Ilustrasi membersihkan rumah dan perabot (sumber gambar: Liana Mikah/Unsplash)

12 Cara Cepat Membersihkan Rumah dan Perabotnya

12 July 2022   |   19:45 WIB

Like
Membersihkan rumah dan segala macam perabotannya memang gampang-gampang susah. Apalagi untuk bagian rumah dan perabot yang jarang dijamah atau dipakai biasanya akan banyak noda membandel akibat debu atau udara lembap sehingga menjadi kotor dan berkarat.  

Kalau sudah begitu, tentu cara membersihkannya tidak mudah dan mungkin membutuhkan penanganan khusus. Berikut beberapa tip yang dapat diaplikasikan saat membersihkan bagian rumah dan perabotannya dengan cara cepat dan mudah, dikutip dari Bisnis Indonesia Weekly 12 Juli 2015.
 

• Cermin

Membersihkan cermin perlu sedikit perhatian. Mengapa? Cara membersihkan yang salah akan menggores cermin. Hal yang perlu diperhatikan saat membersihkan cermin adalah mengunakan alat pembersih kaca, seperti spons, wiper, dan fiber.  Saat awal pembersihan sebaiknya menggunakan kain fiber yang berfungsi untuk mengangkat debu pada kaca agar tidak terjadi goresan.

Selanjutnya, membersihkan dengan sabun atau detergen dengan menggunakan spons. Pada tahap akhir, dapat menggunakan wiper untuk mengangkat sabun yang tersisa setelah membersihkan kaca.

Baca juga: Begini Kiat Memilih & Cara Merawat Mainan Kayu untuk Anak

Ada baiknya jika  menggunakan cairan pembersih yang berkandungan zat kimia Isopropil alkohol untuk membersihkan kaca secara optimal. Sebab, alkohol dapat melarutkan mineral yang tidak terlalu menempel di kaca. Namun, untuk kaca berwarna sebaiknya tidak menggunakan cairan pembersih yang mengandung amonia karena warna kaca akan memudar.
 

• Perabot Kayu

Ciri perabotan kayu yang sudah lama tidak dipajang adalah kusam dan berdebu. Jika  ingin mengkilatkan kembali perabotan dari kayu, tidak perlu susah untuk memelitur ulang.  cukup memanfaatkan beberapa bahan baku di dapur yakni dua sendok minyak goreng dicampur dengan air perasan jeruk dalam segelas air.

Selanjutnya,  dapat menggunakan kain lembut yang telah dicelupkan dalam cairan ini, untuk menggosokkan pada furnitur kayu. Ulangi beberapa kali hingga furnitur kayu menjadi mengkilap. Guna membersihkan celah ukiran yang terpahat pada kayu,  cukup menggunakan kuas bersih atau sikat yang lembut.

Perawatan dilanjutkan dengan menggosokkan kemiri yang sudah dibakar untuk furnitur kayu warna gelap.  Sementara, untuk furnitur kayu berwarna terang dapat menggunakan kemiri tumbuk yang telah dibungkus kain. Setelah itu, bersihkan kembali furnitur kayu berukir dengan kain halus.
 

• Wallpaper

Kotoran yang menempel pada wallpaper dapat dipastikan merusak tampilan interior hunian. Guna membersihkan wallpaper, dapat mencampurkan tepung maizena dan air. Gosokan cairan pembersih ini pada wallpaper dengan mengunakan sikat gigi. Bilamana kotoran masih membandel,  dapat mengganti tepung maizena dengan baking soda murni.
 

• Karpet

Fungsi karpet sebagai penutup lantai membuat asesori ini sangat rentan terkena noda dan kotoran dari remah-remah makanan. Tidak perlu cemas atau repot membawanya ke laundry, cukup memanfaatkan campuran air dan cuka untuk membersihkannya.  Caranya, lebih dahulu dibersihkan kotoran dan noda di atas karpet. Setelah itu, semprotkan campuran air dan cuka pada noda, dan gunakan handuk bersih untuk menyerap air cuka dari karpet.
 

• Kaca Jendela

Membersihkan kaca jendela yang buram tidaklah sulit.  cukup membasahi jendela dengan air, memulasnya dengan kapur tulis, dan kemudian cukup dibersihkan dengan kertas koran yang sudah dibasahi. Funsi kapur tulis, dapat digantikan  dengan cuka yang sebelumnya diencerkan dengan sedikit air.
 

• Lukisan dan Foto Tua

Membersihkan lukisan seringkali memunculkan kekhawatiran jika membuat cat akan mengelupas sehingga merusak keindahannya. Jangan khawatir, jika  ingin membersihkan lukisan yang dibuat dengan cat minyak,  cukup  menggunakan roti tawar yang ditekan- tekankan pada permukaan lukisan.

Baca juga: 5 Bahan Dapur Ini Efektif Membersihkan Lumut & Jamur di Tembok

Saat roti  ditekan pada permukaan lukisan, maka jamur dan kotoran akan menempel pada roti.  dapat melakukan hal yang sama pada permukaan foto yang sudah tua.
 

• Lilin Wangi

Penggunaan lilin saat ini, tidak sekadar  menerangi ruangan, tetapi juga mengharum- kan ruangan, dan sebagai penghias ruangan.  Jika  ingin membersihkan lilin yang  mulai berdebu, caranya mudah.  ting- gal membersihkan permukaan lilin dengan  kapas yang sudah ditetesi dengan alkohol.
 

• Lantai Keramik

Membersihkan lantai keramik dapat dilakukan sekejab dengan menggunakan cairan yang  ramu sendiri. Salah satunya dengan mencampur air bersih dengan secangkir cuka. Ramuan ini akan menciptakan tampilkan lantai yang lebih bercahaya dibandingkan menggunakan pembersih lantai.
 

• Wastafel

Area kamar mandi merupakan salah satu tempat yang tinggi aktivitasnya. Sulitnya membersihkan wastafel yang kotor dan berkerak pastinya pernah dialami banyak pemilik rumah. Guna mengatasinya,  tinggal menjarang air hingga mendidih dan menuangkan ke bak wastafel hingga penuh. Setelah didiamkan beberapa saat dan air dibuang melalui saluran pembuangan, gosok permukaan wastafel dengan cuka, bilas, dan  keringkan.
 

• Bekas Telur

Membersihkan telur yang pecah seringkali tidak mudah, dan jika tidak segera dibersihkan akan meninggalkan bau amis. Tapi tidak perlu khawatir, membersihkan telur yang pecah ke lantai, dapat dengan menaburkan garam, dan tunggu hingga 5 menit. Setelah itu, kotoran telur dapat dibersihkan dengan mudah.
 

Stainless Steel

Membersihkan alat makan yang berbahan stainless steel dapat dilakukan dengan membilasnya dengan air hangat yang dicampur dengan perasan jeruk nipis.
 

• Dinding Dapur

Aktivitas memasak yang rutin seringkali meninggalkan noda cipratan minyak ke dinding dapur. Cara membersihkan noda minyak yang kecoklatan dapat dilakukan dengan mencampur tepung maizena dan cuka. Oleskan kedua bahan tersebut, dan bersihkan mengunakan spons.

Baca juga: Cara Mudah Membersihkan Furnitur Berdasarkan Jenis-Jenis Materialnya

Bersihkan permukaan dinding dengan gerakan memutar hingga noda menghilang. Pada sentuhan terakhir, bersihkan dinding dengan kain yang sudah diolesi dengan sedikit sabun colek, lalu lap dengan kain yang sudah dibasahi air hingga kesat.  

Editor: Fajar Sidik
 

SEBELUMNYA

7 Film Hollywood yang Menyelipkan Kosakata Bahasa Indonesia

BERIKUTNYA

Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan MPLS dan MOS

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: