gedung apartemen tempat mereka tinggal. Ketiga tetangga ini pun memulai podcast mereka sendiri yang membahas hasil penyelidikan mereka atas misteri pembunuhan itu.

3. Zodiac (2007)

Berlatar di San Fransisco, Zodiac mengisahkan seorang kartunis, Robert Graysmith (Jake Gyllenhaal) dan reporter kriminal, Paul Avery (Robert Downey Jr.). Keduanya bekerja sama dalam mengungkap misteri pembunuhan berantai yang dikenal dengan sebutan Zodiac Killer. 

Zodiac merupakan adaptasi dari buku dengan judul yang sama karya Robert Graysmith, berdasarkan kejadian nyata di Amerika. Zodiac Killer dikisahkan kerap mengirimkan sebuah pola gambar yang berisikan pesan rahasia. Graysmith dan Avery pun makin terobsesi untuk memecahkan kode dari pola pada pesan rahasia untuk mengungkap sosok Zodiac Killer. 
 

4. A Haunting in Venice (2023)

Bagi penggemar novel misteri karya Agatha Christie, pasti sudah tidak asing dengan detektif Hercule Poirot. Sebelumnya, perjalanan seru Hercule Poirot dalam mengungkap misteri pembunuhan telah difilmkan dalam Murder on the Orient Express (2017), dan Death on the Nile (2022). Sosok Poirot pada kedua film diperankan oleh aktor Kenneth Branagh.

Kedua film berhasil membawa penonton pada teka-teki membingungkan beserta ending yang mencengangkan. Kenneth Branagh pun berhasil membawakan sosok eksentrik Poirot dengan apik. 

Tidak berhenti pada dua film itu, Kenneth Branagh akan kembali memerankan Hercule Poirot pada film terbarunya, A Haunting in Venice. Film ini merupakan adaptasi dari buku Agatha Christie berjudul Hallowe’en Party

Dalam film ini, Poirot yang telah pensiun dari pekerjaannya sebagai detektif harus memecahkan misteri kematian seorang tamu pada acara pemanggilan arwah di Venesia. A Haunting in Venice akan tayang di bioskop Indonesia pada 15 September mendatang. Film ini turut menggandeng Jamie Dornan hingga Michelle Yeoh sebagai pemerannya. 


(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

10 Mobil Baru yang Siap Mengaspal di GIIAS 2023, dari Hyundai Stargazer X sampai Mitsubishi SUV 

BERIKUTNYA

Taylor Swift Umumkan Peluncuran Album 1989 (Taylor’s Version)

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: