Kamar hotel biasanya menciptakan suasana nyaman, yang membuat kita betah tinggal berlama-lama (Sumber gambar: Unsplash/Point3D)

Kiat Menciptakan Ruang Nyaman ala Kamar Hotel  

16 August 2022   |   10:51 WIB

Kamar yang nyaman, bersih, dan lapang seringkali kita rasakan  ketika berkesempatan menginap di hotel. Kondisi kamar seperti ini  pastinya membuat betah siapa pun untuk berlama-lama tinggal di  dalamnya. Kepenatan kerja seakan pulih setelah beristirahat di atas tempat tidur empuk, dan berlapis kain seprei yang bersih dan wangi.

Sayangnya, tidak semua orang berkesempatan untuk tinggal berlama-lama di hotel. Saat liburan usai, atau tugas kantor rampung, kebanyakan dari kita akan kembali ke tempat asal. Namun jangan khawatir, pasalnya kalian masih dapat menikmati sensasi tinggal di kamar hotel dalam hunian. Caranya dengan menata dan merancang kembali ruang layaknya kamar hotel. 

Baca Juga : Lakukan Cara Mudah Ini untuk Menciptakan Kamar Tidur yang Nyaman 

Dikutip dari Bisnis Indonesia Weekend edisi Agustus 2017, Desainer Interior Sarrah Syarifatualiyah mengatakan, konsep yang umum diterapkan pada kamar hotel adalah memaksimalkan waktu istirahat para tamu. Oleh karena itu, faktor suasana, sirkulasi, dan titik penempatan lampu serta intensitas warna menjadi poin penting yang harus diperhatikan saat mendesain kamar. 

“Kamar tidur juga sebaiknya digunakan untuk beristirahat saja. Sementara itu, untuk aktivitas kerja juga dengan intensitas ringan seperti berganti baju, mandi, atau menonton televisi,” tuturnya.
 

Perabot & Pajangan 

Di luar perabotan tadi, kalian dapat menambahkan pajangan berupa lukisan atau pernak pernik kesayangan sebagai elemen dekoratif. Hanya saja, hal itu tetap harus dibatasi jumlahnya sehingga tidak menimbulkan tumpukan yang membuat ruang kamar jauh dari kata rapi. 

Menurut Sarrah, meletakkan pajangan dapat dilakukan tetapi tidak menjadi keharusan. Benda yang tidak hanya sebagai elemen dekoratif tetapi juga fungsi lain. Contohnya menggunakan padded wall atau pelapis dinding yang berfungsi sebagai ujung tempat tidur atau headboard

“Bisa juga menggunakan bahan kain yang memiliki motif grafik  abstrak semi modern dengan kombinasi biru laut dan krem dengan bentuknya yang tinggi hingga mencapai plafon,” katanya. Jika memungkinkan, disarankan untuk tidak memajang dekorasi  lepasan seperti vas bunga bermaterial kaca atau keramik yang  berpotensi tersenggol dan pecah. 

Baca Juga : 12 Cara Cepat Membersihkan Rumah & Perabotnya 
 

Warna Cat Dinding 

Agar suasana kamar semakin mirip dengan hotel, kalian dapat  memilih warna cat dinding yang lebih kalem. Hindari menggunakan  cat berwarna primer dan kuat seperti merah, hitam, biru, hijau, atau  lembayung dalam dua bidang dinding. 

Salah pilih warna maka dapat menimbulkan efek psikologis seperti  gelisah, dan tidur kurang nyaman. Kondisi itu jelas bertolak belakang  dengan tujuan utama membangun suasana ala kamar tidur hotel. 

“Saya lebih menyarankan untuk menggunakan warna-warna nude,  soft, dan warna alam. Apabila ingin menggunakan warna kuat, bisa  diterapkan pada beberapa bagian kecil saja tetapi tetap diselaraskan  dengan warna yang lebih lembut,” katanya. 

Baca Juga : Yuk Berkreasi dengan Warna Cat Tembok Biar Rumah Bikin Betah 
 

Karpet & Ubin 

Guna menciptakan kamar agar lebih nyaman, kalian juga dapat  memanfaatkan karpet berbahan nilon yang mudah dibersihkan pada  lantai sekitar tempat tidur atau di sudut ruangan yang biasa  digunakan untuk beraktivitas. 

Lantas bagaimana jika ruang kamar tidur kalian tidak seberapa luas? Apakah masih memungkinkan menciptakan suasana kamar hotel? Sarrah mengatakan, hal tersebut tidak berpengaruh terhadap upaya membangun suasana hotel. Jika memiliki ruang tidur berluasan terbatas 3x3 meter, maka disarankan untuk menggunakan homogenous tile pada lantai. 

Homogenous tile yang sering juga disebut granite tile adalah material penutup lantai dan dinding yang terbuat dari bahan-bahan seperti tanah liat, silika, dan kaolin yang dicampur menjadi satu sehingga homogen. Lantai jenis ini lebih nyaman diinjak dan memiliki pilihan warna  terang sehingga membuat ilusi ruangan sempit berubah menjadi lebih luas. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)


Editor : Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Asal-usul Panjat Pinang, Lomba 17 Agustusan Warisan Orang-Orang Belanda

BERIKUTNYA

Ragam Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan untuk Merayakan Kemerdekaan Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: