Ilustrasi kamar tidur yang nyaman (Sumber gambar: Unsplash/Chastity Cortijo)

Lakukan Cara Mudah Ini untuk Menciptakan Kamar Tidur yang Nyaman

06 June 2022   |   15:28 WIB

Kualitas tidur kita salah satunya ditentukan oleh kamar tidur. Bila kita memiliki kamar tidur yang nyaman, bukan tak mungkin kita akan terlelap dan nyenyak. Begitu pun sebaliknya, jika kamar tidur kita berantakan, maka kemungkinan besar kita akan sering terbangun. 

Guna mendapatkan kenyaman yang maksimal tidak jarang penghuni rumah rela merogoh kocek dalam-dalam untuk merenovasi ruang tidur. Sebagian dari mereka berkreasi mulai dengan memasang hiasan dinding, bermain pada pencahayaan, hingga menempatkan perabotan yang fungsional, untuk membuat ruangan tampak lega.

Namun, dari seluruh upaya tersebut, cara mudah untuk memberikan kesan nyaman pada kamar tidur adalah kejelian bermain warna. Kalian dapat memberikan warna-warna tertentu pada dinding dan pemilihan material di perabotan untuk ruang paling pribadi ini. Ingat, kalian tidak bisa sembarangan dalam memainkan warna ini. 

Baca juga: 3 Pilihan Warna Cat Dinding yang Cocok untuk Kamar Tidur
 

Warna netral dan natural

Dikutip dari Bisnis Indonesia Weekly edisi 24 Januari 2016, penggunaan warna-warna netral pada kamar tidur dapat menimbulkan kesan nyaman kepada para penghuninya. Selain itu, pemilihan warna natural pada furniture juga dapat mendukung terbentuknya suasana nyaman pada kamar tidur.

Warna netral seperti putih dapat diterapkan pada lantai dan dinding. Sementara itu, penggunaan warna natural seperti coklat muda pada furniture juga dapat menciptakan suasana nyaman.
 

Warna kontras

Kendati warna netral sangat tepat untuk dijadikan pilihan di dalam ruang tidur, tetapi perlu dikombinasikan dengan warna lain yang lebih gelap. Hal tersebut perlu dilakukan untuk menonjolkan warna kontras dalam pencampuran warna. Pilihan warna gelap juga dapat menjadi titik perhatian utama dalam kamar tidur kalian. Misalnya, penggunaan warna hitam dapat dikombinasikan untuk memberikan unsur ketenangan.
 

Warna terkait suasana hati

Warna memiliki kekuatan yang sangat besar dalam mengubah suasana hati. Di dalam ruang tidur, pencampuran warna perlu dilakukan secara minimalis agar terhindar dari kesan berat.  Warna lain yang dapat digunakan adalah jingga. Warna ini mewakili optimisme, kehangatan, keceriaan dan mampu merangsang pandangan mata.

Baca juga: Trik Menata Kamar Tidur dengan Gaya Minimalis
 

Posisi jendela

Selain pilihan warna, kalian juga harus memperhatikan posisi jendela yang berfungsi sebagai media pengantar cahaya dan sirkulasi udara, di dalam ruang tidur. Namun, perlu ditempatkan di posisi yang tepat sehingga tidak membuat kamar terasa panas pada siang hari, terutama pada area tempat tidur yang dapat mengganggu kenyamanan.

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

5 Cara Membuat Dapur Mungil Kalian Terasa Luas Tanpa Harus Membongkarnya

BERIKUTNYA

Rumah Kalian Terlanjur Menghadap Barat, Ini Trik Biar Enggak Kepanasan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: