Ilustrasi cat tembok. (Sumber gambar: Unsplash)

Yuk Berkreasi dengan Warna Cat Tembok Biar Rumah Bikin Betah

27 June 2022   |   15:09 WIB

Dalam arsitektur dan desain interior, pemilihan cat tembok harus diperhatikan termasuk saat menata ulang atau merenovasi tempat tinggal. Selain mempercantik tampilan, pemilihan warna cat yang pas akan membantu mengusir kejenuhan agar dinding tidak monoton, serta turut mempengaruhi suasana hati .

Jadi, pemilihan cat tembok akan berpengaruh pada mood atau suasana yang hadir dari warna dan tekstur yang dipilih. Tak hanya itu, biasanya pemilihan ini akan seragam dengan preferensi penentu warna yang didominasi oleh ibu rumah tangga.

Baca juga: Melihat Wajah Baru Taman Ismail Marzuki, Berubah Hampir 100 Persen & Lebih Modern

Menurut Niluh Putu Ayu, Head of Marketing dari AkzoNobel Decorative Prints Indonesia, pemilihan warna bisa dilakukan dengan berbagai preferensi mulai dari konsep yang ingin dibangun hingga berdasarkan shio anggota keluarga yang tinggal di rumah. Harapannya, pemilihan cat tembok pada bagian dalam ruangan dan luar rumah bisa memberikan nuansa baru.

Arsitek Ren Katili menambahkan bahwa nuansa baru melalui pemilihan cat tembok banyak terjadi selama masa pandemi. Dia mengamati bahwa masyarakat saat pandemi merasa jenuh, sehingga fenomena dari keinginan untuk memperbarui cat pada rumah menjadi meningkat.

"Mereka butuh sesuatu yang bisa memberikan inspirasi, sehingga warna-warna yang hadir umumnya warna cerah," tambahnya dalam acara bincang-bincang di Kalimalang, Bekasi, Senin (27/6/2022).

Salah satu warna rujukan yang disebut oleh Ren adalah warna biru muda yang memberikan kesan sejuk, perasaan semangat, dan ketenangan jiwa. Warna-warna lembut ini senada dengan kesan optimis yang ingin dibangun dalam hunian pasca pandemi.

Demi membangun pengalaman dalam menentukan warna baru untuk hunian atau tempat tinggal, ada beberapa kiat yang bisa dibangun terutama dengan cukup besarnya keterlibatan ibu rumah tangga dalam pilihan ini. Salah satunya adalah menciptakan pengalaman seleksi warna langsung di toko bangunan.

Berdasarkan pengalaman Ren, kegiatan membawa klien secara langsung ke sebuah toko bangunan dengan sampel hasil produk yang sudah diaplikasikan ke dinding bisa jadi hal yang lebih direkomendasikan. Dengan ini, mereka bisa tahu secara langsung produk yang akan mereka beli.

Baca juga: Cara Memilih & Menata Karpet Agar Rumah Terasa Lebih Nyaman

Tantangan dalam menciptakan pengalaman yang berkesan dan berdampak baik dari memilih langsung cat tembok ada pada suasana ruangan yang kurang tertata rapi serta memiliki aroma yang tajam dengan bahan-bahan kimia. Melaney Ricardo, artis sekaligus influencer, menyarankan adanya penggunaan wewangian di dalam toko.

"Wewangian seperti aroma terapi yang tidak setajam dengan bau cat pada umumnya [bisa jadi solusi]. Pengunjung bisa saja nyaman karena toko [bahan bangunan yang] bagus, tapi bau tajam membuat orang-orang jadi kurang nyaman," jelasnya.

Editor: Fajar Sidik
SEBELUMNYA

Tapak Tilas Lea Lafugie, Perempuan Penjelajah Asia

BERIKUTNYA

Catat Bestie, Ini 5 Cara Mengenali Investasi Bodong

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: