Aktor Donald Sutherland (Sumber foto: IMDb)

5 Film Terbaik yang Dibintangi Aktor Donald Sutherland 

21 June 2024   |   22:44 WIB
Image
Arindra Fachri Satria Pradana Mahasiswa Mass Communication BINUS University

Siapa sinefil yang tak kenal dengan aktor legendaris asal Kanada, Donald Sutherland? Dia telah membintangi 200 judul film dan acara TV. Namun kabar duka datang pada 20 Juni 2024, ketika sang aktor telah mengembuskan napas terakhirnya pada usia 88 tahun. Untuk itu, mari kita mengenang warisan artistiknya. 

Karya-karya Donald Sutherland tentu membekas pada memori banyak penggemar, maupun masyarakat awam. Melihat banyak sekali jejak yang ditinggalkan pada industri perfilman Hollywood, termasuk penghargaan bergengsi yang diraihnya seperti penghargaan kehormatan dari Academy Awards pada 2018.

Bagi Genhype yang ingin mengunjungi kembali film yang dibintangi sang aktor atau bahkan menonton film yang belum diketahui, inilah 5 film terbaik yang dibintangi Donald Sutherland. 

Baca juga: Profil Sutradara Roger Corman, Raja Film-film B yang Meninggal Dunia Usia 98 Tahun


1. The Hunger Games (2012) 


Film The Hunger Games diadaptasi dari novel best-seller karya Suzanne Collins dengan judul yang sama. Menceritakan keadaan di sebuah negara fiksi bernama Panem, memiliki tradisi unik setiap tahunnya untuk mengirimkan perwakilan sepasang remaja perempuan dan laki-laki dari setiap distrik untuk mengikuti kompetisi The Hunger Games. 

Karakter yang diperankan oleh Donald Sutherland pada film ini bernama President Snow, atau lengkapnya Coriolanus Snow. Film ini juga diperankan oleh bintang Hollywood papan atas lainnya seperti Jennifer Lawrence, Josh Hutcherson dan Liam Hemsworth. 

Film The Hunger Games memiliki trilogi yang telah tayang, melanjutkan kisah Katniss Everdeen. Serta satu film prekuel, yang menceritakan masa muda dari karakter Donald, yaitu Coriolanus Snow yang tayang pada tahun 2023 lalu berjudul The Hunger Games: The Ballad of Songbirds & Snakes.
 

2. M*A*S*H (1970)


Film perang komedi ini berlatar pada saat perang Korea 1950 yang mengisahkan staf rumah sakit militer milik AS yang selalu bersenda gurau untuk mengatasi perasaan takut dan khawatir atas perang yang sedang terjadi. 

Tayang pada 1970, film ini disutradarai oleh Robert Altman dan berhasil meraih penghargaan Oscars untuk kategori Best Writing, Screenplay Based on Material from Another Medium. Serta masih banyak lagi nominasi dan peraihan untuk penghargaan di berbagai ajang bergengsi seperti Academy Awards, Golden Globe Awards, dan Cannes Film Festival. 
 

3. Pride & Prejudice (2005)


Kisah romansa klasik yang diadaptasi dari novel karya Jane Austen ini menjadi pilihan film drama period piece yang menceritakan kehidupan seorang wanita yang jatuh cinta kepada pria dengan kelas sosial yang berbeda, serta bagaimana dia menghadapi prasangka serta pertanyaan harga diri miliknya. 

Pada film ini, karakter Sutherland sebagai Mr. Bennet merupakan ayah dari pemeran utama bernama Elizabeth Bennet, mendapatkan nominasi Best Supporting Actor pada Chicago Film Critics Association Awards 2006. Film ini juga mendapatkan nominasi Academy Awards untuk kategori Best Actress, Art Direction, Costume Design, dan Music Written for Motion Pictures, Original Score.
 

4. Ordinary People (1980)


Tayang pada 1980, film Ordinary People bercerita tentang sebuah keluarga yang mengalami kejadian tragis, di mana anak sulung keluarga tersebut mengalami kecelakaan dan meninggal dunia. Hubungan antara ibu, bapak, dan anak bungsu menjadi goyah dan berlarut hingga menjadi semakin rumit.

Salah satu performa terbaik dari Donald Sutherland terpancar pada film ini, hingga mendapatkan nominasi Best Actor dari ajang Golden Globes. Film ini juga berhasil memenangi 4 kategori Academy Awards yaitu Best Actor, Best Director, Best Supporting Actor, dan Best Writing, Screenplay Based on Material from Another Medium.
 

5. Ad Astra (2019)


Film yang tidak kalah populer yaitu Ad Astra, yang dibintangi oleh Brad Pitt, Tommy Lee Jones, dan tentunya Donald Sutherland. Mengisahkan kisah seorang astronot yang ingin mencari ayahnya yang telah hilang selama 30 tahun dalam sebuah ekspedisi yang mengharuskannya untuk melintasi tata surya.

Tayang pada 2019, film Ad Astra menjadi salah satu film bergenre sains fiksi dengan sound mixing terbaik, dan terbukti dari nominasi penghargaan Best Achievement in Sound Mixing pada Academy Awards 2020 lalu. Film ini juga menjadi koleksi tambahan dengan tema eksplorasi luar angkasa yang sayang untuk dilewatkan bagi penggemar genre sains fiksi.

Baca juga: Aktor Bernard Hill Sang Raja Theoden di Lord of the Rings Meninggal Dunia

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Ini Alasan Hutan Rungan Jadi Pilihan Sumber Bunyi dalam Pertunjukan Hutan di Teater Salihara

BERIKUTNYA

Begini Cara Ari Ersandi & Katia Engel Kurasi Suara dalam Pertunjukan Hutan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: