EXIT (kiri), Contagion, The Impossible. (Sumber gambar: CJ Entertainment, Warner Bros. Pictures, Summit Entertainment)

Tsunami hingga Ledakan Minyak, Ini Rekomendasi 5 Film Bertema Bencana

13 July 2022   |   18:59 WIB

Film bertema bencana alam memiliki unsur yang membuatnya berbeda dengan film-film tema lainnya. Kepopulerannya mulai tampak sejak 1970-an dengan ketegangan yang dianggap spektakuler serta menghibur dengan ketegangan dan ketakutan di tengah masa-masa kekacauan politik maupun ekonomi.

Umumnya, film-film bertemakan bencana biasanya memuat kejadian bencana alam, kecelakaan, bencana buatan karena ulah manusia, hingga fenomena global seperti pandemi dari sebuah penyakit.

Baca juga: 5 Rekomendasi Film Romantis dengan Kisah Unik di Netflix

Bervariasi dari bencana buatan manusia sampai tsunami, simak lima rekomendasi film bertemakan bencana alam yang menarik.
 

1. EXIT (2019)


Dengan konsep survival, film yang dibintangi oleh YoonA dan Jo Jong-suk ini bercerita tentang seorang laki-laki yang ingin berhubungan dengan gebetannya di masa lalu, tapi akhirnya mereka harus kabur dari serangan gas putih misterius yang menutup seluruh kota Seoul. 

Digarap oleh Lee Sang-geun, film ini menjadi salah satu film yang sukses secara komersial dengan pendapatan global sebesar US$69,5 juta dan telah ditonton lebih dari 9,4 juta orang. Lalu, film ini juga diterima publik dan kritikus dengan ulasan bahwa film ini hadir dengan aksi yang asyik dan elemen bencana alam yang dikemas dengan ringan untuk semua usia.
 

2. The Impossible (2012)


Film yang dikenal dengan judul Lo Imposible di Spanyol ini menyimpan kisah pengalaman Maria Belon dan keluarganya saat mengalami Tsunami Samudera Hindia 2004. Film dari kisah nyata ini dibintangi oleh Naomi Watts, Ewan McGregor, dan Tom Holland dengan arahan sutradara J.A. Bayona.

Saat penayangannya, film ini mendapatkan respons yang cukup positif dengan ulasan tentang arahan dan akting yang baik, kesan yang emosional untuk film tentang bencana alam, dan sudut pandang yang lebih luas tentang perjuangan keluarga dalam menghadapi dampak bencana alam. Namun, film ini dianggap memiliki naskah yang kurang kuat dan cenderung kurang mengambil sudut pandang masyarakat Thailand dalam melihat bencana alam sebagai musibah.
 

3. Titanic (1997)


Selain dianggap sebagai salah satu film klasik untuk aliran romantis, Titanic juga dianggap sebagai salah satu film klasik yang mengangkat bencana alam. Diangkat dari kejadian nyata tenggelamnya kapal RMS Titanic pada 1912, film yang menghadirkan Leonardo DiCaprio dan Kate Winslet ini mengangkat kisah tentang dampak emosional dari sebuah bencana alam terhadap kisah cinta pasangan kekasih.

Baca juga: 5 Rekomendasi Film Christian Bale, Tak Kalah Seru dari Batman & American Psycho!

Film ini menerima kesuksesan secara komersial dan kritik, bahkan menerima penghargaan yang cukup banyak pada masanya dengan 11 penghargaan Academy Awards dan pendapatan global bruto sebesar lebih dari US$1,84 triliun. Ulasan yang hadir banyak menyebut film ini dirancang dengan baik dan kuat, meski beberapa menganggapnya kurang baik karena dianggap berlebihan dalam beberapa aspek seperti durasi yang cukup panjang.
 

4. Contagion (2011)


Digarap oleh sutradara Steven Sodenbergh, film bertemakan bencana alam dengan unsur thriller ini mengangkat kisah penyebaran virus yang tersebar melalui cairan pernafasan dan benda yang disentuh. Para petugas medis dan otoritas kesehatan kemudian mengidentifikasi virus tersebut dan menyatakannya sebagai pandemi hingga akhirnya membuat vaksin untuk pencegahannya.

Dengan latar medis, film ini memiliki ciri khas pada konsep hyperlink cinema atau teknik penyampaian dari beberapa sudut pandang di bawah satu tema yang sama. Respons film ini cukup baik secara komersial dan kritik, di mana film ini mendapatkan keuntungan sebesar US$136,5 juta serta mendapatkan ulasan tentang narasi, penampilan yang baik, dan aspek sains yang akurat. Bahkan, kepopulerannya meroket pada 2020 saat awal pandemi Covid-19.
 

5. Deepwater Horizon (2016)


Diadaptasi dari kejadian nyata tentang ledakan rig minyak Deepwater Horizon pada 2010 di Gulf of Mexico, film ini mengangkat kisah dengan referensi ari artikel Deepwater Horizon's Final Hours milik The New York Times pada 2015. Kisahnya melihat dampak ledakan yang menyebabkan adanya bola api dan kematian beberapa kru dari pengeboran tersebut.

Baca juga: Rekomendasi Film Animasi Seru untuk Ditonton Bareng Anak

Film ini mendapatkan respons kritik dan publik yang baik dengan ulasan bahwa kisahnya bencana alam karena ulah manusia yang disajikan dengan ketegangan serta kemampuannya dalam memicu kemarahan publik, tapi respons komersialnya cenderung kurang baik dengan kerugian sebesar US$60-112 juta.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Berpapasan dengan Teman tetapi Tidak Menyapa, Jangan-jangan Kalian Pasif-Agresif, Yuk Kenali 5 Tandanya

BERIKUTNYA

Pesan di Balik Kemegahan Tari Klasik Surakarta

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: