Donnie Darko (kiri atas), WALL-E, Attack the Block, Annihilation. (Sumber gambar: Pandora Cinema/Newmarket Films, Walt Disney Studios Motion Pictures, Optimum Releasing, Netflix/Paramount Pictures)

Robot sampai Astronaut, Simak 7 Rekomendasi Film Fiksi Ilmiah

15 July 2022   |   08:58 WIB

4. The Host (2006)


Digarap oleh sutradara Bong Joon-ho, film berkonsep monster ini melihat fenomena monster yang menculik anak perempuan dan upaya penyelamatan anak tersebut oleh sang ayah. Kehadiran monster dalam cerita ini dikisahkan sebagai akibat dari tumpahan zat kimia milik tentara Amerika Serikat di dalam Sungai Han, di mana Bong bercerita bahwa kisahnya terinspirasi dari ikan dengan tulang berbentuk huruf S.

Pada saat perilisannya, film ini dianggap sebagai salah satu film yang sukses secara komersial dan kritik. Pada segi komersial, film ini dianggap menguntungkan karena mengundang lebih dari 13 juta penonton dan menjadi film dengan keuntungan tertinggi sepanjang masa.

Sementara itu, aspek kritiknya juga dianggap positif dengan ulasan memuaskan pada segi cerita untuk film bertema monster serta dianggap membawa kisah fiksi yang segar.
 

5. Blade Runner 2049 (2017)


Hadir dengan kombinasi aliran fiksi sains dengan neo-noir, film dari sutradara Denis Villeneuve ini bercerita tentang K, seorang blade runner baru untuk Departemen Kepolisian Los Angeles, yang mencoba untuk mengungkap rahasia yang berpotensi mengacaukan masyarakat. Pencariannya berujung pada misi menemukan Rick Deckard, mantan blade runner yang hilang selama 30 tahun.

Meski menguntungkan secara komersial kendati berbagai performa yang kurang baik, film ini mendapatkan berbagai macam kritik dengan ulasan yang baik pada aspek pengembangan cerita dari Blade Runner sebelumnya, penampilan aktor yang berkesan, hingga aspek produksi seperti sinematografi sampai efek visual. 
 

6. Donnie Darko (2001)


Dengan kisah thriller psikologis, film yang digarap oleh sutradara Richard Kelly dan dibintangi oleh Jake Gyllenhaal, Jena Malone, dan lainnya ini bercerita tentang pemuda bernama Donnie Darko yang mengalami kejadian aneh karena sebuah kecelakaan.

Hal ini membuatnya melihat sosok Frank yang berkostum kelinci, di mana dia memberitahu Donnie bahwa dunia akan berakhir hanya dalam kurun waktu 28 hari. Kemudian, Frank memanipulasi Donnie untuk melakukan berbagai tindakan kriminal.

Tayang perdana dalam Festival Film Sundance 2001, film ini sempat memiliki performa buruk di box office Amerika Serikat karena beberapa adegan yang mengingatkan penonton akan beberapa kejadian traumatis seperti pembunuhan massal Columbine High School dan serangan 11 September (9/11). Namun, film ini mendapatkan respons baik dengan ulasan pendekatan fiksi sains dengan spiritualitas dan kisah remaja yang mendalam.
 

7. WALL-E (2008)


Berkonsep animasi, film garapan sutradara Andrew Stanton ini melihat kisah robot soliter yang berada di Bumi yang sudah tidak layak tinggal pada 2085. Tugasnya adalah untuk membersihkan sampah-sampah di sana, hingga dia akhirnya dikunjungi oleh robot EVE yang dikirim oleh pesawat luar angkasa Axiom dan akhirnya jatuh cinta.

Baca juga: Tsunami hingga Ledakan Minyak, Ini Rekomendasi 5 Film Bertema Bencana

Film ini mendapatkan respons yang cukup baik dalam segi animasi, cerita, minim dialog, visual, musik scoring, hingga adegan romantis antar robot. Tidak hanya itu, film ini dianggap sebagai film animasi terbaik sepanjang masa dan masuk ke dalam salah satu film yang didaftarkan dalam National Film Registry Perpustakaan Kongres Amerika Serikat.

Selain tujuh film ini, beberapa rekomendasi lainnya adalah Bumblebee (2018) yang mengangkat konsep robot dan aksi, Ghost in the Shell (1995) yang mengungkap konsep subgenre cyberpunk thriller, dan Inception (2010) yang mengangkat aliran aksi dengan konsep mimpi dan alam bawah sadar.


Editor: Gita Carla
1
2


SEBELUMNYA

Ini Stigma Miring yang Kerap Disematkan Pada Pemain eSports

BERIKUTNYA

Nagita Slavina Resmi Jabat Posisi CEO Esteh Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: